Cara Meng-COPY Tulisan Orang yang Benar dan Baik


Cara Meng-COPY Tulisan Orang yang Benar dan Baik - Membaca judul postingan itu seperti menyarankan orang untuk melakukan tindak kejahatan dalam hal melanggar HAK CIPTA seseorang. Tapi bukan itu tujuan Dangstars menulis catatan ringan ini.

Awal saya memiliki ide menulis catatan ringan mengenai Cara Meng-COPY Tulisan Orang yang Benar dan Baik ketika membaca beberapa postingan di blog. Saya melihat si-penyalin asal salin (copy) saja tanpa memperbaiki (edit) hasil copy-annya. Sehingga postingan yang di salin tadi tidak begitu bermanfaat dan tidak kuat (power tulisan tidak ada).

Jujur saya katakan, bahwa saya sendiri bukanlah seorang penulis, bahkan beberapa postingan saya pun ada hasil salinan dari beberapa sumber, dan itu saya akui. Karena ketika saya salin (copy) ide tulisan saya hampir sama dengan tulisan yang saya salin.

Okaylah, kembali kepada judul postingan tentang Cara Meng-COPY Tulisan Orang yang Benar dan Baik, dibawah ini saya akan mencoba membuat 2 buah kategori tips Cara Meng-COPY Tulisan Orang yang Benar dan Baik.

A. Tips Menyalin postingan berupa Teks
1. Fokuskanlah Anda mau nulis apa di blog Anda.
2. Carilah referensi mengenai tulisan anda.
3. Bacalah referensi tersebut telebih dahulu, lalu sesuaikan dengan ide pikiran anda.
4. Salin / Copylah beberapa alinea kemudian modifikasilah sedemikian rupa tulisan yang didalamnya (sisipkan ide anda didalamnya)
5. Apabila cuplikan tulisan itu murni tulisan orang lain diakhir alinea tulislah sumbernya, seperti (sumber tulisan anda), apabila postingan itu semua murni dari orang lain tulislah sumbernya diakhir postingan.
6. Silahkan anda buat link ke sumber yang anda tulis apabila itu penting.

Catatan: Jangan terlalu banyak link ke Sumber postingan anda. Karena disatu sisi, itu merugikan anda, sebaiknya anda cek ulang hasil postingan anda apakah backlink ke sumber terlalu banyak atau tidak.

B. Tips Menyalin postingan berupa TUTORIAL
1. Fokuskan anda mau nulis tutorial apa.
2. Setelah anda meng-copy tutorial, coba pelajari tutorial yang anda copy
3. Apabila tutorial yang anda copy tadi sudah anda pahami, dan anda sudah lakukan, maka anda layak mempostingnya.
4. Apabila tutorial tersebut disertai gambar, Gunakanlah gambar yang anda buat sendiri.
5. Siap-siap lah anda ditanya mengenai tutorial yang anda buat.
6. Anda bisa menyertakan referensi bila anda mau, tidak dibuat juga tida apa-apa. Tapi lebih baik anda cantumkan referensinya.

Jangan takut meng-copy, asal anda bisa mempertanggungjawabkannya. Ok, kawan, itulah Catatan Ringan si Bos kali ini mengenai Cara Meng-COPY Tulisan Orang yang Benar dan Baik. Terima kasih anda telah membacanya, kalau ada yang kurang atau anda tidak setuju silahkan tulis di kolom komentar. 

Salam Blogger.
Terimakasih Kepada  BOS RINGO atas ideunya :)