Cegah kanker payudara dengan 5 langkah ini!

Cegah kanker payudara dengan 5 langkah ini

Cegah kanker payudara dengan 5 langkah ini!

Kanker payudara pasti membuat semua wanita khawatir. Berbagai faktor risiko bisa terjadi, seperti faktor genetik, usia tua, atau sekedar menjadi wanita. Namun, para ahli mengungkapkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari kanker payudara, seperti dilansir oleh NY Daily News (15/10), berikut ini.

1. Lakukan mammogram, mulai usia 40 tahun
 
Mammografi memang tak bisa mencegah atau menyembuhkan kanker payudara. Namun alat ini mampu mendeteksi penyakit kanker sebelum gejala-gejalanya muncul.

2. Perhatikan berat badan
 
Mengonsumsi makanan sehat, memperbanyak makan sayur dan serat adalah salah satu cara menjaga berat badan tubuh. Berat badan yang berlebihan bisa memicu obesitas dan meningkatkan risiko kanker payudara.

3. Olahraga
 
Berdasarkan penelitian, wanita yang berolahraga 10 - 19 jam setiap minggu memiliki risiko kanker payudara 30 persen lebih rendah dibanding wanita yang tak berolahraga. Penderita kanker yang memiliki kegiatan aktif lebih mungkin sembuh dibanding penderita kanker yang pasif.

4. Kurangi alkohol
 
Lebih banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar pula risiko Anda terkena kanker. Jika ingin minum alkohol, sebaiknya batasi jumlahnya, misalkan setengah atau satu gelas setiap hari.

5. Kenali sejarah penyakit keluarga
 
Apakah keluarga Anda memiliki sejarah kanker payudara? Lakukan tes genetik untuk memastikan apakah Anda memiliki mutasi BRCA 1 dan 2 yang disebut 'gen kanker payudara'. Jika seseorang sudah mengetahui dirinya memiliki gen kanker payudara, maka ada banyak hal yang bisa diusahakannya agar tidak terkena kanker.

Itulah lima langkah untuk menghindarkan diri Anda dari kanker payudara. Yang terpenting adalah dengan selalu membiasakan hidup sehat dan aktif, serta mewaspadai ketika keanehan mulai muncul di tubuh Anda.