Melangkah Menuju Yang Lebih Baik

Melangkah Menuju Yang Lebih Baik | Tiap kali saya berangkat ke kampus pasti melewati beberapa perempatan. Dan disetiap perempatan itu ada pemandangan yang membuat hati saya miris. Bagaimana tidak, tiap kali saya berhenti di perempatan tersebut pasti ada saja pengemis dan anak jalanan yang menghampiri untuk sekedar mengais rezeki dari para pengendara yang berhenti di perempatan itu.

Sembari menunggu lampu hijau menyala saya sering termenung dan kadang muncul pertanyaan dalam hati. Kenapa di Negeri yang sangat kaya ini masih ada saja orang yang terpinggirkan seperti mereka? Kenapa mereka tidak bisa hidup sejahtera seperti yang lain? Sebenarnya mereka bisa saja menjadi orang kaya. Semuanya bisa dilakukan jika mereka mau berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Tetapi kebanyakan dari mereka berpikir semua itu sudah merupakan nasib dan pasrah dengan keadaan.
Pemikiran seperti itulah yang membuat kehidupan tidak berkembang. 

Karena sesungguhnya di dalam Al Qur’an Allah sudah berfirman :
Jika kita ada kemauan kuat untuk berusaha dan bekerja keras untuk berubah, niscaya kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

Saya jadi teringat dengan teman-teman saya di salah satu forum bisnis online. Mereka kebanyakan adalah seorang pengangguran, namun pendapatan mereka sudah ratusan bahkan ribuan Dollar per bulan. Sungguh hebat, seorang pengangguran pendapatan nya sudah bisa melebihi Pegawai Negeri. Lantas, apakah mereka langsung bisa mendapatkan apa yang sudah mereka raih sekarang? Tentu saja tidak. Banyak hal dan proses yang harus mereka lalui untuk dapat berada di puncak.

Kesuksesan yang mereka raih tidaklah instan. Karena memang tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cara instan.  Awalnya mereka hanyalah seorang pengangguran yang mana dengan status nya itu mereka merasa dipinggirkan dalam Masyarakat. Namun, hal itu justru memompa semangat dan memotivasi mereka untuk dapat berbuat lebih. Semangat dan motivasi itu memberi mereka inspirasi dalam menemukan jati diri mereka, hingga akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis online. Dengan dunia barunya ini, mereka belum punya cukup ilmu dan modal untuk memulainya. Mereka terus belajar dari apapun dan siapapun yang bisa memberikan mereka ilmu, termasuk belajar dari pengalaman dan kesuksesan orang lain. Setelah punya cukup ilmu, mereka berani mengambil resiko meminjam uang untuk dijadikan modal usaha.

Banyak rintangan dan halangan yang menghadang mereka dalam berusaha. Sering pula mereka gagal dalam menjalankan usaha nya. Namun, semua itu hanya dianggap sebagai awal dari kesuksesan mereka. Dengan kesabaran, kerja keras, dan semangat panatang menyerah, mereka terus berusaha. Seiring berjalannya waktu, benih yang mereka tanam sudah mulai tumbuh menjadi pohon. Pohon itu terus mereka rawat dengan sabar, hingga akhirnya pohon pun berbuah, dan mereka mulai dapat memetik hasil nya.

Dollar demi dollar mulai mereka dapatkan. Hasil yang didapat mereka gunakan lagi sebagai modal untuk mengembangkan karir dan usaha mereka. Alhasil usaha mereka pun akhirnya berkembang, dan sekarang giliran mereka memanen buah dari usaha keras yang mereka lakukan sebelumnya. Dengan apa yang sudah mereka raih sekarang, membuat mereka lebih dihargai dan dihormati di masyarakat. Karena status mereka sudah bukan lagi sebagai pengangguran, melainkan sudah berkembang menjadi seorang Internet Marketer dengan penghasilan jutaan bahkan puluhan juta rupiah per bulan.

Itu hanyalah sepenggal kisah sukses mereka orang-orang yang mau berusaha untuk merubah kehidupannya agar menjadi lebih baik. Mereka bisa, kita pun juga bisa. Karena yang menentukan mau jadi apa kita nantinya adalah diri kita sendiri. Berusahalah untuk meraih apa yang anda inginkan. Walaupun usaha itu gagal, namun setidaknya anda sudah mencoba, dan anda sudah berada selangkah lebih maju dari sebelumnya. Jangan menyerah dan teruslah berusaha. Niscaya anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Manjada Wajada: