Minimalisir Copas - Copas Anti Copy Paste

Cara agar artikel tidak bisa dicopypaste
 Minimalisir  Copas - Copas Anti Copy Paste

Mungkin anda seseorang yang tidak menyukai blognya 100% di Copas dari orang lain, memang tidak enak bila artikel yang kita tulis dengan seenaknya di copas oleh orang lain. Artikel blog yang di copas bisa menggambarkan artikel kita disukai oleh ornag lain namun bukan suatu alasan juga sampai 100% copas, dan untuk saya sendiri lebih menghargai jika artikel tsb minimal di edit kembali menjadi artikel dengan ciri khasnya sendiri bahkan lebih baik dalam penyampaiannya kalaupun tidak menulis sumber.

Karena Sumber ilmu hanya dari Allah SWT, manusia yang mau lebih berusaha yang akan menemukan ilmu pengetahuan tsb, dan kenapa tidak kita untuk menghargai orang yang berusaha itu.


Budaya copas atau copypaste blog sudah ada sejak mulai maraknya dunia ngeblog.Sebagian blogger banyak yang tidak senang tindakan seperti ini,apalagi copas mentah mentah bahkan tanpa memberikan sumbernya.Lebih kesal lagi jika blog yang copas justru mendapat posisi bagus di mesin pencari,sedangkan yang dicopas justru ada di belakangnya.

Sekedar himbauan saja bagi yang masih mencari artikel dengan copas mentah mentah,lebih baik diedit ulang atau disusun dengan bahasa sendiri agar menjadi lebih unik.Dengan cara demikian,blog anda masih mendapat nilai dimata mesin pencari agar tidak kena sensor.

Berikut bagi kamu yang tidak suka blognya dicopas,ada cara yang lumayan aman sehingga kemungkinan dicopas sangat kecil.Pendek kata tidak bisa dicopas lagi baik dengan ctrl +c + ctrl+V ,matikan javascript browser.
Cara Pertama
Ada banyak cara meminimalisir Copas 100% dari yang memakai Javascript(js) ataupun CSS, dan maksud saya Copas disini seenggaknya orang lain mau belajar membaca, menelaah, dan menulisnya kembali sesuai keiinginan.
Berikut salah satunya menggunakan CSS untuk memanipulasi seleksi warna block teks seperti menghilang padahal bisa di copy teksnya.

- Cukup simpan kode berikut pada XML template kamu, tepatnya diatas kode ]]> :

    ::selection {background:none;}
    ::-moz-selection {background:none;}
    ::-webkit-selection {background:none;}


- Simpan template dan lihat hasilnya dengan mencoba Block Teks


kalaupun kamu ingin tidak menghilangkan warnanya atau menggantinya dengan warna yang kamu inginkan tinggal edit saja CSS nya, Contoh :

    ::selection {background:#ccc; color:#FC0;}
    ::-moz-selection {background:#ccc; color:#FC0;}
    ::-webkit-selection {background:#ccc; color:#FC0;}


Agar blog benar benar tidak bisa dicopas,harus memiliki 3 perlindungan khusus terhadap bagian khusus pula kwakkwakkwak..
Langkah pertama
Cari tag <body> didalam template HTML blog kamu,setelah ketemu maka ganti dengan code berikut.

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return true;' onmousedown='return true;'>



Dengan code diatas blog kamu sudah tidak bisa diklik kanan agar computer  mendapat opsion. Namun jika javascript browser dimatikan,ternyata klik kanan bisa berfungsi artinya blog masih bisa dicopas.Maka dari itu kamu perlu melanjutkan kepada langkah kedua berikut.

Langkah kedua

Cari tag </body> didalam template blog kamu kemudian pastekan code berikut tepat diatasnya:

<noscript>
    <div id="js-message">Anda harus mengaktifkan JavaScript browser untuk melihat halaman ini,aktifkan dulu lalu <a expr:href='data:blog.postUrl'>Klik disini untuk melanjutkan!</a></div>
</noscript>

Paste code CSS berikut sebelum tag ]]</b:skin>

#js-message {position:fixed !important;position:absolute;top:0px;right:0px;bottom:0px;left:0px;z-index:999;background-color:black;padding-top:120px;font:bold 40px Arial,Sans-Serif;color:red;text-align:center;
}


Sekarang skenarionya apabila javascript browser dimatikan,maka akan muncul sebuah pesan  
"Anda harus mengaktifkan JavaScript browser untuk melihat halaman ini,aktifkan dulu lalu Klik disini untuk melanjutkan!" 
jadi yang muncul bukan halaman postingan.

Dengan cara tadi otomatis artikel tetap  tidak akan bisa dicopas,lha wong yang muncul halaman yang berisi peringatan saja.

Simpan template kamu!

Sampai disini ternyata artikel masih bisa dicopas,jika si tukang copas tadi masih belum puas yaitu dengan cara melalui feed blog.

Langkah ketiga

Lalu,setel feed blogspot kamu dengan cara masuk setelan > feed situs > izinkan feed blog > pada pilihan dropdown pilih "singkat" lalu simpan.

Saya kira sekarang si tukang copas sudah malas untuk mencari cara lain untuk copas blog kamu lagi.
Benarkah sudah benar benar tidak bisa di copy paste?,,,,,,
Jawabannya: MASIH BISA!..........
Lho kok,,katanya sudah sangat aman?.........

Tidak ada cara yang benar benar aman,ada saja jalan lain.Disini kita hanya berusaha untuk meminimalisir penggunaan caranya saja.Walaupun masih bisa,kemungkinan para copaster malas untuk menembus  4 lapisan tersebut.

Dengan Ctrl+U ternyata masih bisa melihat sumber code halaman blog,kemudian menyeleksi sebagian yang ingin dicopas.

Jika kamu membaca artikel sampai dibagian ini,saya yakin kamu adalah orang yang sangat antusias untuk selalu rajin belajar menambah wawasan.

Jadi,sekarang kamu bukan saja bisa meminimalisir kemungkinan artikel blog kamu dicopas,namun juga bisa dengan mudah memasuki sumber artikel untuk dicopas walaupun sudah dilindungi sampai tujuh lapis.
Sebenarnya kalu copaster mau sadar,artikel copas sangat sulit untuk bersaing memperebutkan serp untuk blog baru.Dan untuk blog yang sudah banyak pengunjung ,artikel copas justru akan memperpuruk blog tsb keposisi bawah.

Ingat!,,jangan copas..........lebih baik menulis ulang dengan bahasa sendiri (rewrite) masih bisa menjadi lebih baik.

Okelah,sampai disini dulu tips tentang melindungi artikel hingga tujuh lapis.