Toyota Akan Pasarkan Etios Januari 2013 ?

Toyota Akan Pasarkan Etios Januari 2013 ?

Toyota Akan Pasarkan Etios Januari 2013 ? - Nama citycar Toyota Etios maupun Toyota Liva belakangan sempat terdengar selepas uji coba diam-diam di beberapa wilayah di DKI Jakarta. Sebuah sumber lantas menyebut bahwa citycar yang kelak akan dijual di segmen atas duo mobil murah Toyota - Daihatsu atau Agya - Ayla itu akan segera luncur dalam hitungan bulan.

"Habis uji coba kemarin ya luncur. Tapi waktu tepatnya belum tahu, kira-kira Januari atau Februari tahun depan," ujar sumber yang mengetahui rencana ini.

Liva sendiri kabarnya masih akan masuk dalam skema program mobil yang sedang digodok pemerintah. Jika Agya - Ayla di kelas murah ramah lingkungan, ternyata ada poin lain yang belum begitu terkuak dari pemerintah, yakni skema mobil beremisi rendah dengan rencana insentif 0 persen untuk beban Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Jika syarat bagi LCGC adalah kandungan lokal hingga 80 persen, maka untuk kelas Liva adalah 40 persen dengan konsumsi bahan bakar minimal 20 km per liter.

Sesuai data di India, panjang Liva adalah 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Sebagai pembanding, Nissan March yang di segmen sekelasnya punya panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.525 mm.

Sumber lain menyebut bahwa mobil yang juga dijual di India ini akan memiliki perbedaan spesifikasi dibanding yang dipasarkan di negeri sari tersebut. Namun sebagai informasi, Liva menggunakan mesin tiga silinder 1.200 cc DOHC bertenaga 80 PS pada 5.600 rpm dengan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm.(kpl/why/bun)

Sumber