Kapan Waktu Terbaik Konsultasi ke Dokter?


Kapan Waktu Terbaik Konsultasi ke Dokter? |  Mungkin Anda akan berpikir: berkonsultasi ke dokter di hari Senin merupakan ide yang baik karena masih di awal minggu yang penuh semangat.

Namun, hasil penelitian yang diterbitkan dalam PLoS One malah menyebutkan kebanyakan orang membatalkan janji untuk bertemu dokter di hari Senin. Kenapa ya?

Setelah mempelajari catatan kehadiran kunjungan dokter di rumah sakit terhadap lebih dari 4,5 juta pasien dan 10.000 janji dengan dokter, para peneliti di Glasgow University menyimpulkan sindrom morning blues menjadi penyebabnya.

Morning blues
dianggap mempengaruhi mood buruk seseorang untuk siap menerima berita tak enak dari dokter. Para peneliti melihat hari Kamis atau Jumat malah menjadi hari baik untuk bertemu dokter, karena mungkin hari-hari mendekati weekend membuat banyak orang senang.

Mengunjungi dokter mendekati akhir pekan juga dianggap lebih menguntungkan, karena masalah pekerjaan kantor sudah tidak terlalu menumpuk, giliran tunggu antrian yang tidak terlalu lama dan dokter yang lebih perhatian.

Ilustrasi