Makanan Pendongkrak Metabolisme


Makanan Pendongkrak Metabolisme |  Anda tentu sudah paham manfaat apel, jeruk atau almond jika dikonsumsi setiap hari.
Kini, raih manfaat dari 5 bahan makanan yang akan membuat metabolisme tubuh makin sehat.

"Jika tak bisa dikonsumsi langsung, cobalah campur pada makanan yang biasa Anda santap, seperti salad, sup, atau jus," ujar Angela Ginn, R.D., ahli nutrisi dari Baltimore, AS.

Inilah 'amunisi' terbaru Anda:


Bamboo shoots (Rebung). 
 Rendah kalori dan tinggi serat, mengandung banyak antioksidan yang bisa memerangi radikal bebas penyebab kanker. (Penyajian: campur pada salad dan sup).

Swiss chard (Bayam berbatang merah). 
Kaya akan potassium yang mampu mencegah kram pada otot sekaligus menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh. (Penyajian: cincang daun, beri olive oil sebagai pelengkap pasta atau nasi merah).

Pumpkin seeds (Biji labu). 
Tinggi protein dan banyak mengandung phytosterols yang bisa mengurangi LDL kolesterol. (Penyajian: sebagai pengganti kacang-kacangan dalam masakan.

Kiwi. 
 Kualitas buah ini mampu menguatkan sistem imunitas tubuh dan mengandung lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk, anggur atau stroberi. (Penyajian: bisa langsung disantap atau potong kecil-kecil dan campur dalam yoghurt).

Bit.
 
Banyak mengandung asam folat yang berguna menekan asam amino sehingga mengecilkan risiko gangguan penyakit jantung. (Penyajian: panggang bit untuk mengeluarkan rasa manisnya, dan beri campuran olive oil, bisa untuk campuran salad).

(Fitness Indonesia edisi November 2011)