Etika Penulisan Artikel Dalam Blog

Etika Penulisan Artikel Dalam Blog

Dalam dunia nyata, terdapat aturan, norma dan etika yang mendasarai kehidupan bermasyarakat. Etika itulah yang kemudian membentuk kebudayaan dan ciri khas suatu masyarakat.

Dunia Blog, atau sering disebut blogosphere juga tidak terlepas dari etika. Dengan mengetahui dan menghormati etika yang ada, seorang blogger dapat sukses mengelola blognya. Terdapat 5 blogging ethics yang harus sahabat blogger perhatikan.

1. Faktual

Artikel yang ditulis harus berdasarkan fakta, tidak mengada-ada (kecuali jika memang dibuat demikian karena ada beberapa blog yang mengulas mengenai hal-hal yang absurd dan berdasar pikiran seseorang). Akan lebih baik jika dicantumkan sumber atau catatan kaki untuk menguatkan keabsahan artikel yang dibuat.

2. Efektif

Membuat posting artikel yang efektif dan tidak bertele-tele.

3. Menghargai

Jika kita meng-copy paste artikel milik orang lain, hendaknya kita cantumkan link/tautan di bawah atau di dalam tulisan kita dan akan lebih baik lagi jika tulisan kita merupakan hasil review dari blog-blog yang kita kunjungi dan bukan hasil copy-paste murni. Hal ini merupakan wujud penghargaan kita terhadap penulis artikel dalam blogosphere. masih berkaitan dengan penghargaan, Jangan menghapus komentar yang telah ditulis seseorang untuk sahabat karena hal tersebut dapat membuat penulis komentar merasa tidak dihargai.

4. Berkualitas

Artikel yang akan dipublikasikan hendaknya diperiksa kembali apakah sudah sesuai dengan kaidah penulisan yang baik atau belum sehingga tercipta suatu artikel yang berkualitas. (Tidak menyudutkan satu pihak, mencemarkan nama baik, atau berkaitan dengan SARA)

5. Terbuka

keterbukaan dan kejujuran dalam penulisan artikel membuat pembaca percaya dengan kemampuan yang dimiliki penulis artikel. Penuisan identitas merupakan salah satu bentuk keterbukaan. Menampilkan identitas sangatlah penting untuk mempermudah hubungan sahabat dengan blogger yang lain.

Etika yang tersebut diatas adalah etika yang saya review dari pengalaman saya berkunjung ke sahabat blogger. masih banyak etika lain dalam dunia blog, semoga bisa memberikan wawasan bagi sahabat blogger Indonesia.

Terima kasih

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak