Kelamaan di Depan Layar Komputer Jangan Lupa Ngedip 20 Kali

Kelamaan di Depan Layar Komputer Jangan Lupa Ngedip 20 Kali |  Berlama-lama di depan layar komputer (monitor) bisa membuat mata tegang. Para ahli sudah menemukan solusi menghentikannya dengan cara sering-seringlah berkedip.

Metode itu lebih dikenal dengan 20-20-20-20, yakni berkedip 20 kali setiap 20 menit dan harus dikombinasikan dengan berpaling dari layar selama 20 detik dan fokus pada objek sejauh 20 meter.

Dr Edward Mendelson dari Southwestern Medical Centre di University of Texas mengatakan, berkedip merupakan cara alami untuk menjaga mata tetap lembab dan berkedip membantu melumasi serta menyegarkan.

"Kantor zaman kini umumnya dingin dan kering, yang membuat senang dan nyaman, kecuali untuk mata," katanya seperti dikutip Dailymail, Jumat (15/3/2013).

Strategi 20-20-20-20 dirancang sebagai solusi untuk computer vision syndrome (CVS) yang mempengaruhi jutaan pekerja dan pecandu game.

Gejalanya meliputi mata kering dan lelah, sakit kepala, dan sakit leher serta sendi, yang biasanya sifatnya sementara. Tapi kebanyakan bisa menjadi masalah sehari-hari yang membuatnya membutuhkan bantuan medis.

Umumnya, masalah itu dialami pekerja yang menghabiskan tiga jam lebih di depan komputer. Dan orang yang mengalami sindrom penglihatan tersebut bisa merasa sakit dan harus menggunakan kacamata.

Sebelumnya cara menggunakan obat tetes mata dianggap bisa membantu mata yang kering. Tapi, istirahat dari layar juga bisa membantu dari gejala CVS seperti sakit leher, otot, dan kepala akibat duduk dalam posisi yang salam untuk waktu yang lama.(http://health.liputan6.com-Mel/Igw)