Tips Mengatasi Malas Belajar di Sekolah

Tips Mengatasi Malas Belajar di Sekolah
Suka merasa ogah-ogahan ketika tiba waktunya untuk belajar di sekolah? Karena begitu malasnya kita untuk pergi belajar di sekolah, sampai-sampai PR pun lupa dikerjakan? Mungkin itu disebabkan karena cara berpikir Anda yang sudah tidak lagi relevan dengan tuntutan pendidikan di Indonesia sekarang ini. Kenapa saya berani mengatakan hal seperti itu? Tentu saja saya berani lah, kalau mau bahkan saya bersedia untuk diajak taruhan tentang pola pikir kebanyakan dari kita tentang belajar di sekolah itu sudah tidak lagi relevan dengan pendidikan di Indonesia yang ada sekarang!

Sebelum saya menjelaskan alasan kenapa saya beranggapan kalau pola pikir kita terhadap cara kita belajar di sekolah sudah tidak lagi relevan, akan lebih baik kalau saya menyampaikannya bersamaan dengan sharing tipsnya ya? Kan dari judul saja sudah ketahuan, kalau postingan kali ini akan berbagi tips supaya kita lebih bersemangat ketika pergi belajar di sekolah. Langsung saja, berikut ini adalah tips menyemangati diri agar belajar di sekolah menjadi terasa lebih menyenangkan.


Sebenarnya tipsnya sangat sederhanan banget loh! Bagaimana mungkin? Ya tentu saja mungkinlah, karena sebenarnya kita cukup ikuti saja aturan permainan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Mendapatkan nilai sesuai dengan standarnya? Tentu saja seperti itu! Tapi eiiits, jangan salah berpikiran dulu, meski tips yang saya miliki ini adalah supaya kita bisa mendapatkan nilai sesuai standar ketika belajar di sekolah, akan tetapi bukan itu yang manjadi fokus dari tips ini.

Bukankah kita tahu, sistem pendidikan yang ada di Indonesia itu sebenarnya hanya menginginkan 1 hal saja dari proses belajar kita di sekolah? Apa itu? Nilai! Yaps, cuma dengan nilai yang sesuai dengan standarnya maka kita akan bisa terus naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, betul gak? Meski begitu, berbagai kriteria standar kelulusan lainnya tetap harus dipenuhi ya… Seperti misalnya nilai kepribadian, kedisplinan, kehadiran, serta kriteria yang lainnya (gak disebut semua, karena saya gak tahu persis apa saja kriterianya selain nilai hehe…)


Nah, setelah kita tahu keinginan dari sistem pendidikan Indonesia yang sekarang ini, jadi menurut saya sebenarnya ada suatu bagian tertentu yang bisa kita manfaatkan untuk memotivasi kita agar lebih bersemangat pada saat belajar di sekolah loh! Bagian apakah itu? Ilmu dan pengetahuannya!
Sebelum dilanjutkan, mungkin setelah saya menyampaikan rahasia tips bersemangat saat belajar di sekolah ini, mungkin Anda jadi berpikiran semacam ini: “Wah, kalau gitu sih sama aja agar kita tetap harus belajar dengan giat”. Apa benar Anda punya pemikiran semacam itu? Kalau begitu pemikiran Anda itu akan saya tepis dengan pernyataan ini:
Sampai kapankah Anda ingin bermanja-manja? Tentu kita tahu, kalau kita tidak selamanya akan bisa hidup bergantung kepada orang tua kita atau orang-orang yang ada di sekitar kita. Akan ada saatnya bagi kita untuk bisa menghidupi diri sendiri, dan salah satunya adalah kita juga harus bekerja!
Lalu dari pernyataan ini, saya ingin menggabungkannya dengan ilmu serta pengetahuan yang kita dapatkan ketika belajar di sekolah mau pun dari berbagai tempat lainnya. Dari ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan ketika belajar di sekolah ini, tentunya suatu saat nanti bisa kita gunakan pada saat kita sudah mulai memasuki dunia kerja kan? Maka dari itu, fokusi itu! Maksudnya adalah, fokuslah pada ilmu pengetahuan dari bidang pekerjaan yang ingin Anda maksimalkan!
Yaps, kalau kita sudah fokus pada suatu permasalahan tertentu, maka kita akan lebih mudah dalam menjalaninya kan? Seperti misalnya jika kita bermimpi untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai seorang yang ahli di bidang sosial, maka fokus dan tingkatkan terus kemampuan kita di bidang sosial ini, tentu saja dengan cara berusaha untuk mendapatkan ilmu serta pengetahuan tentang ilmu sosial yang sebanyak-banyaknya pada saat kita belajar di sekolah atau di berbagai tempat lainnya

.
Bukankah akan lebih menarik, jika kita belajar di sekolah pada bidang atau topik yang kita senangi? Kalau sudah senang dengan bidangnya, tentu sudah tidak ada lagi alasan untuk malas belajar di sekolah kan? Karena kita tahu, hanya dengan kita terus meningkatkan kemampuan kita pada bidang yang kita harapkan bisa menjadi pekerjaan bagi kita lah, maka harapan itu bisa lebih mudah untuk kita jadikan sebagai kenyataan, betul?

Meski saya menyampaikan untuk fokus terhadap suatu bidang tertentu, namun bukan berarti saya juga bermaksud untuk melupakan ilmu pengetahuan yang lain. Cukup diusahakan saja agar mendapatkan nilai sesuai standanya, dengan begitu kita jadi juga tetap bisa terus meningkatkan kemampuan kita pada bidang yang sedang kita fokusi kan? Selain itu, belajar di sekolah pun tidak akan lagi membosankan :) 

Sebagai penutup dari postingan kali ini mengenai tips biar lebih semangat belajar di sekolah, saya ingin menggaris bawahi, bahwa saya tidak akan bertanggung jawab ketika di masa depan nanti Anda tiba-tiba jadi ingin terus belajar di sekolah meski itu adalah hari libur setelah menerapkan tips sederhana ini! hehe… :lol:

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak