Bahaya Sehabis Begadang Langsung Mandi

Bahaya Sehabis Begadang Langsung Mandi: Begadang memang gak baik buat kesehatan, membuat tubuh lemas dan gak fit, bahkan bisa sakit. Lalu bagaimana kalo habis begadang langsung mandi, Apakah ada dampak buruk dan berbahaya buat badan.?






Saya coba googling dan menemukan artikel dengan judul “Mandi Sehabis Begadang”. Setelah saya baca beberapa komentar, ternyata kebanyakan “tidak menyarankan” kalo sehabis begadang langsung mandi, karna bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh bahkan bisa terjadi kematian.



Berikut beberapa komentar dari teman tentang bahaya mandi sehabis begadang :



***

Mandi sehabis begadang sebenernya gak knp-2, tapi jangan sampe membasahi kepala karena akan “mengakibatkan pusing yang melanda”. Sebaiknya kalo sehabis begadang tidur sekitar 5 menit.

Walau faktanya kalo abis begadang mana bisa tidur cuma 5 menit, niatnya 5 menit bablasnya 8 jam. :) Jadi harus tidur dulu. Itu si setau ane, tak tau yang lain. :)



Kalo bisa jangan langsung mandi, istirahat dulu sampe suhu tubuh kembali normal dan otot kembali rileks. Efeknya bisa kena “masuk angin stadium 5″..



Kalo bisa jangan, tapi kalo terpaksa mandi pun harus memakai Air Hangat..

Temen Ane kejadian soalnya.. Habis Begadang Terus Mandi.. Kena Masuk Angin (Angin Duduk kalau kata orang orang mah)..

Almarhum nggak lama kemudian :’(



Pengalaman kaka kelas gw, dia cewe masih muda umur sekitar 27-28. Sorenya sehat, ga ada tanda-2 mau knp-2.. trus malemnya begadang sampe pagi.. Habis itu katanya mandi ato gimana gitu..

Trus paginya langsung koid.. mana ninggalin anak masih 2 bln.. kasian banget yah.. :(



Kalo pengalaman ane sih..

Kalo abis begadang emang sebaiknya gak boleh mandi, karena lebih mudah masuk angin..

Nah, kalo misalnya kamu abis mandi masuk angin terus tidur, takutnya kena yang namanya angin duduk (ini istilah ane juga gak ngerti) yang katanya bisa bikin orang koit gitu..

Percaya gak percaya sih, tapi ane cari aman aja dah, gak mandi abis begadang.. mending langsung tidur.. :)



Disarankan jangan gan, bahaya banget itu. apalagi abis mandi pasti ntar ngantuk..

Temen bokap ane pernah kena angin duduk gara-2 begadang trus mandi. orangnya udah ngga ada sekarang.. :(



Mati sih ngga kali yaa, cuma gampang kena penyakit. Biasanya badan langsung pegel-2, rematik, masuk angin dll.

gue pernah ngalamin, abis begadang kaga tidur dulu tapi langsung mandi.

ga sampe setengah jam abis mandi, badan gue pegel banget kaya orang salah urat.

Tulang punggung belakang kaku banget, badan susah digerakin sampe sore bahkan malem gak ilang2 sakit/pegel nya..

Akhirnya gue minta diurut untuk ng’bener’in tulang yang sakit2 itu . . .



Ane pernah nyoba pas jaman-2nya KKN. Begadang di paksa padahal badan minta tidur, trus malah ane paksa mandi.

Dan akhirnya selese mandi, trus sholat subuh, badan ane serasa gempa gan. Kepala pusing gak karuan, berdiri goyang2, badan gemeteran,

gak bagus dah mandi abis begadang..

Tapi kalo badannya masih fit / trus gak berasa aneh-2, boleh-2 aja..



Tapi gw juga pernah denger kejadian mati gara2 mandi setelah begadang..

Jadi ceritanya, ada anak seni rupa ITB yang ngerjain tugas akhir sambil begadang, pas besoknya mau presentasi sidang akhir dia pulang + mandi dulu.

Taunya mati deh, bener2 yang namanya “TUGAS AKHIR”.. :(



Berikut ini jawaban yang paling masuk akal, tentang Bahaya Sehabis Begadang Langsung Mandi. Langsung baca dah :



**

Kalo penjelasan secara logis sederhananya adalah seperti ini :

Tubuh kamu yg begadang itu sebenarnya melakukan banyak aktivitas yg seharusnya pada waktu itu harus segera di istirahatkan.

Karena banyak aktivitas yg terjadi di dalam tubuh kita, tanpa kita sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuh kita.

Nah, bayangin aja kalo dari suhu tubuh yg panas tiba2 disiram dengan air di pagi hari yg suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh kamu, apa yg akan terjadi ??

yups, benar.. Penurunan suhu tubuh yg sangat drastis dan spontan. Sedangkan tubuh kita tidak dirancang untuk itu.

Kejadian itu mempunyai logis yg sama halnya dengan “terjun dari ketinggian yg menggunakan parasut” dan “terjun tanpa menggunakan parasut” .

Bisa membayangkan apa akibatnya ?? sangat jauh berbeda bukan ??



Ternyata bahaya juga mandi setelah begadang, selain bisa bikin badan lemes, pegel-2, kepala pusing, batuk-batuk, terkena paru-paru basah, bahkan yang lebih parah dan fatal bisa terkena angin duduk yang menyebabkan kematian.



Setelah saya tau ternyata serem juga bahaya habis begadang langsung mandi. Jadi mesti tidur dulu dari pada kena masuk angin stadium 5.Intinya sangat dilarang untuk tidak langsung mandi disaat setelah begadang. Berbahaya