Obyek WIsata Danau Tongging


Mendekati Danau Toba dari Medan wajib mampir di dataran tinggi Tongging, terletak di sisi ujung utara danau terbesar di Sumatra.




Dari Tongging lah bisa dinikmati panorama danau volkanik nan indah dan mempesona. Tak sulit menemukan jalan ke Tongging.

Danau Toba bisa dicapai dari 2 jalan utama, melalui lintas Berastagi dan Kabanjahe atau lintas Pematang Siantar. Dari Tongging, perjalanan bisa menyusuri sisi utara Danau Toba dan mampir di kebun teh Sidamanik, bisa juga menyusuri sisi timur danau dan melintasi Sibaganding, Lantas perjalanan diteruskan untuk menikmati panorama di Tanjung Unta, di sisi timur Danau Toba. Tempat banyak kera hidup bebas di hutan di lereng danau. Hari bisa ditutup dengan menikmati matahari terbenam di kedai-kedai pinggir jalan di tepi danau sebelum masuk Parapat.


Dari Berastagi, kota utama pariwisata di Kabupaten Karo, Tongging berjarak 35 km di selatan, melalui Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo.

Waktu terbaik menyinggahi Tongging adalah pada saat matahari terbit. Pandangan mengarah ke selatan, dan matahari terbit di timur menyiramkan sinarnya dari sisi kiri.


Sudah tersedia gardu pandang di tempat terbaik, permanen dan berpagar. Di areal parkir mobil sudah berjejer kios-kios penjual oleh-oleh dan kedai-kedai kopi. Tongging memang sudah jadi obyek wisata andalan sejak lama.

Mencapai Tongging dari Medan memang relatif jauh, apalagi jika ingin merekam matahari terbit. Berastagi adalah tempat yang cocok untuk bermalam, karena waktu tempuh ke Tongging tak sampai sejam lewat Kabanjahe. Di Tongging memang tak tersedia penginapan yang memadai, sementara di Berastagi tersedia banyak pilihan tempat bermalam, mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang.

Udara relatif dingin di pagi hari, sekitar 10-15 derajat Celcius. Dan suhu akan semakin menggigit tatkala angin bertiup kencang.


Dari gardu pandang Tongging ini pula pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun Sipiso-piso, yang terkenal itu. Air terjun setinggi sekitar 120 meter ini menjadi salah satu penyuplai air ke Danau Toba. Dari Tongging menatap air terjun dengan pesona keindahan Gunung Sipiso-piso. Gunung yang jadi langganan kebakaran hutan ini sering pula dijadikan tempat tinggal landas kegiatan paralayang untuk mendarat di tepi Danau Toba.

Tak sulit untuk memotret keindahan Danau Toba dari Tongging. Jika cuaca bersahabat dan langit biru, maka sempurnalah pemandangan yang bisa direkam.