Penyakit yang Muncul Saat Mudik dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang Muncul Saat Mudik dan Cara Mengatasinya | Lebaran abis dan salah satu  yang harus dilaksanan setelah lebaran adalah kembali mudik. Pada saat Anda kembali mudik, Anda harus selalu menjaga kesehatan agar perjalanan Anda tetap lancar dan tiba di tempat tujuan dengan bugar.

Adapun masalah kesehatan yang perlu diwaspai oleh pemudik menurut Prof Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes adalah :

Masalah Kesehatan Selama Perjalanan

Pada saat melakukan perjalanan jauh, mungkin Anda sering merasa pusing, mual, ingin muntah, stress karena macet dan kelelahan karena perjalanan jauh.

Gangguan Pencernaan

Anda beresiko terkena diare pada saat mudik. Penyebabnya adalah tangan yang tidak steril pada saat makan atau jajanan yang tidak sehat yang Anda beli selama di perjalanan.

Gangguan Pernapasan

Polusi dan debu sepanjang perjalanan serta kerumunan orang dapat menyebabkan Anda terkena infeksi saluran pernapasan selama mudik.

Penyakit Kambuh

Pemudik juga rentan untuk mengalami penyakit yang kambuh atau penyakit yang semakin memburuk pada saat muruk. Hal tersebut terjadi karena sistem pertahanan yang melemah karena kelelahan ataupun Anda lupa untuk minum obat.

Laka Lantas

Sangat rentan bagi para pemudik untuk megalami kecelakaan lalu lintas. Terjadinya kecelakaan lalu lintas tentu dapat memberi dampak buruk bagi Anda ataupun keluarga. Bisa terjadi luka, patah tulang ataupun kehilanngan nyawa. Perjalanan yang panjang dan lama serta keinginan untuk segera sampai di tempat tujuan yang kemudian akan membuat Anda mengendarai kendaraan dengan lebih cepat dan tidak lagi menghiraukan rambu-rambu atau pengguna jalan lain adalah penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar Anda terhindar dari hal-hal atau masalah-masalah kesehatan pada saat mudik:

Agar Terhindar dari Masalah Pencernaan

Pada saat mudik, Anda harus memperhatikan dan menjalankan perilaku hidup bersih serta sehat. Anda harus selalu menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan. Sebelum makan, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Saat Anda ingin membeli makanan di pinggir jalan, sebaiknya Anda mencari penjaja makanan yang higienis dan juga pilihlah makanan yang bersih.

Agar Penyakit Tidak Kambuh

Jika ternyata Anda atau anggota keluarga memiliki riwayat penyakit. Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda sebelum berangkat. Kalau ternyata Anda atau anggota keluarga harus minum obat, sebaiknya Anda tetap membawa obat-obatan yang Anda perlukan dan makanlah sesuai dengan ketentuan. Kalaupun ternyata Anda tiba-tiba membutuhkan pengobatan, jangan ragu untuk memanfaatkan Pos Kesehatan yang ada.

Jika Anda Membawa Anak

Siapkan makanan bagi mereka serta air hangat, untuk mencegah agar mereka tidak kelaparan selama perjananan.

Agar Tidak Terjadi Kecelakaan

Setelah berkendara selama 4 jam, sebaiknya Anda beristirahat selama 1 jam agar Anda tidak kelelahan. Jika telah mengantuk, segera cari tempat untuk tidur dan jangan memaksakan diri untuk tetap mengemudi.

Jika Anda masih bekerja satu hari sebelum lebaran, sebaiknya Anda beristirahat dulu hingga siap. Setelah siap, barulah Anda berangkat. Jangan lupa untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petugas.

Sebelum berangkat, jangan lupa untuk berdoa. Selama di perjalanan, usahakan untuk tetap tenang dan tidak terburu-buru. Yang paling penting adalah Anda tiba dengan selamat