Pilih Blackberry atau Android?

Pilih Blackberry atau Android?

Kebetulan saya adalah pemakai Blackberry dan sekaligus Android, dua sistem operasi untuk ponsel pintar yang sedang booming saat ini di negara kita. Blackberry sempat merajai penjualan ponsel high end sebelum akhirnya dikejar oleh ponsel yang mengusung Android OS dengan merk ternama antara lain Samsung, Sony Ericcson, HTC dll.

Menggunakan kedua ponsel beda OS tersebut adalah pengalaman yang menyenangkan. Lebih bagus dari beberapa ponsel yang pernah saya pakai sebelumnya antara lain OS symbian dan Windows Phone. Blackberry lebih dulu saya pakai, fiturnya sangat bagus untuk corporate karena menawarkan aplikasi email instan, juga layanan Blackberry Messenger (BBM) sangat digemari para pemakai Blackberry. Sampai akhirnya saya menjajal ponsel dengan OS Android karena ingin merasakan sesuatu yang berbeda.

Dengan menggunakan Blackberry dan Android bersamaan saya dapat merasakan beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing dan akan dapat suatu kesimpulan yang mungkin bisa memberi masukan bagi yang bingung memilih di antara keduanya.

Kelebihan Blackberry versi saya:

Blackberry lebih mudah untuk menulis pesan baik sms, email, maupun instant messenger lainnya dikarenakan keyboard fisik Qwerty nya. Meskipun Android dengan keyboard virtual juga tidak susah amat, tergantung kebiasaan pemakai. Apalagi ada aplikasi Smart Keyboard yang cukup bagus untuk menulis pesan di Android.

Blackberry Messenger (BBM) adalah fitur unggulan Blackberry. Aplikasi ini cukup bagus untuk bisnis dan memasarkan produk karena banyaknya pengguna Blackberry di Indonesia
Blackberry dari sisi keamanan lebih baik (ini yang pernah saya baca hehehe..)

Lalu kelebihan Android juga versi saya:

Aplikasi Android di Play Store sangat banyak baik berbayar maupun gratis lebih banyak dari yang terdapat di Appworld-nya Blackberry. Aplikasi gratis pun di Android sangat canggih, sebut saja TeamViewer sebagai remote komputer maupun ponsel, SmartKeyboard yang dapat memprediksi kata yang kita tulis bahkan sudah mendukung bahasa Indonesia, MightyText untuk mengetik pesan lewat komputer dll.
Untuk menjalankan aplikasi semisal browsing internet lebih mudah karena tinggal gulung layar dan sentuh layar.

Aplikasi instant message semua ada kecuali BBM, baik itu Yahoo Messenger, Whats App, Line dll.
Tidak seperti Blackberry yang harus berlangganan paket khusus, di Android lebih fleksible asal ada paket internet pasti jalan

WhatsApp bisa menggantikan BBM. Jika kita ganti ponsel kontak dari WhatsApp tidak akan hilang jika sebelumnya di backup dulu, tapi jika ponsel Blackberry ganti PIN nya juga ganti sehingga kontak BBM juga hilang semua kecuali ditulis secara manual sebelumnya.
Layar ponsel Android umumnya lebih lebar karena tidak adanya keyboard fisik. Ini sangat bagus untuk menjalankan aplikasi misalnya browsing internet.
10 Alasan MemilihAndroid OS dibanding Blackberry.

1. Email

Blackberry : Email yang disediakan adalah milik Blackberry, walaupun email lain seperti Gmail bisa digunakan tetapi khusus untuk Gmail tidak ada yang bisa melawan integrasi dan fitur yang ada di Android.
Android : Gmail yang banyak digunakan oleh para pengguna email gratisan (saya yakin sekitaran 75% pengguna internet punya account di gmail), sudah terintegrasi dengan fitur yang lengkap.

2. Kinerja

Blackberry : Cepat dan stabil, tetapi kelemahannya di kala smart phone anda hang anda butuh waktu yang cukup lama, mulai dari mencabut battery dan menunggu proses re-boot yang bisa-bisa lebih dari 3 menit.
Android : Sangat cepat; walaupun phone hang di mana anda membutuhkan reboot dan mencabut battery, proses ini hanya memakan waktu beberapa detik saja.

3. Antarmuka Bagi Pengguna

Blackberry : Tampilannya tidak begitu menarik, sama seperti hp biasa.
Android : Jika anda sudah menggunakan Android, anda pasti setuju kalau saya katakan antarmukanya sangat menarik dan anda tidak akan bosan meng-eksplorasi-nya satu per satu.

4. Browsing

Blackberry : Susah dan tidak begitu berbeda dengan hp biasa.
Android : Fitur yang disediakan akan sangat membantu dalam browsing. Anda tidak akan lelah dan bosan browsing dengan OS ini. Perbesar dan perkecil layar cuma tinggal seret doank.

5. Ketersediaan Aplikasi

Blackberry : Singkat saja saya katakan, aplikasi yang tersedia sangat amat terbatas.
Android : Wahh… begitu banyak aplikasi yang bisa diinstall baik itu versi berbayar maupun gratisan, entah itu game, aplikasi office, antivirus, dan segudang lainnya.

6. Teknologi

Blackberry : Teknologi yang disediakan tidak begitu banyak berkembang sejak smartphone ini dikembangkan. Lihat aja BB keluaran terbaru apa kelebihannya dengan yang sebelumnya. Tidak banyak, kalau tidak mau dikatakan hampir tidak ada.
Android : Teknologi berkembang pesat, terkait dengan ketersediaan chip yang lebih cepat maka fungsi dan fitur pun bertambah.

7. Messenger Service

Blackberry : Fitur messenger andalan BB adalah BBM. Semua orang pengguna Blackberry pasti getol pakai ini. Tetapi apakah  BBM bisa dimanfaatkan oleh non-pengguna blackberry? Jawab aja sendiri ya… Terus apakah pemakaian messenger lain di gadget ini segampang BBM?
Android : Begitu banyak messenger yang bisa dipakai, termasuk milik Google yaitu Google Talk. Jadi anda tetap bisa berkomunikasi murah dengan pengguna messenger tersebut entah mereka pakai smartphone, hp atau computer. Gak terbatas kan?

8. Open Source

Blackberry : Anda sampai kapan pun tidak akan bisa melihat kode program OS mereka.
Android : Open Source merupakan kelebihan OS ini. Pengguna bisa melihat kode program di google. Karenanya pengguna yang cukup mahir bisa membuat aplikasi android mereka sendiri atau melakukan perbaikan atas versi yang ada.

9. Desain

Blackberry : Lihat desain smatphone mahal ini. Apakah ada perbedaan desain dari satu seri ke seri lainnya? Apakah desainnya cukup menarik?
Android : Desainnya cantik. Bandingkan aja…

10. Software

Blackberry : Sinkronisasi data hanya bisa dilakukan dengan melakukan instalasi program di komputer yang dituju.
Android : Kemampuan untuk melakukan multi-task adalah kelebihan gadget ini. Fitur ActiveSync memungkinkan pengguna me-sinkronkan semua data di gadget ke computer anda tanpa perlu melakukan instalasi program.
Secara umum bisa dikatakan bahwasanya Android sangat cocok jika anda bawa di sekitaran kota di mana anda berdomisili, tetapi untuk yang sering travelling ke luar kota BB memang masih unggul untuk alasan battery.
Artikel saya berikutnya akan membahas mengenai 10 Smart Phone yang diotaki oleh OS Android. Atau anda bisa lihat link Best Seller Unlocked Cell Phones di Amazon (situs online yang jual Android, iPhone dan Blackberry murah) untuk cek harga yang ditawarkan plus kelebihan masing-masing gadget. Jika anda ingin order, pastikan anda hanya memilih produk yang bisa dikirim ke Indonesia, karena tidak semua item bisa.
Jadi dengan kelebihan masing-masing dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Untuk memilih mana yang paling bagus, sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kita sudah mempunyai teman banyak atau pelanggan banyak di BBM patut kiranya kita mempertahankan Blackberry. Atau seandainya kita banyak bekerja dengan menuliskan pesan yang harus diketik secara cepat, penggunaan Blackberry lebih baik dari Android. Tetapi jika kita tidak mau repot dengan langganan paket data khusus Blackberry atau kita pingin instal aplikasi yang banyak dan canggih, tampilan layar yang lebih luas, Android adalah pilihan yang tepat

Artikel ini adalah pendapat saya, yang mungkin tidak akan disetujui oleh semua pembaca. Silakan beri komentar anda mengenai artikel ini.