Mengenal hit,pageview,visits,web,Unique visitors,bandwidth

Apa itu hit,pageview,visits-web,Unique visitors,bandwidth | Artikel ini ditulis untuk menjelaskan seputar bagaimana membaca dan menginterpretasi laporan statistik web yang disediakan di server hosting. | Penjelasan-penjelasan di bawah ini berdasarkan pada alat pencatat statistik web yang berbasis server, terutama AWStats.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang belum mengetahui atau belum memahaminya dengan baik.


Setiap permintaan ke web-server (baik itu gambar, teks, file lain, maupun ‘request’ yang alamatnya salah sehingga menghasilkan kode error 404) akan menghasilkan 1 hit. Teknisnya, 1 hit adalah 1 HTTP request ke website Anda. Angka hit (biasanya) akan lebih besar dari jumlah file yang di’request’, karena ‘request’ yang bersifat ‘resume’ dan yang gagal (kode respon 404, 302, 500, dan lain-lain) pun akan direkam.


Setiap pengunjung membuka sebuah halaman HTML website Anda – mungkin saja menghasilkan beberapa hingga belasan/puluhan hit – karena di halaman website Anda tersebut dapat berisi banyak gambar, link ke file Javascript dan CSS.

Meskipun ini adalah data yang paling ‘mentah’, namun data ini yang paling ‘reliable’ untuk dibandingkan antara satu website dengan website lain, atau satu website di server hosting yang lama dengan di server hosting yang baru.


PageViews‘Pageview’ (jumlah halaman) di program AWStats didefinisikan sebagai hit terhadap file berekstensi teks seperti HTML, TXT, dan lain-lain yang berhasil (kode respon 200).

‘Pageview’ adalah sebuah pendekatan/perkiraan terhadap jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung

Antara satu program statistik/server hosting dan program/server lain bisa saja berbeda karena definisi persis pageview dan settingnya bisa berbeda. Jadi ketika membandingkan dua data pageview, perlu mengingat hal ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.


‘Visits’ (kunjungan) di program AWStats didefinisikan sebagai ‘request’ oleh klien dengan alamat IP dan browser yang sama dalam rentang waktu 30 menit. Misalnya seorang pengunjung mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu halaman lain di menit ke-20, dan halaman lain lagi di menit ke-40. Maka ketiga ‘request’ (hit) ini dianggap satu visit yang sama karena semuanya terjadi dalam rentang di bawah 30 menit.

Namun jika seorang pengunjung lain mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu baru mengakses lagi di menit 35, maka kedua hit ini akan dianggap dua buah visit yang berbeda.

‘Visits’ merupakan upaya pendekatan/perkiraan untuk mengetahui berapa banyak kunjungan yang dilakukan terhadap website Anda. Karena kunjungan memang merupakan sesuatu yang sulit didefinisikan secara eksak, karena kebiasaan browsing orang yang berbeda-beda. Bisa saja seseorang membuka website Anda lalu mengklak-klik beberapa halaman selama beberapa menit, lalu menutupnya. Satu kunjungan yang jelas.


Tapi bisa juga seseorang lain membuka website Anda, lalu membuka window atau program lain dan bekerja selama beberapa jam, baru kembali lagi ke browser yang tadi belum tertutup. Satu kunjungan atau dua? Belum lagi cara-cara browsing lain yang berbeda.

Log web-server tidak mencatat ‘cookie’, sehingga sesi kunjungan tidak dapat dideteksi dengan jelas. Karena itulah digunakan perhitungan pendekatan yang cukup umum yaitu selang waktu 30 menit.

Jadi ketika membandingkan dua data ‘visits’ dari dua program/server hosting yang berbeda, ada baiknya mengingat hal ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.
Apa itu unique visitors (pengunjung unik)?

Unique visitors’ (pengunjung unik) di program AWStats didefinisikan sebagai visits dalam 1 bulan yang dilakukan oleh komputer dengan alamat IP dan browser yang sama.

Unique visitors’ akan lebih kecil atau sama dengan visits, karena bisa saja seorang pengunjung melakukan beberapa visits ke website Anda dalam 1 bulan.

Unique visitors’ merupakan upaya pendekatan/perkiraan untuk mengetahui berapa banyak orang (pengunjung) yang mengunjungi website Anda. Ketika membandingkan dua data ‘unique visitors’ dari dua program/server hosting yang berbeda, ada baiknya mengingat keterbatasan ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.

bandwidth-icon


Data transfer adalah jumlah total data – dalam satuan byte atau KB (kilobyte) atau megabyte (MB) atau gigabyte (GB) – yang dikeluarkan oleh website Anda untuk melayani permintaan dari pengunjung.

Untuk file-file statik seperti HTML dan gambar (GIF/JPG/PNG), ukurannya akan kurang lebih sama dengan ukuran file yang bersangkutan. Misalnya, dalam 1 bulan sebuah gambar berukuran 50KB di’request’ sebanyak 1000 kali. Maka data transfer untuk gambar tersebut adalah sekitar 50KB x 1000 = +- 50MB.

Untuk file skrip, ukurannya bukanlah ukuran kode sumber (‘source code’) skrip tersebut, melainkan ukuran ‘output’ dari skrip. Bisa saja sebuah skrip terdiri dari beberapa baris saja, tapi ‘output’nya beratus-ratus KB. Maka yang diukur adalah ‘output’ yang sekian ratus KB tersebut.

Semakin besar data transfer, semakin besar pula kebutuhan ‘bandwidth’ untuk website tersebut.