Para Kontestan 'Miss World 2013' Kunjungi Pura Besakih

Para Kontestan 'Miss World 2013' Kunjungi Pura Besakih | 130 kontestan "Miss World 2013" berkesempatan untuk mengenal budaya dan tradisi masyarakat Bali, mengunjungi pura terbesar di Pulau Dewata, Pura Besakih, di Kabupaten Karangasem Bali, Rabu (11/9).


Dengan mengenakan kain sarung Bali, para kontestan ratu sejagad mengawali kegiatan di Pura Besakih dengan melakukan sembahyang bersama, dilanjutkan dengan berkeliling untuk melihat kawasan pura.

Beberapa kontestan Miss World mengaku sangat mengagumi kemegahan dan keunikan arsitektur tradisional pura yang terletal di lereng Gunung Agung tersebut. Selain itu para kontestan juga mengaku baru pertama kali berkunjung ke Bali terutama ke Pura Besakih.

“Ini pertama kalinya saya ke Bali dan saya sangat senang. Ya tentu saya akan kembali ke Bali setelah 'Miss World'. Saya sangat tertarik dengan keramahan masyarakatnya, budayanya karena ini sangat berbeda sekali dengan apa yang saya temui di negara saya,” kata kontestan Miss World dari Belize, Idolly Louise Saldivar.

Rasa kagum terhadap budaya dan tradisi Bali juga diakui oleh kontestan Miss World dari Indonesia Vania Larissa. Terkait dengan kemungkinan menang dalam kontes "Miss World 2013", Vania menyatakan persaingan sangat berat, tetap akan berusaha menjadi yang terbaik

“Lumayan berat, kompetisinya sangat terasa dan ini sesuatu yang sangat berbeda dengan Miss Indonesia. Kalau di Miss Indonesia kita menekankan kekeluargaan, kalau disini kompetitif banget, harus positif sih. Cuma memang mereka sangat luar biasa,” kata Vania Larissa.

Menurut Bupati Karangasem, Wayan Gredeg, kunjungan para kontestan Miss World ke Pura Besakih merupakan kesempatan bagi Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk memperkenalkan obyek-obyek wisata di Kabupaten Karangasem. Dengan adanya kunjungan para kontestan "Miss World 2013", diharapkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karangasem terutama Pura Besakih akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang.

"Kalau kita lihat Bali, Karangasem ini paling banyak mempunyai potensi-potensi terutama wisata alamnya, budayanya, spiritualnya, airnya. Ini yang kita tonjolkan kepada mereka. Saya yakin ini sebuah promosi yang luar biasa, mencari kesempatan seperti ini tidak gampang dan gratis ini,” kata Wayan Gredeg.

Wayan Gredeg berharap para kontestan tidak saja mengunjungi Pura Besakih tetapi juga mengunjungi obyek wisata lainnya di Kabupaten Karangasem, seperti salah satunya Taman Ujung. Sementara itu, selain mengunjungi Pura Besakih, para kontestan Miss World juga mengunjungi Museum Rudana yang berlokasi di kawasan Ubud Kabupaten Gianyar.