Scrub Alami Untuk Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Scrub Alami Untuk Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat | Scrub adalah butiran-butiran kasar yang terdapat di dalam produk-produk kecantikan. Pada umunya scrub terdapat dalam pelembab, sabun pembersih wajah, body lotion, body butter dan sebagainya. Scrub sendiri bermanfaat untuk menghaluskan permukaan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, serta mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Scrub tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan wajah saja, tetapi scrub juga dapat digunakan untuk merawat tubuh. Sehingga anda dapat mencoba menggunakan scrub alami untuk merawat wajah dan tubuh.


Bagi yang ingin menggunakan scrub alami untuk perawatan kecantikan di rumah, anda dapat mencoba untuk membuat scrub sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit dan terhindar efek samping. Selain mudah untuk dibuat, anda juga akan lebih menghemat uang dan waktu. Mau tau bahan-bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat scrub alami? Silahkan lihat pembahasannya dalam artikel di bawah ini :
Scrub Alami


1. Minyak Zaitun

Bagi yang memiliki kulit wajah kering, anda dapat mencoba menggunakan minyak zaitun atau dikenal dengan olive oil untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Selain itu minyak zaitun juga dapat memberikan kelembapan pada tekstur kulit yang jering, sehingga anda dapat mencobanya dengan cara mencampurkan 2 sendok teh minyak zaitun dengan 2 sendok teh gula ke dalam mangkuk. Kemudian gosok dan pijat bagian wajah dengan lembut dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk membuat kulit menjadi tidak kering dan lembut.

2. Gula Pasir

Gula pasir bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit tampak putih dan bercahaya. Anda dapat menggunakannya dengan cara mencampurkan 1 sendok makan gula pasir dengan minyak zaitun, kemudian tambahkan gel lidah buaya atau madu. Setelah semua bahan tercampur rata, tuangkan scrub ke telapak tangan dan oleskan pada permukaan wajah dengan pijatan lembut melingkar. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat.

3. Madu

Madu mempunyai kandungan vitamin C, magnesiaum dan asam amino yang dapat bermanfaat sebagai antiseptik yang bisa mematikan bakteri dan mencegah infeksi di bawah kulit. Anda dapat menggunakan madu sebagau scrub alami dengan cara menyediakan 2 sendok teh madu dan 2 sendok teh gula, kemudian campurkan dan aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

4. Strawbery

Campuran strawbery dan madu dapat bermanfaat untuk mencegah lerisakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu strawbery juga daapt digunakan untuk menghaluskan kondisi kulit yang kasar. Anda dapat mencobanya dengan cara menghancurkan 5 buah strawbery dengan menggunakan sendok atau blender (tetapi jangan terlalu halus), kemudian campuran 2 sendok madu dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih.

5. Lemon

Lemon mempunyai kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan menyeimbangkan mineral yang dibutuhkan kulit. Lemon sangat cocok digunakan untuk yang anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Anda dapat mencobanya dengan cara menyiapkan 1 buah perasan lemon yang telah dicampurkan dengan garam, kemudian aplikasikan pada wajah dengan gerakan memijat. Diamkan selama 15 menit, bilas hingga bersih.

Demikan artikel kali ini mengenai scrub alami untuk merawat wajah berminyask dan berjerawat. Silahkan mencoba membuat scrub alami untuk wajah di rumah dan rasakan manfaatnya. Sekian dan terima kasih.
Sumber likethisya.com