Air liur berfungsi melindungi gigi

Air liur berfungsi melindungi gigi | Air liur atau saliva ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan kita loh, Dreamers. Dan jika kita mengunyah, air liur kita akan semakin bertambah. Dilansir Indiatimes, Yuk kita intip apa saja manfaat nya tersebut.

Mencegah Kerusakan Gigi
Air liur mengandung polin, yaitu suatu protein yang berfungsi melindungi enamel gigi kita. Air liur juga mengandung mineral yang membantu proses remineralisasi gigi. Produksi air liur di dalam mulut kita juga bisa membantu membersihkan kotoran di sela-sela gigi kita loh, Dreamers.

Menjaga Kebersihan Mulut
Air liur juga mengandung zat anti bakteri yang dapat mencegah timbulnya bakteri di mulut kita. Selain itu, air liur atau saliva ini juga memiliki kandungan antibodi dan senyawa antimikroba. Bahkan saliva juga bisa mematikan virus HIV.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Luka di pipi pagian dalam dan gusi lebih cepat sembuh dibandingkan di kulit luar. Hal ini terjadi karena terdapatnya kandungan protein dalam air liur yang bantu membentuk pembuluh darah yang baru. Hal ini juga yang menyebabkan kenapa hewan sering menjilati lukanya.
(dat06/yahoo)