Merayakan Imlek di Tahun Kuda



Perayaan Imlek atau tahun baru China selalu meriah saban tahun. Imlek masih pekan depan, 31 Januari 2014. Namun, beberapa mal dan hotel mulai merayakannya pada akhir pekan ini. Biasanya perayaan makin marak mendekati tanggal Imlek dan terus berlanjut hingga Cap Go Meh.

Mal Ciputra pada Imlek tahun ini menggelar Lotus Festival. Kepala Humas Mal Ciputra Rida Kusrida menuturkan, Lotus Festival Show akan memadukan unsur yin dan yang yang dikemas dalam sebuah hiburan yang menarik.

”Nanti unsur yin dan yang itu akan tergambar dalam berbagai pertunjukan yang kami hadirkan. Semuanya kami persembahkan untuk pengunjung setia Mal Ciputra dan gratis. Mari merayakan Imlek bersama kami,” kata Rida, Kamis (23/1/2014).

Berbagai pertunjukan itu dimulai pada Jumat hari ini di lower ground Mal Ciputra. Chinese Percussion Battle akan tampil pertama kali, lantas diikuti atraksi wushu yang melambangkan kekuatan yang. ”Lalu ada chinese traditional lotus dance, setelah itu suara emas dari Maria Idol juga akan menghidupkan suasana. Ini melambangkan kekuatan yin,” ujar Rida.

Tidak lengkap jika perayaan Imlek tanpa kemunculan barongsai. Pengunjung mal akan dihibur oleh penampilan barongsai meja yang dipasang di lima penjuru: barat, timur, selatan, utara, dan pusat atau tengah. Pertunjukan wayang Potehi menutup acara pada pembukaan Lotus Festival.

”Perayaan Imlek akan terus berlanjut hingga hari-H. Suasana Imlek juga akan menghiasi mal sepanjang hari,” kata Rida.

Selain pertunjukan musik dan tari serta suasana khas Imlek, Mal Ciputra juga mengajak para penyewa tempat untuk memberlakukan potongan harga bagi produk-produk tertentu.

 

 Pengunjung memilih pernik-pernik imlek di Mall Taman Angrek, Jakarta Barat.
Mal-mal seperti Mal Taman Anggrek, Kuningan City, Senayan City, Plaza Semanggi, dan Kota Kasablanka juga merayakan Imlek dengan cara masing-masing. Dekorasi khas Imlek menghiasi interior mal, seperti terlihat di Mal Taman Anggrek, Kamis. Lalu ada lampion, gantungan kertas bertuliskan aksara China, serta musik dan lagu berbahasa China. Warna mal didominasi merah.

Mal Central Park juga telah menghias diri. Mal ini menyuguhkan penampilan istimewa dari penyanyi Novita Dewi, runner up X Factor Indonesia pada 31 Januari pukul 19.00 di Tribeca Park. Selain Novita ada juga penampilan Cherrybelle yang renyah. Tentu saja barongsai dan tari ular tidak mungkin terlupakan.

Masakan China

Hotel seperti Grand Hyatt di Jalan Sudirman juga tidak pernah melewatkan acara Imlek. Masih ingat perayaan Imlek tahun lalu di hotel ini? Superheboh dan menarik. Ada Chinese Orchestra, tarian naga, beragam barongsai, hingga masakan di restoran dan kafe yang khas China. Kompas tahun lalu sempat merasakan hidangan seafood yang enak sekali.

Bagaimana dengan tahun ini? Perayaan Imlek di Hyatt dimulai pada 30 Januari pukul 18.00 di lobi hotel. Beberapa pertunjukan masih sama dengan tahun lalu, seperti Chinese Orchestra, tarian naga, ular, dan phoenix, serta atraksi barongsai tonggak dan meja.

Dalam siaran pers yang dikirimkan Viana Igah dari Grand Hyatt disebutkan akan ada simbol Dewa Kemakmuran Cai Shen Ye yang akan berkeliling di sekitar lobi dan restoran untuk membagi-bagikan cokelat koin emas kepada para tamu sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran.

Sajian kuliner di hotel ini juga masih sama. Ada salad Yu-sheng di resto C’s Steak. Yu-sheng merupakan salad segar ala China, tersaji dengan ikan mentah sebagai simbol kesejahteraan, kemakmuran, dan umur panjang.

 

 Pengunjung berfoto di depan lampion 12 shio yang dipamerkan di Taman Tribeca yang terdapat di Pusat Perbelanjaan Central Park, Jakarta Barat, Kamis (31/1/2014). Menjelang perayaan Imlek, pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta mulai menghias diri.
Hotel Santika Premiere Jakarta merayakan Imlek dengan memberikan potongan harga menginap, seperti tertulis dalam situsnya. Mulai tanggal 30 Januari hingga 2 Februari, Santika menawarkan paket menginap mulai Rp 800.000 net per kamar per malam dan sajian makanan istimewa di restoran. Ada potongan harga 30 persen untuk laundry dan diskon 20 persen untuk transportasi menuju stasiun Gambir.

Diskon 20 persen juga berlaku untuk makanan yang dipesan di restoran Harmony dan Yan Palace. Menunya tampaknya sangat menggoyang lidah. Ada chinese chicken sesame seeds salad, chinese fish lips soup with crab meat sauce, wok fried chicken mushroom, dan roasted duck ”Guangzhou” dengan plum sause. Yummy....

The Breeze BSD City bahkan telah memulai perayaan Imlek lebih awal, pada pekan lalu. Seseorang yang didandani menyerupai tokoh dewa uang atau Cai Sen Yee bersama Dewi Kwan Im berkeliling di lobi mal. Tarian naga, ular, hingga shaolin kungfu yang akrobatik juga digelar. (Susi Ivvaty-kompas)