Kawasaki Ninja 1 Silinder Resmi Meluncur

Kawasaki Ninja 1 Silinder Resmi Meluncur

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Ninja RR Mono, sepeda motor sport 250 cc dengan mesin satu silinder, Jumat (14/2/2014) di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Hal tersebut cukup mengejutkan karena ini adalah generasi penerus Ninja RR 150 cc 2-tak, bukan untuk mendampingi Ninja 250R dua silinder, seperti banyak diduga sebelumnya.

Artinya, Ninja RR 150 cc tersebut akan diskontinu. Yusuke Shimada, Marketing Deputy Division Head KMI, mengatakan bahwa model Ninja RR 150 cc (2-tak) akan selesai diproduksi pada Juli 2015. "Itu semua karena regulasi emisi Euro3 dan tingkat kebisingan suara yang kini sangat ketat. Dengan kata lain, RR Mono adalah RR baru, dan akan diproduksi di pabrik kita yang baru juga," ungkapnya.

Dijelaskan, RR Mono adalah model dengan konsep ramping, ringan, dan kencang. Pengembangannya diarahkan ke racing, seperti digariskan RR 150 cc 2-tak sebelumnya. Dengan kata lain, RR Mono tak akan mengganggu segmen Ninja 250R yang lebih ke arah penggunaan harian.

Desainnya sangat cantik dengan lampu tunggal. Kekuatan pada model ini ada pada tubuh yang ramping hingga buritan. Ia juga lebih ringan ketimbang Ninja 250R karena mesin lebih kompak. Dengan konsep bernuansa "racy", posisi berkendara sedikit lebih membungkuk.

KMI menyediakan empat pilihan warna, yakni hijau, merah, dan putih, serta kuning sebagai kelir baru. Disediakan pula varian yang dilengkapi dengan ABS dalam warna merah dan putih.

Sayang, soal harga, hal itu tidak disebutkan. Shimada San hanya memberikan bocoran bahwa banderolnya akan berada di kisaran Rp 40 juta, dan mulai dikirim ke konsumen pada akhir Maret.(kompas)