Lebih baik tidur dalam keadaan gelap

Lebih baik tidur dalam keadaan gelap

Tidur bisa diartikan sebagai bagian dari periode alamiah kesadaran yang terjadi ketika tubuh direstorasi (diperbaiki) yang dicirikan oleh rendahnya kesadaran dan keadaan metabolisme tubuh yang minimal. Secara otomatis, otak memprogram untuk tidur begitu gelap datang dan terbangun ketika terang tiba.

Setiap manusia membutuhkan tidur, karena dengan waktu tidur yang cukup maka ADers akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktifitas sepanjang hari dari pagi hingga malam.

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala. Padahal menurut penelitian, tidur dengan lampu menyala tidak baik bagi kesehatan.

Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

Joan Robert, ahli biologi, mengatakan, “Tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tak ada cahaya. Hormon tersebut merupakan salah satu hormon kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan prostat.”

Hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti. Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Tidak hanya tidur dengan lampu menyala, paparan cahaya buatan jangka pendek di malam hari juga bisa dikaitkan dengan resiko kanker. Dr Rachel Ben-Sclomo dari University of Haifa telah melakukan penelitian mengenai hal tersebut, dan hasilnya dilaporkan di dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics.

Ia menyarankan, ketika Anda terbangun pada malam hari, sebaiknya tidak menyalakan lampu. Karena, setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh.
(Lebih baik tidur dalam keadaan gelap | dangstars/waspada/)