Tips jaga kebugaran walau kerja malam

Tips jaga kebugaran walau kerja malam

Di era modern ini, pekerjaan dengan sistem shift adalah hal yang wajar diterapkan oleh semua pekerjaan. Banyak karyawan yang harus bekerja di malam hari dan beristirahat di siang hari. Hal ini bisa mempengaruhi siklus dan jam alami tubuh serta menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Jika Anda termasuk karyawan yang sering bekerja shift di malam hari, jangan khawatir. Anda tetap bisa menjaga kebugaran dengan beberapa langkah berikut ini:

1. Memodifikasi jam tubuh
Tubuh memiliki jam alami yang otomatis beristirahat di malam hari dan aktif di siang hari. Ini adalah jam normal. Sementara ketika seseorang bekerja shift malam mereka harus aktif di malam hari dan beristirahat di siang hari. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk memodifikasi jam alami tersebut. Anda harus mulai terbangun di malam hari dan beristirahat di siang hari. Secara perlahan, tubuh Anda akan menyesuaikan dengan siklus dan jam yang baru.

2. Mengubah diet
Ketika bangun dan lebih aktif di malam hari orang cenderung makan malan dua kali. Ini sebenarnya tak baik untuk tubuh. Anda harus mengubah pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Makanlah pada pukul delapan malam, kemudian konsumsi makanan ringan yang bernutrisi antara jam 12 siang hingga jam enam malam.

3. Rotasi yang tetap
Tubuh tak bisa menyesuaikan diri dengan rotasi shift yang hanya terjadi per minggu. Setidaknya rotasi harus berlangsung beberapa bulan sekali sebelum berganti menjadi shift berikutnya. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan satu siklus yang tetap. Dengan rotasi yang stabil, tubuh bisa menentukan dengan tepat waktu untuk beristirahat, bangun, makan, dan lainnya. Ini akan membantu tubuh tetap sehat meski siklus jam tubuh berubah.

4. Jangan minum minuman berenergi
Minuman berenergi mengandung banyak kafein dan bisa membantu Anda tetap bertenaga di malam hari. Tentu saja ini akan membantu Anda dalam melakukan shift malam. Namun kadar kafein yang tinggi setiap hari tak baik untuk kesehatan. Daripada mengonsumsi minuman berenergi, sebaiknya konsumsi banyak air putih. Mengonsumsi banyak cairan akan membantu Anda tetap waspada dan terjaga. Selain itu, air putih juga mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Bekerja di shift malam akan memicu Anda untuk banyak ngemil. Anda bisa mengonsumsi banyak camilan tak sehat hanya dalam satu malam ketika lembur. Untuk itu sebaiknya jangan biasakan ngemil ketika bekerja shift malam. Selain karena camilan bukanlah makanan yang sehat, tubuh Anda juga sudah tak bisa mencernanya di malam hari. Jika ingin ngemil, pilih buah-buahan atau kacang yang bernutrisi dan sehat.

Kebanyakan orang menganggap enteng masalah postur tubuh saat bekerja. Namun hal ini penting untuk kesehatan. Pastikan mata beristirahat dari komputer setiap jam, setidaknya lima menit. Duduk dengan benar, dan jangan lupa untuk berdiri dari kursi dan berjalan-jalan sebentar.

Itulah beberapa tips agar tetap bugar meski bekerja di shift malam. Perhatikan dan lakukan hal-hal tersebut jika Anda ingin tetap sehat meski harus bekerja di malam hari.
(dangstars/merdeka)