BlackBerry Diam-diam Siapkan Aplikasi Pesaing Siri


Membuat aplikasi asisten personal seperti Siri milik Apple sepertinya sedang menarik perhatian para pembuat sistem operasi. Sebuah bocoran memperlihatkan BlackBerry juga sedang berusaha membuat aplikasi asisten personal.

Penampakan aplikasi asisten personal milik BlackBerry itu terlihat dalam pembaruan firmware versi 10.3.0.140 untuk pengguna sistem operasi BlackBerry 10 (BB10). Di sebuah video, seorang pengembang menjelaskan kemampuan yang ada pada platform BB10.

Pada video bocoran itu terlihat sebuah antarmuka yang muncul menyerupai aplikasi asisten personal yang lazim dipakai vendor lain, seperti di Siri ataupun Google Now.

Menurut yang dilansir Engadget, aplikasi itu memakai nama Intelligent Assistant. Ketika dipilih, ada dua pilihan yang bisa dilakukan pengguna untuk menavigasi aplikasi ini yakni mengetik kata kunci ataupun berbicara secara langsung layaknya yang biasa dilakukan pengguna di Siri atau Google Now.

Sayangnya, masih belum terlihat bahwa aplikasi 'Smart Assistant' milik perusahaan asal Kanada itu sudah dapat bekerja dengan baik. Kemampuan yang akan tersedia di aplikasi baru BlackBerry ini pun masih belum terungkap.

Sebelumnya, Microsoft juga dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi asisten personal yang dinamai Cortana. Sepertinya tahun ini akan saat persaingan pembuat platform mobile makin luas ke arah personal asisten.