Lolos Uji Keamanan, “Software” Blackberry Boleh Digunakan Pegawai Pemerintah AS


Blackberry berhasil melewati uji keamanan pemerintah Amerika Serikat, sehingga peranti lunak enterprise-nya bisa digunakan pada telepon seluler pintar atau tablet pegawai-pegawai pemerintahan AS. Sistem Blackberry itu bisa digunakan baik pada gadget Android maupun perangkat-perangakan buatan Apple.

Secure Work Space, nama software Blackberry itu, bisa digunakan untuk mengelola email, kontak, dokumen, atau jejak penjelajahan internet yang berhubungan dengan pekerjaan dan melindunginya dari aplikasi-aplikasi pribadi pengguna.

Perusahaan yang bermarkas di Kanada itu pada Rabu (26/3/2014), mengatakan bahwa software-nya itu sudah mendapat sertifikat FIPS 140-2 dari pemerintah AS.

Software itu tersedia dalam platform Blackberry Enterprise Service 10, yang bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan swasta dan pemerintah untuk mengelola perangkat mobile dari beragam sistem operasi di dalam organisasi mereka.

Pemerintah AS adalah salah satu pelanggan terbesar Blackberry dan dengan sertifikat itu berarti para pegawai negeri di AS akan tetap bisa menggunakan gadget mereka sendiri, selain Blackberry, untuk bekerja.

Sertifikat itu berarti penting bagi Blackberry dalam persaingannya dengan Apple dan Samsung, yang juga sudah mendapat izin serupa dari pemerintah AS.

Bagi pemerintah AS sendiri software keamanan yang digunakan pada gadget-gadget pegawai pemerintahan sangat penting untuk mencegah kebocoran rahasia negara. (Reuters)