Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Inilah Beberapa Ciri-Ciri Madu Asli atau Murni - Bagaimana cara membedakan madu murni (asli) dengan yang palsu ? tentunya hal tersebut menjadi pertanyaan selam ini khususnya bagi orang yang belum mengerti tentang bagaimana Ciri-Ciri Madu Asli atau Murni.

Khasiat madu untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Beberapa diantaranya yakni madu bermanfaat untuk menambah stamina, mengobati sakit tenggorokan termasuk batuk, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi. Nah, tentunya khasiat tersebut tidak akan kita dapatkan pada madu palsu, buruknya lagi madu plasu mungkin mengadung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Inilah Beberapa Ciri-Ciri Madu Asli atau Murni
Lalu, Bagaimana cara membedakan madu murni (asli) dengan yang palsu? Untuk itu pada kesempatan kali ini Vulkanisir - Dangstars Blog  akan berbagi beberapa Informasi Kesehatan tentang Cara Membedakan Madu Asli Dengan Yang Palsu.

Ciri-Ciri Madu Asli atau Murni

1. Tidak mengering

Oleskan sedikit di telapak tangan kemudian jemur sebentar di bawah terik matahari. Madu yang masih murni tidak akan mengering sedangkan madu palsu akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan.

2. Tidak ada endapan (buih) pada botol

Perhatikan bagian dasar botol penyimpanan, madu asli tidak memiliki endapan atau buih yang berwarna putih pada bagian dasar botol penyimpanan madu. Jika ada buih pada botol madu maka madu tersebut sudah terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan telah mengalami proses fermentasi.

3. Tidak tembus kertas

Ciri khas madu asli adalah kental dan memiliki kandungan air sedikit. Teteskan sedikit di atas kertas tipis, jika madu tersebut masih murni maka tidak akan menembus kertas.

4. Tetesan madu tidak terputus

Celupkan benda ke dalam botol madu kemudian angkat benda tersebut. Madu murni akan menetes tanpa terputus dan jika tetesan madu terputus-putus, itulah tanda madu palsu.

5. Jika dipanasi menggelembung

Madu yang asli akan menghasilkan gelembung-gelembung udara jika dipanasi. Berbeda dengan gula yang akan menghasilkan buih seperti air mendidih.

Itulah beberapa Ciri-Ciri Madu Asli/Murni serta cara membedakannya dengan yang palsu. Sebenarnya masih ada lagi cara membedakan madu asli dengan palsu yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menuangkan madu ke dalam piring berwarna bening kemudian tambahkan air secukupnya. 

Goyangkan piring tersebut sampai madu dan air tercampur, jika madu tersebut masih asli maka akan terbentuk sarang lebah. 
Semoga informasi mengenai Ciri-Ciri Madu Asli atau Murni tersebut bisa bermanfaat buat semua.

1 Comments:

bagus informasinya mudah dimengerti..
tq min

Reply