9 Fakta Mobilnya Presiden Amerika

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/9-fakta-mobilnya-presiden-amerika.html
9 Fakta Mobilnya Presiden Amerika
Presiden Amerika Serikat merupakan sosok yang paling penting di dunia ini. Karena itu, pengamanan yang dimilikinya juga harus maksimal, baik dari segi orang-orang yang mengawal maupun dari kendaraan yang dinaikinya.

Berkaca dari pembunuhan presiden John F. Kennedy ketika berkendara di dalam mobil, pasukan pengamanan presiden yang bernama Secret Service pun merancang kendaraan mobil yang anti dari segala perusakan.

Mobil berbentuk limusin itu dinamakan 'The Beast'. The Beast ini selalu mendampingi Presiden Amerika ke mana pun ia pergi, bahkan jika ke luar negeri sekali pun.

Tidak banyak yang diketahui mengenai spesifikasi The Beast. Namun, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat diketahui dari mobil presiden yang paling canggih ini.

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/9-fakta-mobilnya-presiden-amerika.html
1. Merek mobil ini bukan Cadillac.
Tidak seperti mobil lain pada umumnya, The Beast tidak memiliki banyak kesamaan dengan mobil lain. Sasis, mesin diesel, dan sistem transmisi yang digunakan mirip dengan apa yang dimiliki oleh Chevrolet Kodiak, sebuah mobil komersial yang serbaguna. Lampu depan The Beast diambil dari mobil Escalade, dan lampu belakang dari Cadillac STS.

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/9-fakta-mobilnya-presiden-amerika.html
2. Mobil ini memiliki pesawat pribadi.
Pasukan Secret Service menggunakan pesawat C-17 Globemaster untuk mengangkut The Beast, limo cadangan, dan mobil komunikasi lapis baja Chevrolet Suburban ketika Presiden Amerika Serikat bepergian. Chevrolet Suburban juga disebut dengan Roadrunner dan merupakan kantor komunikasi berjalan yang terhubung langsung dengan satelit militer.


3. Bukan sekadar lapis baja.
Tampaknya tidak ada kendaraan lapis baja lain yang memiliki jendela dan lebih baik daripada The Beast. Lapisan baja mobil ini tebalnya delapan inci dan berat pintunya hampir sama dengan pintu pesawat Boeing 757. Kaca anti peluru mobil ini tebalnya lima inci yang terdiri dari lima lapisan untuk mengurangi dampak serangan yang terjadi. Selain itu, ban Goodyear yang besar itu mampu berjalan hingga beberapa kilometer walaupun bocor. Ban ini pun dilapisi Kevlar. Interior dalam mobil juga tertutup rapat untuk menghindari masuknya serangan gas kimia.

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/9-fakta-mobilnya-presiden-amerika.html

4. Dipersenjatai lengkap.
Di bagasi mobil, Anda dapat menemukan segalanya, mulai dari peralatan kebakaran, tabung udara, hingga cadangan darah presiden. The Beast juga terintegrasi dengan peluncur gas air mata, shotgun, dan peluncur granat. 


5. Berkapasitas tujuh orang.
Biasanya, The Beast hanya berisi sopir dan seorang agen Secret Service yang duduk di depan, kemudian sang presiden sendiri di belakang. Namun, di belakang masih bisa menampung empat orang lagi; tiga kursi menghadap belakang dan satu kursi untuk tamu di samping presiden. Sebuah meja lipat memisahkan kursi presiden dengan kursi tamu.

 http://dangstars.blogspot.com/2014/06/9-fakta-mobilnya-presiden-amerika.html

6. The Beast tidak sendiri.
Secret Service sebenarnya memiliki beberapa kendaraan yang mirip The Beast, walaupun tidak diketahui apakah fitur-fiturnya sama dengan The Beast asli. Beberapa mobil bahkan lebih mirip dengan Cadillac DTS daripada mirip The Beast. Kendaraan limousine lain juga digunakan untuk pejabat tinggi negara asing dan tamu VIP ketika berada di Washington DC. Selain itu, Presiden Amerika juga sering bepergian menggunakan kendaraan lapis baja Chevrolet Suburban atau bus Prevost yang dimodifikasi atau disebut dengan Ground Force One.

7. Menggunakan diesel.
The Beast menggunakan mesin diesel Duramax, seperti yang digunakan mobil Chevrolet dan truk GMC. Kenapa diesel? Selain daya tahannya yang bagus, bahan bakar diesel juga memiliki kemungkinan yang rendah untuk meledak. Selain itu, diesel juga dapat ditemukan di mana pun di dunia ini, tidak seperti bahan bakar lainnya.


8. Sopir berpengalaman.
Walaupun The Beast lebih mirip dengan bus sekolah daripada mobil sport, tapi sopir The Beast sangat mahir bermanuver ketika mengemudi. Sopir dari Secret Service telah menjalani pelatihan ketat di tempat yang terpencil (dipercaya sebagai markas militer) dengan masukan dari para teknisi GM.


9. Spesifikasinya standar.
Dengan berat sekitar 9.000 kilogram, mesin diesel The Beast bukanlah seperti roket. Untuk mencapai kecepatan 60 mil dibutuhkan waktu sekitar 15 detik. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai juga hanya 60 mil/jam. Dengan bobotnya yang sangat berat, The Beast menyedot bahan bakar 8 mpg (mil per galon Amerika).