Mengobati Asam Urat dengan Buah Kersen

http://dangstars.blogspot.com/2014/10/mengobati-asam-urat-dengan-buah-kersen.html

Buah kecil ini memiliki khasiat yang luar biasa.
Kersen merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Buah mirip ceri ini seringkita temui di pinggir jalan dan jarang di budidayakan dengan serius.

Tapi siapa sangka, jika di balik buahnya yang kecil, terdapat khasiat yang besar. Jika buah ini hanya familiar sewaktu Anda kecil, maka sebaiknya Anda mulai menanam di halaman rumah Anda, karena khasiat buah dan daunnya sangat besar.

Bagi Anda yang mempunyai asam urat, tidak usah jauh-jauh pergi ke dokter, cukup dengan mengonsumsi buah kecil ini sebanyak 9 butir sekali makan, dan dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari, maka asam urat Anda bisa hilang.

Kersen mempunyai kandungan gizi yang cukup baik, bahkan tidak kalah dengan buah mangga. Untuk satu butir buah kersen, mengandung Vitamin C sebanyak 85 miligram, dan kandungan kalsium dalam buah ini juga cukup tinggi yaoti sekitar 124,6 miligram.

Sedangkan mendapatkan manfaat dari daunnya, Anda cukup merebusnya, di mana sepertiga bagian dari air rebusan, diminum sebanyak tiga kali dalam satu hari. Air rebusan ini berkhasiat untuk anti radang dan menurunkan panas, serta sebagai antiseptik yang dapat membunuh mikroba yang berbahaya.

Tidak ada salahnya bagi Anda mulai memperhatikan tanaman buah yang satu ini. Karena kesehatan merupakan harta yang harus dijaga. Namun ingat, ambillah buah kersen yang matang di pohonnya, karena buah yang matang di pohon mempunyai kandungan nutrisi yang maksimal.

Siapa yang tidak kenal dengan buah kersen yang kalau di Jakarta suka disebut dengan buah ceri. Buahnya kecil dan rasanya manis. Selama ini kita jarang memperhatikan kegunaan/manfaat buah kersen (ceri). Sehingga buah ceri kebanyak dibiarkan membusuk, atau malah sering digunakan mainan oleh anak-anak.

http://dangstars.blogspot.com/2014/10/mengobati-asam-urat-dengan-buah-kersen.html

Kersen merupakan salah satu jenis pohon pinggir jalan yang umum sekali dijumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering. Kersen tumbuh sendiri di pekarangan dan sepanjang halaman muka rumah, di tempat yang tak ada pohon lain dapat tumbuh.

Karena masih kurangnya pemanfaatan buah kersen, mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Fakultas MIPA UNY yaitu Nugrahini Dwi dan Maya Istikhomah, meneliti buah kersen untuk mengetahui kandungan gizinya dan berhasil membuat produk olahan kersen berupa sirup sebagai salah satu upaya meningkatkan nilai guna dari buah kersen.

Menurut Nugrahini, ditinjau dari segi kandungan gizinya buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

“Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat,” ungkapnya seraya menambahkan, rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.



Cara Membuat

Maya, menerangkan cara membuat sirup kersen. Bahan-bahannya meliputi buah kersen masak, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, pewarna makanan dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas.

Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3).

Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas dan diberi pewarna agar lebih menarik dan dikemas dalam botol.

“Produk olahan dari kersen ini tidak menggunakan bahan kimia apapun semuanya alami. Oleh karena itu, produk olahan ini lebih sehat daripada produk yang ada di pasaran pada umumnya,” katanya.

Dikemukakan, kebanyakan produk di masyarakat seperti halnya sirup yang telah ada, pada umumnya hanya memberikan rasa dan kesegaran saja saat meminumnya, dan tidak mempunyai kelebihan atau manfaat bagi kesehatan khususnya.

Oleh karena itu produk olahan kersen itu nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk kesehatan tubuh karena terkait dengan khasiat yang dimiliki oleh kersen yaitu dapat mengobati asam urat.

Mengobati Asam Urat dengan Buah Kersen
(sumber : suaramerdeka.com)