Proses Vulkanisir Ban Dingin

Sekedar sedikit pengetahuan bahwa Vulkanisir ban adalah pekerjaan yang sangat harus teliti dan jeli dalam tiap tahapan atau divisi.Setiap divisi satu sama lainnya sangatlah erat hubunganannya dan tentunya berhubungan erat untuk melangkah ke tahapan selanjutnya.

Bicara soal Proses Vulkanisir Ban tentu sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Vulkanisir Ban harus mengikuti SOP atau Standar Operation Prosedure.

Sebab bila sudah sesuai dengan SOP tentunya ban Vulkanisir menjadi alternatif utama bagi pengguna ban yan semakin hari harga ban baru semakin tinggi.
Okelah daripada banyak basa basi entar keburu basi inilah Proses Vulkanisir Ban Masak Dingin yang sesuai dengan Standar Operation Prosedure (SOP) :

1.Pengumpulan Ban



 

2.Divisi Inspection ( Pemeriksaan Ban )

Divisi ini sangat dominan terhadap ban tersebut apakah layak untuk diproses vulkanisir atau tidak.Satu hal lagi divisi ini berhak menentukan ban tersebut layak di proses masak dingin atau masak panas ,masak panaspun ditentukan apakh bisa Hot Atau dialihkan Ke Full.
 

 

3.Divisi Buffing
Divisi ini adalah proses awal dari prosedure vulkanisir dengan membuang lapisan atas permukaan ban hingga menjadi seperti pada gambar agar dapat ditempel karet yang baru.


4.Divisi Skiving ( Grenda Tangan )
Divisi ini adalh membersihkan luka pada ban akibat luka benda tajam atau lainnya,yang bertujuan membentuk nantinya permukaan baru dan memperbaiki luka pada ban.


5.Divisi Repair ( Tambal Ban )
Divisi ini adalh bagian dari jantung vulkanisir karena setiap luka atau lobang baik yang tembus atau tidak tembus harus diperbaiki disini.

 

6.Divisi Cementing ( Pengeleman Ban )
Pengeleman merupakan tahapan berikutnya agar ban dapat dilengketkan dengan bahan lainnya seperti cushion gum.
 

7.Divisi Filling ( Extruder )
Divisi ini merupakan bagian dari proses vulkanisir ban selanjutnya yaitu menutupi luka bagian dari divisi skiving dengan disumbat dengan perfil melalui alat extruder gun.


8.Divisi Cushion Gum ( Pemasangan Gum )
 


9.Divisi Building ( Pemasangan Precured/Karet )
10.Divisi Pemasangan Plastik Kaca
 

 

11.Divisi Pemasangan Envelope


12.Divisi Pemasangan Ban Dalam

 

13.Divisi Pemasangan Velg Dan Ring

 

 


14.Divisi Curing ( Pemasakan Dengan Chamber )

Hal yang terpenting dan benar pada Proses Curing atau masak pada vulkanisir ban  adalah menggunakan chamber pada proses masak bannya.


 

15.Divisi Quality Control ( QC )
Jangan dianggap remeh setelah ban keluar dari chamber hal yang paling utama adalah divisi QC ,sebab divisi ini yang bertanggung jawab apakah ban tersebut layak digunakan atau di tolak .
Hal yang perlu diperhatikan di divisi ini adalah :Ply sparation,lobang atau tambalan,perhatikan bagian linner,crown,shoulder dan side wall jangan sampai ada gembung yang terlewatkan dan hal lainnya.


16.Pengiriman Ke Pelanggan.

Itulah Sebagian Proses Vulkanisir Ban Masak Dingin yang sesuai dengan Standar Operation Prosedure (SOP)

Teriring salam dan Do'a Salam Vulkanisir