Jika Bukan Hemofilia, Mimisan Pada Anak Tidak Akan Berlanjut Hingga Dewasa

http://dangstars.blogspot.com/2014/11/jika-bukan-hemofilia-mimisan-pada-anak-tidak-akan-berlanjut-hingga-dewasa.html
Orang tua tentunya akan merasa panik dan khawatir jika anaknya mengalami mengalami mimisan secara tiba-tiba. Dikhawatirkan kondisi tersebut akan berlanjut hingga anak dewasa dan mengganggu tumbuh kembangnya. Akan tetapi pakar mengatakan bahwa jika bukan karena penyakit kelainan pembekuan darah atau hemofilia, mimisan pada anak tidak akan berlanjut hingga dewasa.

dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SpA dari Siloam Hospital mengatakan bahwa secara genetik, ada sifat orang tua yang terbawa kepada anak. Jika orang tua memiliki dinding pembuluh darah yang rapuh, kemungkikan besar anak juga akan mengalami hal yang sama.

Hal ini menyebabkan anak rentan mengalami mimisan ketika kelelahan akibat terlalu banyak aktivitas. Apalagi jika anak mengidap alergi, gosokan di hidung atau bersin yang terlalu kuat dapat membuat dinding pembuluh darah rentan pecah. Namun ia memastikan bahwa hal ini tidak akan berlanjut hingga anak dewasa.


"Mimisan jenis ini juga tidak akan berlanjut sampai si anak dewasa. Seiring berjalannya waktu, seiring bertambahnya usia si anak, dinding pembuluh darah yang rapuh itu akan menguat dengan sendirinya sehingga mimisan akan berkurang dan bahkan tidak terjadi lagi saat dewasa," tutur dr Melisa ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (5/11/2014).

Dijelaskan dr Melisa bahwa kecuali anak mengidap hemofilia, sering mimisan secara tiba-tiba tidak akan berlanjut hingga dewasa. Namun lain halnya jika anak memang diketahui memiliki hemofilia yang menyebabkan adanya kelainan pada proses pembekuan pada darah.

Gejala umum yang timbul adalah pendarahan di tempat lain selain hidung. Jika anak berdarah ketika sikat gigi dan pendarahan tak kungjung berhenti, patut dicurigai anak mengidap hemofilia. Jika hal ini terjadi, orang tua harus langsung membawa anak ke rumah sakit.

"Nah untuk gejala hemofilia ini harus diobati oleh ahlinya, biasanya dokter akan melakukan screening untuk melihat apa yang menjadi faktor pembekuan darahnya itu," tandasnya.

Jika Bukan Hemofilia, Mimisan Pada Anak Tidak Akan Berlanjut Hingga Dewasa