F-16 Perkuat Pertahanan Udara Sumatera

Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, kini diperkuat Skadron Udara F-16. Pesawat tempur buatan Amerika Serikat ini akan memperkuat teritorial Pulau Sumatera.

"Skadron Udara F-16 akan diperkuat 16 pesawat. Saat ini baru ada lima pesawat yang memperkuat skadron udara F-16," kata Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia saat menghadiri acara Pengoperasian Skadron F-16, di Pekanbaru, Rabu (3/12/2014).

Menurutnya, pesawat F-16 kali ini yang merupakan hibah dari AS berjumlah 24 unit. Sisanya sebanyak delapan pesawat akan memperkuat skadron di Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur.

Dipilihnya Lanud Pekanbaru menjadi basis F-16 karena letaknya sangat strategis. Riau merupakan daerah yang berhadapan langsung dengan dua negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura.

"Pesawat F-16 mempunyai banyak kelebihan. Bisa melakukan penyerangan udara dan darat. Kemampuan pesawat F-16 ini mesti didukung sumber daya manusia yang baik. Riau merupakan daerah yang strategis untuk pertahanan udara," ucapnya.

Lanud Pekanbaru kini memiliki skadron 12 yang diisi pesawat jenis hawk. Dengan adanya pesawat F-16 nanti, Lanud Pekanbaru telah mempunyai dua skadron. Dengan hal ini, Lanud akan naik dari tipe B ke A.