Cara Membedakan Batu Giok Asli dan Palsu

Giok disebut selaku selaku salah satu batu mulia banyak diincar dan juga digemari sebagian masyarakat Indonesia. Selain berguna selaku perhiasan dan juga ornamen, giok juga bermanfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, hal tersebut tidak mungkin berlaku untuk giok palsu sebab giok tersebut tidak lebih dari sekadar aksesori saja. Maka diperlukan cara yang praktis nan jitu untuk dapat Membedakan Batu Giok Asli dan Palsu.


“Cara yang super gampang untuk me-ngetahui mana Batu Giok Asli dan Palsu dapat dilihat dari warna dan juga teksturnya, ” terang Kepala Bidang Pengawasan dan Pembinaan Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Aceh


Menurut Pak Sugeng, giok asli indeks warnanya lebih kuat dan juga tidak berubah-rubah warna baik di bawah matahari maupun di dalam ruangan. Tekstur batu gioknya halus dan berpadu. “Kilaunya lebih-lagi dapat bertahan hingga 10 tahunan. Tetapi giok palsu sebaliknya, ” Kata Pak Sugeng.

Sugeng menambahkan bahwa untuk Membedakan Batu Giok Asli dan Palsu adalah warna giok palsu ketika di bawah sinar matahari nampak hijau, tetapi kalau di bawah sinar dalam ruangan berubah men-jadi hijau gelap ataupun hitam. Teksturnya kurang padu dan juga kilaunya memudar dalam tempo 2 tahunan saja.


Sementara dari segi harga, kata Pak Sugeng, jauh berlainan. Harga Batu Giok asli kelas perhiasan dilepas mulai dari harga dua ratus ribuan sementara giok palsu lumayan hanya lima puluh ribuan saja.

Giok asli, banyak dipasarkan melalui media online, walaupun tidak mempunyai sertifikat keaslian. Namun, batu giok Aceh mendapat kepercayaan dari para pembeli. Sedangkan giok imitasi ataupun tiruan kebanyakan dijual di pasar tradisional ataupun dijajakan oleh pedagang keliling.

Batu Giok palsu ini umumnya dipasok dari Medan dan Malaysia, sementara kalau giok asal Aceh tidak ada yang palsu sebab warga Aceh yang bergelut di business ini tidak mau terima yang palsu lantaran ongkos tempahnya lebih mahal ketimbang harga jual.


Diakuinya bahwa memang banyak warga masyarakat indonesia yang tidak dapat Membedakan Batu Giok Asli dan Palsu, sehingga mereka dengan mudah tertipu. Jadi, batu giok palsu tersebut mereka miliki bukanlah sebab mereka suka giok tiruan, melainkan sebab biasanya tertipu. “Sementara harga jual kembali giok asli tidak ada standard sebab kebanyakan orang membelinya untuk koleksi pribadi guna dipakai sehari-hari, ” Ujarnya.