Kreatif di Tempat Kerja

KREATIF DI TEMPAT KERJA

Bagaimana menjadi kreatif di tempat kerja?

o Brainstorming. 

Tujuan brainstorming atau curah gagasan adalah untuk mengembangkan sebanyak mungkin gagasan – bukan untuk mengkritik, menganalisis atau membahas gagasan-gagasan itu atau bahkan mengambil keputusan tentang gagasan-gagasan tersebut. 

Buatlah sebuah bagan dan tuliskan daftar sebanyak mungkin pada satu topik tertentu. Beberapa dari gagasan itu barangkali akan terdengar menggelikan, tapi gagasan apa saja boleh ditulis di atas bagan itu. Prinsip psikologis yang melatarbelakangi brainstorming disebut pemicuan. Setiap gagasan awal, tidak perduli betapa konyol kedengarannya, bisa memicu sebuah gagasan yang rasional.

o Kupas sampai tuntas. 

Hampir semua orang menganggap bahwa untuk bisa bersikap kreatif, anda harus menciptakan sesuatu yang sama sekali baru. Tapi anda juga bisa sama kreatifnya dengan cara menyinkirkan semua hal yang tidak diperlukan. Dengan menyingkirkan hal-hal yang dianggap mubadzir, anda bisa mengembangkan proses-proses dan cara-cara dalam melakukan segalanya.

o Modifikasikan yang telah ada. 

Dengan memodifikasi hal-hal yang telah anda miliki, anda bisa menghasilkan sesuatu yang baru, yang berbeda dan barangkali sesuatu dengan lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, anda juga akan mendapatkan hal dengan cara mengamati hal-hal di sekeliling anda. Jika anda mengadapsi apa yang anda lihat dalam satu kontes kehidupann anda, barangkali anda akan mampu memecahkan suatu masalah yang anda hadapi dalam situasi lainnya.

o Berpikir lateral. 

Seringkali ketika anda menghadapi suatu problem, anda melihatnya dengan menggunakann logika anda – dan itu bagus. Namun, apa yang logis barangkali bukanlah satu-satu pendekatan dalam melihat suatu problem. Yang anda hadapi tidaklah tersedia di depan anda, tapi bisa ditemukan dengan cara melihat problem itu dari perspektif yang berbeda.

“inisiatif membuat perbedaan antara “robot yang bekerja” dengan “orang yang bekerja.”
“inisiatif selalu tampil di depan dan tidak pernah menyerahkan tidak perduli apa yang dilakukan orang lain.

KUATKAN DIRI ANDA: tidak ada di dunia ini yang akan bisa menggantikan ketekunan.

JANGAN MENGANDLAKAN BAKAT: tidak ada yang lebih mengherankan di dunia ini dibandingkan kesuksesan yang tidak pernah diraihh oleh mereka yang dianugerahi bakat.

JANGAN MENGANDALKAN KEPINTARAN: orang jenius yang tidak pernah mendapatkan kesuksesan hampir tidak beda peribahasa.

JANGAN MENGANDALKAN IJAZAH: dunia ini penuhdengan gelandangan yang berpendidikan . ketekunan dan determinasi adalah kunci keberhasilan.

Langkah dalam meningkatkan kreativitas:

o Pertahankan pola pikir terbuka.
o Selalu ambil hikmah dari kesalahan anda.
o Selalu ingin tahu (barangkali terlalu kekanak-kanakan).
o Terus bertanya mengapa – sekalipun anda terkesan bodoh.
o Selalu hindari pekerjaan yang mubadzir.
o Pahami maksud di balik kata-kata.
o Pertahankan sikap sinisme terhadap segala sesuatu yang terkesan terlalu “berorientasi pada jargon atau gaya pengungkapan” dan yang tidak memiliki basis realitas yang kuat.