10 Merek Mobil Paling `Di-Googling`, Siapa Paling Top ?

Google harus diakui sudah menjadi kamus berjalan paling sering dipakai pengguna internet. Apapun pertanyaan Anda kemungkinan besar bisa ditemukan jawabannya di dalam mesin pencari raksasa ini.

Untuk memudahkan pengguna, setiap bulan Google bahkan membuat kompilasi daftar istilah paling dicari di situsnya. Pada akhir tahun, perusahaan asal Negeri Paman Sam ini merilis daftar istilah paling dicari untuk seluruh tahun.

Istilah yang dicari pun bisa dipakai dalam berbagai kategori, misalnya makanan, mobil, musik dan banyak lagi.

Mengutip laman therichest dan dream, Minggu, 1 Maret 2015, berikut adalah daftar sepuluh produsen mobil yang paling dicari melalui Google untuk 2014. Selain hanya membuat peringkat, daftar ini juga mengungkap alasan mengapa pabrikan mobil tersebut banyak dicari.

10. Tesla Motors

Seperti namanya, Tesla Motors adalah produsen mobil bertenaga listrik. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 oleh Martin Eberhard, Elon Musk, Marc Tarpenning, JB Straubel, dan Ian Wright. Para pendiri memutuskan untuk menamai perusahaan menggunakan Nikola Tesla, penemu terkenal dari tahun 1800-an. Hal ini karena perusahaan mendasarkan desain mesinnya pada motor listrik yang didesain Tesla pada 1882.

Tesla mendapat perhatian di seluruh dunia ketika merilis Tesla Roadster, mobil sport pertama di dunia yang semua tenaganya dihasilkan listrik. Perusahaan ini dicintai dan dibenci di media. Tesla dicintai karena upayanya memproduksi mobil ramah lingkungan dan inovasi di pasar bahan bakar alternatif. Namun, Tesla menuai banyak kritik karena ketidakmampuan perusahaan untuk memenuhi sejumlah target fantastis. Salah satunya ketika Tesla Motors berjanji akan membangun stasiun pengisi bahan bakar listrik di seluruh Amerika Serikat pada 2014.


9. BMW

BMW merupakan bagian dari kelompok pabrikan mobil pilihan yang dikenal sebagai 'Tiga Besar Jerman'. Perusahaan ini berkantor pusat di Munich, Bavaria dan merupakan salah satu dari tiga pembuat mobil mewah terlaris di dunia bersama dengan perusahaan Jerman Audi dan Mercedes-Benz.

BMW didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp, Karl Rapp, dan Camillo Castiglioni. Telah lama dipandang sebagai salah satu perusahaan terbaik di dunia. Pada tahun 2012, majalah Forbes menobatkan BMW 'Perusahaan Terkemuka di Dunia'.

Hal ini disebabkan tingkat kepuasan pelanggan dan kecenderungan memproduksi mobil untuk pelanggan masa depan.


8. Nissan

Nissan didirikan pada tahun 1933 oleh Masujiro Hashimoto, Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, Meitaro Takeuchi, Yoshiuke Aikawa, dan William R. Gorham.

Pabrikan mobil Jepang ini bermarkas di Nishi-ku, Yokohama, Jepang. Pada tahun 1999, Nissan bergabung dengan produsen mobil Perancis Renault untuk membentuk Renault-Nissan Alliance.

Empat mobil berbeda merek dipasarkan di bawah Nissan: Nissan, Infinity, Datsun, dan NISMO atau Nissan Motorsport International Limited. Pada 2013, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk merilis mobil driverless pada tahun 2020.
7. Honda

Honda berkantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1946 oleh Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Honda lebih banyak memproduksi mesin pembakaran internal dari produsen lain di dunia, rata-rata 14 juta unit per tahun.

Selain memproduksi dan menjual mobil, Honda juga produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959. Perusahaan ini juga memproduksi peralatan bermotor untuk kebutuhan lansekap dan perawatan kebun yang dijual kepada kedua perusahaan komersial dan konsumen pribadi.

Tidak hanya itu, Honda adalah produsen pesawat, ATV, sepeda gunung, sel surya, dan bahkan robot. Honda juga merupakan salah satu manufaktur terkemuka di dunia dan peneliti sumber energi alternatif.







6. Subaru

Subaru adalah anak perusahaan transportasi Jepang Fuji Heavy Industries (FHI). FHI didirikan pada tahun 1953 oleh Kenji Kita dan memproduksi Subaru pertama tahun berikutnya. Perusahaan ini bermarkas di Ebisu, Tokyo, Jepang. Subaru secara luas dikenal karena desainnya yang inovasi. Subaru adalah perusahaan pertama yang menggunakan sistem all-wheel drive simetris. Sistem ini memungkinkan mobil Subaru memiliki distribusi berat yang sama.

Subaru juga diakui secara luas untuk penggunaan mesin boxer. Mesin boxer adalah mesin yang menggabungkan piston yang ditempatkan secara horisontal. Selain desain yang inovatif, Subaru juga banyak diakui sebagai salah satu manufaktur mobil yang paling ramah lingkungan.

Pada tahun 2006, Subaru menjadi perusahaan pertama di Amerika Serikat yang memiliki pabrik yang juga dianggap sebagai habitat satwa liar oleh United States Environmental Protection Agency.



5. General Motors

General Motors adalah konglomerasi dari 13 merek berbeda yang memasarkan produknya di 37 negara di seluruh dunia. Perusahaan Detroit, Michigan ini didirikan pada tahun 1908 oleh William C. Durant, Charles Stewart Mott, dan Frederic L. Smith.

Dari tahun 1931 sampai 2007, GM memimpin semua produsen mobil dalam penjualan setiap tahun. Sayangnya bagi perusahaan, banyak dari mereka yang menggunakan mesin pencari mencari informasi tentang GM tidak bermaksud ingin membeli salah satu produk mereka.

Pada bulan April 2014, perusahaan mendapat kecaman karena tuduhan bahwa mereka telah sengaja memasang sistem pengapian rusak di kendaraan mereka sejak 1997. Mobil-mobil tidak ditarik dan diyakini telah menyebabkan kematian sedikitnya 13 orang. Berita ini telah sangat melukai raksasa otomotif. Penjualan turun untuk tahun ini dan perusahaan harus menarik sekitar 28 juta mobil di seluruh dunia.

4. Toyota

Toyota adalah produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan produksi. Toyota adalah perusahaan pertama yang pernah memproduksi lebih dari 10 juta mobil dalam satu tahun.

Pada tahun 2014, Toyota menduduki peringkat ke-12 sebagai perusahaan dengan produksi tertinggi di dunia. Toyota didirikan pada tahun 1937 oleh Kiichiro Toyoda dan berbasis di Toyota, Aichi, Jepang.

Pada bulan Juli 2014, Toyota menjadi perusahaan terbesar di Jepang berdasarkan kapitalisasi pasar. Ini adalah salah satu produsen terbesar di dunia mobil listrik hybrid. Pada tahun 1997 Toyota memperkenalkan Prius yang telah menjadi penjualan hybrid terbaik di dunia.

3. Dodge

Dodge bermarkas di Auburn Hills, Michigan. Perusahaan ini didirikan oleh Dodge Bersaudara, Horace Elgin dan John Francis, pada tahun 1900.

Sekarang Dodge menjadi sub-divisi Fiat-Chrysler. Sejak Chrysler membeli perusahaan pada tahun 2006 sampai 2013, Dodge mengoperasikan tiga divisi terpisah: Dodge, Ram, dan SRT Viper, yang terakhir yang kembali bergabung dengan Dodge pada tahun 2014.

Dodge telah menjadi pemimpin dalam kebangkitan muscle car modern. Dodge pertama kali merilis muscle car bermesin Viper V-10 pada tahun 1992, yang dianggap sebagai muscle car pertama Amerika sejak awal 1970-an.

Kemudian pada tahun 2006 Dodge merilis ulang Charger, yang kemudian dilanjutkan dengan merilis Challenger pada tahun 2008. Menurut majalah Forbes, Challenger adalah mobil tercepat di bawah US$ 50.000 saat ini. Akhirnya pada tahun 2013, perusahaan kembali merilis Dodge Dart sebagai model entry-level untuk lineup muscle car generasi baru.

2.. Jeep

Jeep adalah ikon Amerika. Mobil ini menjalani debut pada tahun 1941 sebagai Willy's Jeepster dan pada awalnya diproduksi secara ketat untuk digunakan oleh militer Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Namun dengan cepat memperoleh permintaan di pasar sipil. Pada tahun 1945, Jeep pertama diproduksi untuk warga sipil. Untuk waktu yang lama perusahaan itu dimiliki oleh American Motor Corporation. AMC dibeli oleh Chrysler pada tahun 1987 yang mulai memproduksi model andalan perusahaan: Jeep Wrangler.

Saat ini Jeep memproduksi hanya lima model selain dari Wrangler: the Renegade, Patriot, Kompas, Cherokee dan Grand Cherokee. Jip masih dianggap sebagai kendaraan terbaik untuk semua tujuan medan. Hal ini karena mereka menggunakan solid axels di depan dan belakang. Jeep juga sangat populer karena mereka memegang nilai mereka dengan sangat baik.

1. Ford

Ford adalah ikon Amerika untuk dunia permobilan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1903 oleh Henry Ford. Nomor dua setelah General Motors, Ford adalah merek mobil AS terbaik dalam sejarah dan telah menjadi merek Amerika terlaris selama lima tahun terakhir berturut-turut.

Ford menjual lebih banyak mobil pada tahun 2014 dibandingkan tahun lain dalam sejarahnya. Ford F Series adalah truk tercepat yang terjual untuk tahun ini, Fusion memecahkan rekor penjualan tahunannya, dan penjualan Mustang melonjak 66 persen. Baru-baru ini, Ford Motor Company disebut 'perusahaan industri yang paling penting dalam sejarah Amerika Serikat' oleh majalah Forbes.