Cara Mengatasi Kekurangan Ide Menerbitkan Artikel di Blog

Ada 10 topik ketika kehabisan ide topik blog atau artikel bagi anda yang mungkin salah satunya cocok bagi anda. 
Helo gimana Anda merasa kehabisan ide untuk menerbitkan sebuah Artikel di Blog? Itu Mah, hal yang sangat wajar. Salah satu hambatan dalam menulis memang sepertinya adalah masalah ide. Seandainyas kita  tidak tahu harus menulis apa.
Sebenarnya ada beragam cara yang dapat dilakukan agar anda kembali bisa menulis seperti biasa.

Cara Mengatasi Kekurangan Ide Menerbitkan Artikel Blog
Nyalakan saja pc anda dan kita akan mulai menulis. Oke?

Baik, bila pc sudah menyala, kini saatnya mencari ide tulisan. Gak usah pakai nongkrong di jembatan atau semedi di bawah pohon cabe. Ikuti saja salah satu cara atau tips di bawah ini. 

Oh ya, tentu saja ide tulisan ini sebaiknya berhubungan dengan tema (topik) di dalam blog.
Mudah-mudahan berhasil.

Baca Ulang Beberapa Posting (Artikel) Anda Sendiri
Ini adalah cara terbaik menurut saya, karena dengan demikian ide tulisan murni dari blog-nya sendiri.
Bacalah salah satu artikel yang di rasa cukup menarik. 

Perhatikan lagi setiap paragraf yang telah anda publikasikan. Pasti Anda akan merasa adanya kekurangan pada artikel atau posting itu. Kekurangan di sini maksudnya adalah, ada “sesuatu” yang kelupaan atau terlewatkan untuk dituliskan. Ini biasa terjadi karena kadang-kadang kita membuat artikel itu secara cepat. 

Catat “sesuatu” itu di selembar kertas atau langsung ketikkan di komputernya . “Sesuatu” itu kemudian dapat dikembangkan menjadi bahasan baru untuk artikelnya . Selain idenya murni dan orisinil, kita juga semakin mempertajam pembahasan artikel sebelumnya pada artikel baru yang akan dibuat. Dua buah artikel yang saling berhubungan dan saling melengkapi. Sepertinya, tidak ada lagi yang lebih bagus dari hal semacam ini bukan?


Baca Dan Pahami Komentar-Komentar Sahabat Blogger atau Pembaca Yang Masuk Ke Blog Anda
Seringkali diskusi pada komentar-komentar artikel di blognya  dapat dijadikan bahan untuk menulis. Perhatikan komentar-komentar tersebut, barangkali ada di antaranya yang menyarankan sesuatu yang “baru” yang belum pernah disebut pada artikel anda yang dikomentari itu. Atau bahkan komentar-komentar yang berbau kritik pun bagus untuk dijadikan ide tulisan. Sama seperti tips sebelumnya, Anda akan dapat membuat tulisan yang terkait erat dengan artikel sebelumnya (yang dikomentari tersebut). Ini tentu akan menambah tajam dan dalam pembahasan anda tentang topik tersebut.


Membaca Artikel Sahabat Blogger
Ketika menyambangi dan membaca, lalu berkomentar di blog sahabat anda, dapat memetik poin-poin penting yang menarik. 

Kadangkala muncul pemikiran: “Ah, saya bisa bikin artikel yang lebih lengkap tentang ini.” Atau mungkin juga Anda punya pendapat sendiri yang agak berbeda dengan artikel sahabat itu. 

Nah, kenapa tidak dituliskan saja pendapat itu sehingga menjadi sebuah artikel baru yang menarik? Karena itu, sebelum berkomentar pada blog sahabat anda, biasakanlah untuk membaca tuntas dan memahami apa yang sedang dibicarakan dalam artikel itu, lalu mengolahnya dalam pemikiran anda untuk memicu bagaimana pendapat Anda sendiri tentang hal tersebut.


Buka Kamus dan Pilih Kata Secara Acak
Ini mungkin salah satu cara menulis kreatif yang cukup ampuh bila anda kehabisan ide dan mengalami hambatan dalam menulis. 

Syaratnya, sebelum mulai anda harus berkomitmen bahwa anda akan menyelesaikan “tugas menulis” anda hingga selesai dan menjadi sebuah posting atau artikel untuk blog anda.

Caranya gampang, tentukan dulu tema utama anda, misalnya tentang kesehatan, blogging, bisnis online, atau apa saja sesuai isi blognya Anda. 

Kemudian bukalah sebuah buku atau kamus. 
Buka saja halaman kamus atau buku itu secara acak, lalu pilihlah satu kata atau dua kata yang kira-kira dapat membentuk hubungan dengan tema utama tulisan anda. 

Misalnya begini, Anda punya tema utama kesehatan, lalu buka kamus secara acak pada halaman tertentu, dan pilih kata tertentu misalnya “keringat” atau “kering” atau “keras”. Nah, tulis di selembar kertas putih kata “kesehatan” dan “kering”. 

Selanjutnya tambahkan lagi (dengan berpikir bebas), kata-kata lain yang berhubungan. Misalnya saja anda mungkin akan menemukan kata-kata lain yang berhubungan sehingga menjadi kumpulan kata-kata yang dapat dibentuk menjadi sebuah artikel (posting) komplit untuk blognya Anda.


Ide Tulisan dari Melihat-Lihat Gambar
Saya suka sekali dengan gambar-gambar unik. Anda juga bukan? 
Nah, ketika kehabisan ide, kita dapat browsing gambar-gambar sesuai tema blognyaAnda. Mulailah mungkin mencari di google image, atau dapat juga situs-situs lain seperti flickr dan freeimage. 

Dengan memandang gambar-gambar unik, seringkali muncul ide-ide baru yang segar di kepala. Jika dear blogger tidak cukup pengetahuan untuk pembahasan tema itu, tinggal browsing saja untuk mencari tambahan informasi.



Jika anda masih bingung ketika anda ingin membuat suatu artikel blog atau anda kehabisan ide topik blog atau artikel ? 
Atau anda masih newbie di dunia blogging, bingung memulai blogging dari mana? 
 
Cara terbaik untuk menentukan topik ketika kehabisan ide topik blog atau artikel atau juga masih baru di dunia blogging adalah anda harus tahu passion anda.
 
Passion itu adalah hobi atau apa sesuatu yang anda suka.Passion tersebut anda tuangkan di suatu artikel. Passion atau hobi setiap blogger berbeda-beda. Nah hal ini penting agar mencegah plagiat atau copas dari blog lain. Google tidak suka dengan copas. Jadi, jangan salahkan blog anda nanti ketika blog atau website anda dianggap spam karena mengambil artikel blog orang lain mentah-mentah
 
Itu cara mudahnya. 
Untuk cara sulitnya adalah, anda harus riset kata kunci yang populer. Keyword atau kunci yang populer bisa anda temukan di Google Trends. Pada menu Keyword Planner, anda bisa cari kata kunci yang relevan untuk anda tulis di blog atau artikel anda. 

Anda setidaknya membutuhkan waktu untuk menganalisa kata kunci mana yang banyak dicari. Namun terkadang ada juga blogger yang masih baru, walaupun dia tahu topiknya namun bingung apa yang harus ditulis. Nah sebaiknya anda harus banyak membaca karena mungkin saja wawasan anda kurang.

Bukan maksud menjudge seseorang kurang wawasan, namun sebaiknya kita juga harus belajar apa essensial dari menulis blog.

Jika anda masih bingung memilih topik blog, disini ada beberapa opsi atau pilihan bagi anda untuk menentukan topik ketika kehabisan ide topik blog atau artikel baru bagi anda. 

Ada 10 topik ketika kehabisan ide topik blog atau artikel bagi anda yang mungkin salah satunya cocok bagi anda. Anda bisa memilih salah satu topik ini ketika anda stuck atau kehabisan ide topik blog atau artikel dan tinggal mengembangkannya.

1. Review Product

Buat topik blog atau artikel tentang review product. Orang-orang saat ini suka apabila ada suatu blog atau website yang mereview atau mengulas tentang suatu produk semisalnya smartphone atau gadget. Mengapa anda tidak membuat suatu review atau ulasan mengenai suatu produk. 

Apabila anda hobi tentang smartphone atau gadget, anda buat suatu review tentang gadget atau smartphone. Review tersebut bisa berdasarkan pengalaman anda atau opini dari sumber lain.

Untuk judul, anda harus sesuaikan dengan produk yang akan direview.

Misalnya :
  • Mengapa saya menggunakan smartphone_____
  • Mengapa saya tidak menggunakan gadget_____
  • Review tentang_____, kelebihan dan kekurangan smartphone____

2. Review Website

Buat topik blog atau artikel tentang review website. Anda juga bisa mengulas atau mereview website yang menarik bagi anda. Anda bisa share opini anda tentang website tersebut. Apa kelebihan dan kekurangannya?. Mengapa harus memilih website tersebut ?. Tulis opini tentang website yang sesuai dengan judul artikel atau blog anda.

Misalnya :
  • Mengapa saya memilih website ____.com
  • Mengapa saya tidak mengunjungi situs ____.com
  • Mengapa situs ___.com sangat populer pada saat ini
3. Review Software atau Tool yang anda Gunakan

Buat topik blog atau artikel tentang review software. Orang-orang sangat senang ketika ada informasi tentang ulasan atau review tentang software atau tool yang mereka gunakan. Nah sebaiknya anda ambil kesempatan ini, buat suatu topik blog atau artikel yang mengulas tentang software atau tool yang digunakan atau yang lagi ngetrend saat ini.

Misalnya :
  • Mengapa saya memilih software ___ dibandingkan dengan software ___
  • Apa kelebihan software ___ dibandingkan dengan software lain
  • Tool yang cocok untuk ___ dengan cara cepat
4. Bicara tentang kesalahan yang pernah anda buat
Buat topik blog atau artikel tentang anda. Maksudnya disini adalah jika anda masih baru di dunia bisnis online,buat suatu cerita tentang bisnis online yang anda geluti. Bagaimana progressnya dan apa hal-hal yang harus dihindari. Disini anda berbagi informasi tentang pengalaman anda dan pengunjung blog anda tentunya sangat senang karena mendapat ilmu dari pengalamana anda yang pernah di alami.

Misalnya :
  • 5 Kesalahan besar Yang Saya Buat di Bisnis Online
  • Hal Dasar Ketika memulai bisnis online
  • Cara mudah memulai bisnis online tanpa mengeluarkan biaya

5. Review tentang Top List

Buat topik blog atau artikel tentang review top list. Setiap orang suka tentang top list, apapun itu. Jadi buat ide tentang top list apa saja dan sebaiknya yang belum pernah anda dengar. Bisa tentang produk, jasa, atau sesuatu hal yang unik.

Misalnya :
  • 10 Daftar Musik Terbaik dari 2007 – 2014
  • 20 Software Cleaner Terbaik 2014
  • 20 Blogger Yang Menghasilkan Uang Terbanyak dari Internet

6. Buat Case Study

Buat topik blog atau artikel tentang case study. Buat case study tentang siapa saja, bisa dari orang-orang terkenal atau artis. Jangan takut untuk salah, karena itu merupakan proses dari belajar untuk menulis dengan baik.

Misalnya :
  • Bagaimana Cara Adryan Fitra Memperoleh Penghasilan 1 Milyar dari Bisnis Internet
  • Bagaimana Teknik SEO ala Yoast
  • Rahasia Sukses Pemilik Wal-Mart Stores

7. Buat Interview / Wawancara

Buat topik blog atau artikel interview tentang orang berhasil. Menginterview orang merupakan cara yang bagus untuk mengisi konten blog anda. Anda bisa melakukan ini dengan cara mengirim email kepada orang yang ingin anda interview. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan dan menunggu jawaban dari pertanyaan tersebut. 

Orang yang anda interview mungkin merasa dia lebih dihargai dan tentunya anda pasti memperoleh jawaban atas pertanyaan yang anda ajukan melalui email tadi. Bisa saja anda menginterview orang-orang penting untuk mendapatkan topik artikel atau blog anda

Misalnya :
  • Hasil Wawancara dengan Ignasius Jonan, Langkah Pertama Memimpin Adalah Memberi Contoh
  • Hasil Wawancara dengan CEO Tata Motors, Menjadikan Indonesia Pasar Kedua Setelah India
  • Hasil Wawancara Bos Standart Chartered Indonesia : Jurus Kepemimpinan ala Tom Aaker

8. Gunakan rumus ” Cara___ dalam waktu ___ hari/bulan/tahun”

Mungkin ini rumus yang mudah untuk topik artikel anda. Jika anda masih merasa kesulitan dengan point 1-8, maka gunakan rumus ini di judul artikel anda

Misalnya :
  • Cara cepat menghasilkan uang dalam 1 tahun dari bisnis internet
  • Cara melangsingkan badan dengan sehat dalam waktu 20 hari
  • Cara menghasilkan uang dari internet dalam waktu 4 bulan dari komunitas online

9. Buat perbandingan antara x dan y

Kita bisa membuat topik blog ata artikel tentang produk atau sesuatu yang persis sama. Kemudian kita buat comparasi atau perbandingan dari kedua produk tersebut. Kita bisa buat perbandingan berdasarkan fitur yang dimiliki oleh masing-masing produk

Misalnya :
  • Mengapa X lebih baik dari Y
  • X vs Y. Siapa yang lebih unggul ?
  • Apa kelebihan dan kekurangan antara X dan Y

10. Perkenalkan diri anda

Mungkin ada pengunjung blog yang membaca artikel anda, tertarik untuk mengenali diri anda. Nah sebaiknya anda buat suatu positingan tentang diri anda. Anda bisa share informasi tentang anda baik dari pekerjaan anda, kegiatan anda atau bisnis anda

Misalnya :
  • Bagaimana saya memperoleh 100$ pertama dari Google Adsense
  • Program kesehatan yang saya jalani selama bulan ini.
  • Komunitas online yang saat ini saya jalani