Rahasia Cara Kerja Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google hampir dipakai oleh seluruh pengguna internet di dunia untuk mencari informasi yang diinginkan. Tapi apakah anda tahu bagaimana rahasia cara kerja mesin pencari Google sehingga menampilkan ribuah halaman dari situs diseluruh dunia yang relevan dengan apa yang kita cari. Penelusuran yang terjadi dalam sekejap bisa sampai miliaran kali. 

Berdasarkan sumbernya dari Google, Rahasia Cara kerja mesin pencari Google terdiri dari 3 konsep utama :

1. Crawling dan Indexing

Mencari Informasi dengan Crawling(Perayapan).

Crawling disebut juga perayapan. 


Ketika anda mencari suatu kata, sebelum anda menekan tombol penelusuran Google, maka proses query telah dimulai dengan melakukan proses perayapan dan pengindexan jutaan situs dan dokumen di seluruh dunia. Google memiliki perayap yang bernama “GoogleBot“. 

Proses perayapan oleh GoogleBot dimulai ketika anda mendaftarkan alamat web anda ke sitemap webmaster Google. Setelah GoogleBot mengunjungi situs utama halaman anda, maka selanjutnya GoogleBot akan mengunjungi halaman web anda lainnya. GoogleBot setiap hari akan mengunjungi situs anda untuk memastikan apakah web anda tetap aktif atau tidak.

Mengatur Informasi dengan Indexing (Pengindeksan).  

Google pada dasarnya mengumpulkan setiap situs yang dirayapnya lalu membuat indeks.Jadi ibarat buku, Google akan mengindeks setiap kata yang ada di situs tersebut dan mengaturnya. Saat anda menelusuri suatu kata, algoritma Google akan mencari istilah kata tersebut yang ada di indeks dan menampilkannya. 

Kata tidak hanya ditampilkan dalam bentuk teks saja melainka dalam bentuk gambar atau video. Selain itu, sistem indexing Google juga mencatat kapan suatu posting dari halaman situs dipublikasikan. Artinya, informasi yang akan ditampikan cukup detail.

2. Algoritma Google

Algoritma Google adalah program komputer yang dirancang Google untuk mencari petunjuk agar tepat dengan hasil yang kita inginkan. Algoritma Google adalah proses dan formula komputer yang akan menampilkan jawaban yang sesuai dengan anda. Karena untuk mencari suatu kata, halaman web yang ditampilkan bisa ribuan bahkan jutaan dan ini tentunya harus ada program khusus untum menampilkan sesuai yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya tentang Algoritma Google, anda dapat mengunjungi Disini.

3. Memerangi Spam

Bukan hanya situs aktif saja yang dibuat, melainkan situs spam juga dibuat dan terindeks di Google. Hal ini tentunya tidak baik karena akan membuang waktu ketika akan mengunjungi suatu halaman situs yang isinya hanya spam atau kosong. 

Jadi Google juga memerangi spam dengan kombinasi algoritma komputer dan tinjauan manual. Umumnya situs spam berusaha ingin berada pada halaman 1 Google melalui teknik kata kunci yang berulang-ulang termasuk membuar backlink. 


Hal ini tentunya tidak baik karena situs yang relevan dengan kata kunci yang dicari berada pada posisi dibawah dan situs spam pada posisi di atas. Dengan kombinasi algoritma Google, maka dapat mendeteksi spam dan membuar situs yang relevan pada posisi teratas. Kemudian situs spam yang sudah pindah keposisi di bawah tadi

akan ditinjau bahkan dihapus. Untuk lebih jelasnya memahami cara kerja Google memerangin spam, anda bisa baca artikelnya dari Google Disini.


Berikut beberapa konsep rahasia cara kerja mesin pencari Google. Agar situs anda berada pada posisi puncak, pastikan anda GoogleBot merayapi dan mengindeks situs anda. 

Selain itu, dari sisi situs juga pastikan agar support SEO sehingga mesin pencari akan menyesuaikan kata kunci yang anda masukkan melalui SEO tadi.
Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.