Hari Ini, Gerhana Bulan di Wilayah Barat Dapat Disaksikan Pukul 19.03

Malam Ini, Umat Islam Diimbau Shalat Khusuf

Hari Ini  04 April 2015 Diperkirakan Seluruh Indonesia Bisa Menyaksikan Gerhana 'Blood Moon'
Warga Indonesia yang berada di bagian barat, (4/4) tepat pada pukul 19.03 WIB, dapat melihat gerhana bulan secara total.

"Puncak gerhana umbra 3 pada pukul 19.03 WIB," kata Kepala Observatorium Bosscha, Mahasena Putra, melalui pesan singkatnya kepada ROL, Jumat (3/4).

Seno, sapaan akrab Mahasena, menjelaskan, esok hari, bulan akan masuk ke penumbra (bayangan yang agak terang), pada pukul 16.01 WIB. Kemudian, masuk ke umbra (bayangan yang gelap), pada pukul 17.16 WIB.

Dalam kondisi itu, bulan berada di tengah umbra yakni pada pukul 19.03 WIB. Lalu, keluar dari umbra itu pada pukul 20.45 WIB. "Keluar penumbra pada pukul 21.49 WIB," tutur dia.

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Jamaluddin mengatakan gerhana bulan yang akan terjadi pada Sabtu (4/4) besok, bisa disaksikan secara jelas di seluruh wilayah Indonesia.

"Bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Prinsipnya seluruh dunia yang menyaksikan purnama pada saat terjadi gerhana itu," ujar Thomas saat dihubungi Republika, Jumat (3/4).

Dia menjelaskan wilayah tengah dan timur Indonesia bisa mengamati seluruh proses gerhana bulan total atau yang sering disebut blood moon.
Sedangkan untuk wilayah Barat Indonesia menurut Thomas awal gerhana tidak teramati karena bulan belum terbit, tetapi pada fase gerhana bulan total bisa teramati.

Thomas menjelaskan di wilayah barat Indonesia gerhana bulan tersebut akan biasa teramati sejak magrib. Menurutnya gerhana bulan yang terjadi nanti tidak banyak berbeda dengan gerhana bulan sebelum-sebelumnya.

Pada Sabtu (4/4) 2015 akan terjadi gerhana bulan. Gerhana tersebut akan berlangsung mualai pukul 17.16 sampai 20. 45. Thomas menjelaskan bagi wilayah yang mengalami bulan purnama pada rentang waktu tersebut maka akan terjadi gerhana bulan.


Halaman: 1 2