Sinabung Kembali Meletus, BNPB Belum Terima Info Mutakhir

Badan Nasional Penanggulangan Bencana belum menerima data mutakhir terkait meletusnya kembali Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Senin (1/4) petang tadi. Letusan gunung merapi ini pun mengundang perhatian masyarakat di kabupaten Tanah Karo yang berada di sekitar kawasan Sinabung.

"Belum, belum ada laporan soal updatenya," kata Kepala Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada CNN Indonesia, (1/4) malam.


Dikabarkan Kantor Berita Antara kondisi terkini dari Bukit Gundaling, Karo, Sumatra Utara, melaporkan Gunung Sinabung kembali meletus dengan sedikitnya tiga kali terjadi erupsi. Gunung Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatra Utara dan menjadi puncak tertinggi di provinsi itu.

Erupsi itu tidak merenggut korban jiwa karena sejak awal meletusnya Sinabung, radius tiga kilometer telas disterilkan. Diharapkan, letusan tersebut tidak mencapai desa terdekat dengan radius lima kilometer

Seperti yang diketahui, gunung aktif ini pertama meletus sekitar bulan Agustus 2010 lalu. Terhitung sejak letusan itu, gunung merapi yang memiliki ketinggian sekitar 2.500 meter itu, aktivitasnya berlanjut sampai bulan April 2015.