Harga Samsung Galaxy J1 Ace vs Xiaomi Redmi 2, Spesifikasi dan Perbandingan


Samsung Galaxy J1 Ace, generasi ponsel terbaru dari lini handset Samsung Galaxy J series sekaligus versi upgrade dan penerus Samsung Galaxy J1. Ponsel ini memang masih belum tersedia dan belum hadir di Indonesia, namun sebagaimana yang terjadi dengan Samsung Galaxy J1 sebelumnya, tidak mustahil juga jika nantinya Samsung Galaxy J1 Ace ini juga bersaing di pasar gadget Indonesia.

Dan jika hal tersebut terjadi, maka diakui atau tidak ponsel mid-range ini harus siap bersaing dengan sejumlah lawan yang tentunya takkan mudah ditumbangkan. Sebut saja Xiaomi Redmi 2, smartphone yang juga dirilis belum lama ini oleh Xiaomi dan hadir dengan harga yang juga tidak jaug berbeda dengan harga Samsung Galaxy J1 Ace. Selain itu, diakui atau tidak ponsel Xiaomi Redmi 2 juga menawarkan spesifikasi yang terbilang lebih mempuni dibanding dengan Galaxy J1 Ace. Hal ini jelas merupakan hambatan besar bagi Galaxy J1 Ace jika ingin bersaing di Indonesia, dan mau tidak mau, mereka harus penuh persiapan.


Samsung Galaxy J1 Ace Full

Pertama kita bahas dulu handset Samsung Galaxy J1 Ace. Ponsel ini hadir dengan membawa serta layar Super AMOLED. Panel layar kebanggaan Samsung yang mereka kembangkan sendiri dan memiliki tempat tersendiri di pasar smartphone, seolah layar ini bagaikan barang langka yang memang berharga. Eksklusifitas disini memang dimenangkan oleh Samsung Galaxy J1 Ace. Namun sayang, panel layar tersebut hanya memiliki resilusi WVGA 800 x 480 piksel saja, dan kepadatan layar brukuran 4,3 inci ini hanya mencapai 217 ppi saja.

Selanjutnya, untuk dapur pacu ponsel ini mengandalkan chipset Spreadtrum Pike yang mengandalkan CPU dual-core 1,3 GHz Cortex-A7 dengan dukungan GPU Mali 400 sebagai pengolah grafis utamanya. Ponsel ini sendiri dibekali dengan memori RAM berkapasitas 512GB dan memori internal berkapasitas 4GB. Memori tersebut sudah diisi dengan OS Android v4.4 KitKat sebagai OS bawaan dengan dukungan slot microSD berkapasitas 128GB untuk memperluas ruang simpan ponsel.

Selanjutnya, sebuah sensor kamera utama 5MP menjadi andalan ponsel ini dengan dukungan LED Flash dan autofokus, serta kamera depan dengan ukuran 2MP. Ponsel ini juga mendukung slot dual-SIM dengan teknologi 2G GSM dan 3G HSPA sebagai koneksi mobile andalan.

Terakhir, ponsel ini menyediakan pula fitur WiFi 802.11, Bluetooth v4.0, GPS serta slot microUSB v2.0 untuk akses data ke laptop dan PC. Sementara untuk daya, ia mengandalkan baterai Li-ion dengan kapasitas 1800.

Xiaomi Redmi 2 Full

Sementara itu Xiaomi Redmi 2 menawarkan layar IPS LCD dengan ukuran 4,7 inci dan resolusi HD (720 x 1280 piksel) dengan kepadatan layar mencapai 312 ppi. Layar ini sendiri dilapisi dengan pelindung kaca Corning Gorilla Glass 2 yang diklaim dapat menjaga layar ponsel dari benturan dan goresan ringan.

Dapur pacu ponsel ini dihiasi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core 1,2 GHX Cortex-A53 yang diperkuat GPU Adreno 306 untuk komputasi grafis. Selain itu, ponsel ini juga mendukung memori RAM dengan kapasitas 1GB dan memori internal 8GB. Varian lain dari ponsel ini mengandalkan 2GB RAM dengan 16GB memori internal. Keduanya sama-sama berjalan diatas OS Android v4.4.4 KitKat sebagai OS utama dengan dukungan slot microSD berkapasitas maksimal 32GB.

Sebuah kamera 8MP lengkap dengan autofokus dan LED Flash disematkan pada bagian kamera utama ponsel ini. Dengan kemampuan rekam video berkualitas tinggi 1080p@30fps. Kamera depan ponsel ini memiliki sensor 2MP dengan kemampuan merekam video 720@30fps.

Selanjutnya untuk konektivitas ponsel ini, Anda bisa menikmati fitur dual-SIM dengan dukungan 3G HSPA, 2G GSM dan 4G LTE. Selain itu, Anda juga akan bisa menggunakan fitur WiFi 802.11 b/g/n dengan Bluetooth v4.0, GPS serta port microUSB v2.0 untuk akses ke laptop dan PC. Sementara untuk daya, ponsel ini mengandalkan baterai Li-Po dengan kapasitas mencapai 2200 mAh.


Sayang, Samsung Galaxy J1 Ace masih belum tersedia di tanah air. Namun untuk harga Samsung Galaxy J1 Ace ini sendiri masih bisa diperkirakan dengan melakukan pemantauan terhadap harga Samsung Galaxy J1 Ace ini di India. Dimana ponsel ini dijual dengan harga sekitar Rp1,4 jutaan.

Sementara itu, harga Xiaomi Redmi 2 juga dibanderol tidak terlalu jauh berbeda. Ponsel kakap ini sendiri dijual mulai harga Rp1.571.000 di Lazada Indonesia.