Buka Warung Makan Di Siang Hari Pada Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?

 Buka Warung Makan Di Siang Hari Pada Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?
Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban dalam Islam yang dinyatakan oleh al-Quran dan as-Sunnah. Sehingga terdapat hadits bahwa meninggalkan puasa dalam bulan ramadhan tanpa ada uzur yang dapat diterima oleh agama Islam tidak akan dapat digantikan.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa berbuka puasa sehari di bulan Ramadhan tanpa ada rukhsah (kelonggaran) yang diizinkan Allah untuknya, puasa sepanjang masa sekalipun tidak akan berupaya membayarnya sekalipun ia melakukannya" (Riwayat Imam Abu Daud, at-Tirmizi dan Ibnu Majah).


Jika membantu orang lain melakukan ketaatan diberi pahala, maka membantu orang lain berbuat dosa akan diberi balasan dosa oleh Allah.

Allah berfirman,

وَلَا تَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٲنِ‌ۚ


"Janganlah kalian tolong menolong dalam dosa dan maksiat." (QS. al-Maidah: 2).

Tidak berpuasa di siang hari ramadhan tanpa udzur, jelas itu perbuatan maksiat bahkan termasuk dosa besar.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah diperlihatkan siksaan untuk orang semacam ini, "Dia digantung dengan mata kakinya (terjungkir), pipinya sobek, dan mengalirkan darah" (HR. Ibnu Hibban, 7491; dishahihkan Al-A’dzami)

Dosa karena tidak berpuasa pada saat bulan ramadhan sangat berat jadi sudah seharusnya kita sesama muslim saling tolong menolong untuk menjauhinya. Membuka warung makan pada siang hari dibulan ramadhan bisa jadi dijadikan orang tempat makan bagi mereka yang sengaja tidak berpuasa padahal dia muslim.

Jadi sebaiknya kita meminimkan hal tersebut untuk menutup kebiasaan buruk orang-orang yang tidak berpuasa. Tetapi jika kita membuka warung makan untuk persiapan buka puasa atau makan anak-anak kecil yang belum baligh yang belum wajib puasa, itu diperbolehkan tapi tetap jangan menjaganya agar tidak menganggu orang-orang yang melaksanakan puasa. Wallahua'lam

1 Comments:

PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGA BESAR SAYA,INI BUKAN REKAYASA ATAU PUN CERITA BENE BENER TERBUKTI SAMASAYA.
ASSALAMU ALAIKUM WR.WB....
Perkenalkan nama saya IBU MASUJI saya sangat berterimah kasih banyak kepada Aki atas bantuanya angka ghoib yang aki berikan kepada yaitu (5061) benar-benar tembus 100%, mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka jitu...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar mampus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk ,hingga akhirnya saya di kasih info kepada teman saya untuk menjadi member AKI RANGGONG,dan ternyata angka ritual ghoib yang AKI kirim kepada saya ternyata jitu..akhirnya terbayar hutang saya ini dan akhirnya saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...bagi anda yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!
KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET…

Reply