Loket Pendaftaran Jalur Mandiri Unimed Dibuka

Loket Pendaftaran Jalur Mandiri Unimed Dibuka

Loket pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (Unimed) jalur Mandiri dibuka mulai 20 Juni-16 Juli 2016. Kuota yang tersedia maksimal 30 persen atau sekitar 1523, meliputi Bidik Misi 115 dan Mandiri 1368.

Rektor Unimed, Syawal Gultom mengatakan, seleksi jalur Mandiri ini, Unimed juga menyediakan Bidik Misi.
“Program Bidik Misi diperuntukkan bagi bagi anak yang memiliki potensi akademik, namun terkendala ekonomi. Kuota yang disediakan untuk Bidik Misi 10 persen,” katanya dalam konferensi pers di Unimed, Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Kamis (16/6)

Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar dan mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.

Lebih jauh Syawal Gultom mengatakan, pendaftaran jalur Mandiri ini dilakukan secara online. Borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh di laman http://spmb.unimed.ac.id. Biaya ujian untuk kelompok saintek dan sosial humaniora sebesar Rp 250.000,- sedangkan kelompok campuran Rp 300.000.

Uang kuliah mahasiswa jalur Mandiri Rp 5,5 juta sampai 8 juta (tergantung program studi). Selain uang kuliah ada juga uang sumbangan dari orangtua untuk pengelolaan pendidikan.

“Uang sumbangan ini sesuai kemampuan orangtua. Tujuannya dengan uang sumbangan tersebut Unimed bisa mengembangkan lebih banyak riset,” jelas Syawal.


Prodi Baru
Dalam jumpa pers itu, dipaparkan Unimed membuka 4 prodi baru yakni Teknik Elektro, Seni Pertunjukan, D3 Teknik Mesin dan D3 Teknik Bangunan. Peserta yang lulus tes di empat prodi ini otomatis akan dimasukkan ke program reguler. Uang kuliah mereka juga sesuai UKT (uang kuliah tunggal).

“Prodi baru ini baru April kemarin disetujui Kemenristek Dikti. Kuota untuk prodi baru ini rata rata 34 sampai 40 orang saja, per prodi,” ujar Abdul Hamid, Wakil Rektor 1 Unimed.


Humas Unimed, Surip menambahkan, jadwal ujian tulis dilakukan pada 23 Juli. Sedangkan tes keterampilan digelar pada 24-25 Juli. "Pengumuman hasil seleksi pada 3 Agustus 2016," tambahnya.
Sumber : http://news.analisadaily.com