Pahami Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

Asam-Urat
Asam urat atau yang bisa disebut masyarakat indonesia sebagai penyakit rematik memang sering menyerang seseorang di usia 30 tahun keatas. Penyakit asam urat pada umumnya menyerang otot, sendi dan sistem tulang di area sekitarnya, bahkan penyakit ini bisa menggangu sistem imun tubuh.

Gejala pada rematik umumnya mengalami nyeri sendi, penyebabnya pun bermacam macam, seperti trauma dan juga bisa disebabkan oleh infeksi. Untuk mengobati asam urat biasanya masyarakat Indonesia datang ke pengobatan alternatif atau menggunakan obat-obatan tradisional yang lebih aman dan alami.

Hal ini memang sudah populer dikalangan masyarakat penderita asam urat. Seperti yang Kita tahu kalau jamu tradisional lebih sehat dibandingkan obat-obatan kimia. Berikut Dangstars™ Jelaskan obat tradisional asam urat apa saja yang mampu mengobati asam urat dan rematik.


Pengobatan Asam Urat Dengan Obat Tradisional




1. Daun Sirsak

kandungan yang ada di dalam daun sirsak terdapat Vitamin C dan vitamin A dengan kandungan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, selain itu daun ini juga bisa meringan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat, obat tradisional untuk mengobati asam urat ini perlu Anda coba. caranya cukup sederhana dan mudah, yakni sebagai berikut
  •     Ambil daun sirsak muda sebanyak 5 lembar
  •     Rebus dengan air yang bersih hingga mendidih
  •     Minum ramuan obat tradisional tersebut setelah dingin
  •     lakukan cara tersebut rutin tiap hari


2. Jahe

Rempah rempah asli Indonesia ini memang sudah terkenal khasiatnya untuk mengobatai beberapa macam penyakit, salah satunya untuk meredakan nyeri rematik yang diakibatkan asam urat. Selain dapat memperlancar sistem pernafasan dan pencernaan, obat herbal tradisional ini juga mampu meredakan nyeri sendi karena asam urat, sebab jahe bisa mengeluarkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Cukup mengkonsumsi jahe dengan cara dijadikan soup atau lainnya maka khasiat jahe akan terasa jika Anda mengkonsumsinya dengan rutin.

3. Bunga Rosela

Untuk meredkan nyeri sendi yang disebabakn asam urat, Anda juga bisa memanfaatkan bunga Rosela sebagai obat tradisional. Obat Rosella mengandung banyak zat penting yang sangat dibutuhkan tubuh diantaranya seperti protein esensial, dan vitamin C. Selain itu bunga ini juga mengandung asam amino arginina dan legnin yang cukup berguna sebagai peremajaan pada sel tubuh. cara membuatnya cukup mudah dan bisa dibuat dirumah
  •     Siapkan 5 kelopak bunga Rosella kering dan sudah dicuci bersih
  •     Kemudian seduh menggunakan air panas sebanyak 200cc
  •     Tambahkan madu sebagai pemanis
  •     Rutinlah meminum ramuan tradisional tersebut lebih kurang selama 1 bulan agar khasiatnya cepat terasa.

4. Daun seledri

Seledri yang kerap kali digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata banyak mengandung khasiatnya, salah satunya untuk mengobati asam urat dan rematik. Seledri mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh diantaranya klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng. vitamin B1 dan vitamin A. Sehingga cukup ampuh untuk mengatasi nyeri sendi karena asam urat. cara membuatnya
  •     Siapkan biji seledri sebanyak 2 gram yang sudah dicuci bersih
  •     Kemudian rebus dengan 110 ml air bersih hingga mendidih atau selama 15 menit
  •     Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya sebagai obat tradisional
  •     Minum ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari


5. Buah cherries

Buah cerries berkhasiat untuk mengobati asam urat, sebab buah ini mengandung banyak magnesium yang tergolong bagus untuk mengatasi rematik. Selain dapat meredakan rasa nyeri, buah cherries juga mampu mencegah inflamasi karena kandungan potasiumnya. untuk meringankan asam urat menggunakan buah cerries, Anda hanya perlu mengkonsumsinya 7 hingga 9 buah ceries setiap hari, banyak cara untuk mengkonsumsinya, bisa dengan dijadikan sirup yang sebelumnya direbus terlebih dahulu. Obat tradisional asam urat ini terbukti ampuh meringankan rematik jika Anda rutin mengkonsumsinya tiap hari.

6. Terapi air hangat

Menggunakan terapi dengan air hangat juga berkhasiat untuk meredakan gejala rematik, dengan terapi tradisional ini nyeri pada sendi akan berangsur hilang, hal ini karena air hangat dapat membuat Anda rileks dan tenang selain itu terapi ini dapat memperlancar peredaran darah yang membeku. Caranya sangat sederhana, Cukup merendam bagian tubuh yang rematik ke dalam air hangat dalam beberapa menit saja

Itulah beberapa macam obat tradisional asam urat yang cukup mudah dibuat di rumah, Sebagai pengobtan asam urat, minumlah ramuan tersebut secara rutin agar hasilnya dapat dirasakan dengan cepat. Semoga bermanfaat untuk pengobatan asam urat Anda.



Penyebab Asam Urat Dan Cara Pengobatannya


Penyakit asam urat timbul akibat dari zat purin yang berlebih didalam tubuh. Kemudian purin yang berlebih tersebut diolah menjadi asam urat, jika hal ini terjadi maka ginjal tidak bisa mengeluarkan, yang pada akhirnya kristal asam urat di persendian akan menumpuk. sehingga akan membuat rasa nyeri, radang, dan bengkak.
penyebab asam urat bermacam-macam serta gejala yang di timbulkan. Untuk menghindari penyakit ii, sebaiknya Anda juga harus ketahui penyebab asam urat serta gejalanya seperti berikut

Penyebab Asam Urat

Obesitas

Kegemukan atau kelebihan berat badan merupakan penyebab penyakit asam urat. Bukan hanya itu obesitas juga dapat memicu berbagai komplikasi penyakit lain.

Konsumsi minuman keras

Orang yang gemar minum minuman keras memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit asam urat.

Konsumsi makanan tinggi zat purin

Penyakit asam urat juga bisa disebabkan karena makanan. Salah satunya yaitu makanan yang tinggi akan kandungan zat purin seperti daging, ikan dan telur. Konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi dan berminyak akan memicu serangan asam urat.

Akibat diet

Penyakit asam urat juga bisa dipicu akibat melakoni diet yang terlalu ketat. Terkadang akibat menjalani diet seseorang akan merasa kelaparan sehingga kadar asam urat pada darah akan meningkat secara drastis ketika protein tubuh dipecah menjadi energi.

Penyakit ginjal

Asam urat tinggi juga bisa dipicu karena adanya gangguan pada fungsi ginjal. Misalnya penyakit gagal ginjal kronis sehingga membuat ginjal gagal berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyakit tertentu

Penyakit lain yang dapat memicu asam urat yaitu leukemia, psiorasis sehingga menyebabkan produksi asam urat.

Obat-obatan

Obat obatan yang kita konsumsi ternyata juga mempengaruhi produksi asam urat sehingga dalam jangka panjang cukup berbahaya. Terutama obat-obatan warung yang banyak mengandung zat kimia.


Pengobatan asam urat secara alami

1. Banyak minum air putih

Air putih memiliki peranan vital terhadap fungsi tubuh. Tanpa asupan air yang cukup, tubuh tidak akan bekerja dan berfungsi secara normal. Asupan air putih yang cukup juga akan mencegah timbulnya penyakit seperti penyakit asam urat. Minumlah air putih yang banyak secara rutin agar asam urat yang diderit bisa cepat sembuh.

2. Kurangi makanan tinggi zat purin

Seperti dijelaskan pada penyebab asam urat, makanan yang tinggi purin adalah penyebab utama penyakit ini. Jadi hindarlah makanan yang mengandung zat purin tinggi jeroan, seafood, ekstrak daging dan makanan kalengan.

3. Minum jus buah cerry

Cara alami mengobati penyakit asam urat juga bisa dilakukan dengan minum jus cerry secara rutin. Konsumsi jus cerry akan membantu darah mengimbangi keasamannya. Kandungan nutrisi yang banyak pada buah ini juga akan membantu tubuh dalam mengatasi rasa sakit akibat asam urat.

4. Konsumsi jus lemon

Selain buah cerry, jus lemon juga sangat bagus bagi penderita penyakit asam urat. Lemon akan merangsang tubuh agar membentuk kalsium karbonat yang dapat menetralkan asam urat.

5. Banyak asupan vitamin C

Vitamin C memiliki peranan penting bagi tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah datangnya penyakit. Konsumsi vitamin C secara rutin juga akan membantu mengurangi masalah asam urat. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah buahan seperti jeruk, mangga dan lainnya

itulah beberapa penyebab asam urat dan pengobatan asam urat yang wajib Anda ketahui. Bila gejala dan ciri ciri asam urat segera konsultasikan ke Dokter, untuk penanganan yang lebih intensif lagi

Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Menu makanan untuk penderita asam urat – Asam urat merupakan sebuah penyakit yang timbul dari zat purin yang terdapat pada sisa makanan yang Kita konsumsi. Semua bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup pasti memiliki zat purin masing-masing, sehingga jika Kita mengkonsumsi makanan tersebut secara otomatis zat purin tersebut akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, untuk secara teliti memilih makanan yang sehat. Agar penyakit asam urat tidak semakin parah. Contoh makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini.


Makanan Untuk Penderita Asam Urat



1. Buah cerry

Buah ini merupakan makanan yang baik bagi penderita penyakit asam urat. Cerry mengandung zat anti inflamasi sehingga berperan mencegah pengkristalan asam urat yang dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, buah ini juga akan menetralkan zat asam serta membantu mencegah peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Untuk meringankan serta mencegah penyakit asam urat, makanlah buah ini setidaknya 200 gram setiap hari.


2. Buah apel

Buah apel mengandung asam malat yang memiliki kemampuan menetralkan asam urat. Dengan begitu, ketika penderita asam urat mengonsumsi buah ini maka penyakitnya dapat terkontrol. Konsumsilan buah apel setidaknya 1 buah setiap hari agar penyakit asam urat yang Anda derita bisa lebih cepat diatasi.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis buah ini memang memiliki rasa sangat asam. Namun kandungan asan sitrat yang ada dapat melarutkan asam urat sehingga gejala asam urat bisa diberantas. Minumlah air perasan jeruk nipis dua gelas setiap hari secara rutin. Selain mencegah dan mengobati asam urat, konsumsi air jeruk nipis juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Air jeruk nipis juga baik untuk Anda yang sedang diet untuk melangsingkan tubuh.

4. Makanan yang mengandung potasium tinggi

Makanan yang mengandung potasium tinggi juga baik untuk penderita asam urat seperti yogurt, tomat, dan kentang

5. Buah yang mengandung banyak Vitamin C

Buah dengan kandungan vitamin C juga sangat dianjurkan untuk penderita asam urat contohnya seperti buah pepaya, stroberry, dan jeruk

6. Pisang

Pisang juga bisa masuk dalam daftar makanan untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi. Konsumsilah 4 hingga 8 buah pisang setiap hari untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan nyeri sendi.

7. Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat

Penderita asam urat juga harus memebuhi kandungan karbohidrat dalam tubuhnya, conto sumber makanan yang kaya akan karbohidrat bisa di dapatkan dari nasi, roti, ubi, dan singkong

Itulah beberapa makanan yang baik bagi penderita asam urat. Selain itu, penderita asam urat juga harus menghindari beberapa makanan yang tidak baik bagi asam urat. Apa saja jenis makanan tersebut? Ini dia
  •     Makanan kalengan, misalnya sarden, kornet dan lainnya
  •     Daging jeroan, usus, hati, jantung dan lainnya
  •     Seafood, seperti cumi, udang dan remis
  •     Makanan yang dimasak dengan digoreng atau diberi santan
  •     Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  •     Keju, telur, es krim, kuah daging yang kental
  •     Buah seperti durian, nangka dan nanas
Pada orang gemuk yang menderita asam urat sebaiknya turunkan berat badan Anda, Sebab pada orang gemuk kadar asam urat cepat naik namun sedikit pengeluaran. Itulah menu makanan untuk penderita asam urat. 

Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan kadar asam urat dalam tubuh 

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_urat

2 Comments

Yaelaahhh banggg kalo asam urat saya kambuh terpaksa BEKAS PACAR saya yang urutin.Dan biasanya saya langsung minum obat disertai dengan cara tradisional..heee

Reply