Vaksin Flu dapat Membantu Melawan Covid-19


BagaimanaVaksin Flu dapat Membantu Melawan Covid-19?


Dunia tengah bergelut dengan wabah virus corona yang telah menginfeksi puluhan juta orang secara global. Ilmuwan-ilmuwan di sejumlah negara berlomba menemukan vaksin virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini.

 

Sementara itu, vaksin flu yang telah ada mungkin dapat digunakan untuk meminimalisir potensi krisis kesehatan yang terjadi, di tengah vaksin virus corona yang belum tersedia dan berada dalam tahap pengujian.

 

Penyakit flu dan Covid-19 dikhawatirkan dapat membebani fasilitas kesehatan dan membuat kurangnya tempat tidur perawatan hingga alat pelindung diri (APD).

 

Melansir New York Times (14/9/2020), setidaknya ada vaksin flu yang dapat membantu menyelamatkan nyawa dan sistem kesehatan.

Vaksin telah tersedia untuk hampir semua orang di atas usia enam bulan dan setiap orang disarankan untuk mendapatkan suntikannya satu tahun sekali, meskipun masih cukup banyak orang yang tak mengambilnya.

 

Alasannya tidak mengambil vaksin flu beragam, dari tidak pernah terinfeksi flu hingga pernah melakukan vaksinasi namun masih terserang flu.

 

Hal ini menunjukkan adanya kesalahpahaman terkait sifat dan keefektifan vaksin influenza yang dapat dibawa ke salah satu vaksin virus corona jenis baru.

 

Secara umum, vaksin flu rata-rata 50 persen efektif mencegah penularan oleh strain utama virus influenza yang diperkirakan akan muncul di beberapa negara pada November atau Desember hingga April atau Mei.

 

 

Vaksin Flu(GovTech)

 

Terdapat dua alasan vaksin influenza diberikan setiap tahun, yaitu Virus flu mudah bermutasi dan campuran strain virus bervariasi dari tahun ke tahun Jika virus tidak berubah secara signifikan, kekebalan terhadapnya bertahap berkurang atau mungkin hilang semuanya pada musim flu berikutnya.

 

Terkait dengan keefektifannya, vaksin flu hanya 50 persen efektif, di mana vaksin virus corona kemungkinan juga tidak dapat sepenuhnya efektif.

 


"Jika vaksin yang dikembangkan 50 persen efektif mencegah Covid-19, vaksin itu masih akan dilisensikan," kata Michael T Osterholm, spesialis penyakit menular di University of Minnesota.

 

Meski diharapkan keefektifan vaksin virus corona melebihi 50 persen, namun jika efektivitasnya sebesar angka tersebut, tetap akan lebih baik dibandingkan tidak memberikan perlindungan sama sekali.

 Tetap terapkan protokol kesehatan Walaupun telah disuntik vaksin Covid-19, setiap orang mungkin masih harus mempraktikkan jarak sosial, menggunakan masker di tempat umum, sering mencuci tangan, hingga membatasi pertemuan dalam ruang tertutup, kecuali virus yang menimbulkan puluhan juta kematian ini menghilang.

 

Sisi positif tindakan perlindungan terhadap Covid-19 akan membantu membatasi penyebaran influenza, seperti penggunaan masker yang dapat mengurangi penularan Covid-19 sekaligus flu, di mana keduanya menyebar melalui udara saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

 

Antibodi dan reaksi tubuh Antibodi yang berkembang setelah infeksi virus corona tampaknya berkurang seiring waktu.

Sehingga, terdapat kemungkinan besar bahwa vaksin virus corona perlu diberikan berulang kali, mungkin setiap tahun agar memberikan perlindungan yang memadai.

Virus corona dan flu sama-sama mudah menular antar orang, bahkan sebelum orang yang terinfeksi mengetahui bahwa dirinya terkena paparan flu dan tak terlalu mengalami sakit. Perbedaannya terletak pada Covid-19 yang tak terpengaruh dengan musim.

 Hal yang perlu diperhatikan, vaksin influenza tak akan dapat menyebabkan flu.

 

 

 

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi demam terhadap vaksinasi flu, tapi ini kemungkinan menjadi bagian dari upaya tubuh untuk mengumpulkan respons imun.

Dr Osterholm menjelaskan, orang yang terkena flu dalam beberapa hari setelah diimuniasi sebenarnya mungkin memiliki gangguan pernapasan lain atau telah terinfeksi virus flu saat mendapatkan suntikan.

 

Masa inkubasi virus flu bisanya berlangsung dalam 1-4 hari sebelum gejala berkembang dan dibutuhkan waktu sekitar dua minggu agar vaksin berkembang melindungi sepenuhnya.

 

 

Bahkan jika seseorang terserang flu setelah mendapatkan suntikan vaksin dengan benar, penyakitnya kemungkinan besar akan berkurang secara signifikan. Hal ini pun mungkin juga akan terjadi pada vaksin virus corona.

Kekhawatiran lain yang muncul yaitu jika orang terkena flu menjadi lebih rentan tertular virus corona dan mengembangkannya menjadi parah.

Bahkan, dengan mengabaikan peningkatan risiko Covid-19, komplikasi flu dapat menjadi serius termasuk pneumonia, infeksi telinga, infeksi sinus, asma, diabetes, dan gagal jantung. Kelompok orang yang meningkat risiko komplikasi terkait flu serius antara lain orang berusia di atas 65 tahun, wanita hamil, dan anak-anak di bawah 5 tahun.

 

 

Siapa yang mendapatkan vaksinasi?

Vaksin flu tidak diberikan kepada anak-anak di bawah 6 bulan atau orang dengan kondisi medis tertentu yang mungkin termasuk mereka yang mempunyai riwayat sindrom Guillain-Barre atau reaksi alergi parah terhadap vaksin flu.

 

Tapi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kebanyakan orang alergi telur dapat dengan aman mendapatkan suntikan flu. Vaksin influenza mengandung virus yang tidak aktif sehingga aman bagi yang tidak boleh diimuniasi dengan vaksin virus hidup.

 

Meski begitu, yang terbaik adalah tidak mendapatkan vaksinasi flu saat sedang tidak enak badan.

 

 

Beberapa vaksin flu disetujui hanya untuk digunakan pada orang dewasa, seperti vaksin influenza rekombinan Flublok Quadrivalent, yang tidak menggunakan virus yang ditanam di dalam telur, cocok untuk orang berusia 18 tahun ke atas.

 Bagi orang berusia 65 tahun ke atas, vaksin non aktif yang disebut Fluzone High-Dose tersedia dan ditanggung oleh Medicare.

Vaksin ini direkomendasikan bagi orang yang tinggal di panti jompo dan fasilitas perawatan jangka panjang lainnya. Kandungannya empat kali tingkat antifen yang ditemukan dalam vaksin flu dosis standar.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, vaksin dosis tinggi 24,2 persen lebih efektif dalam mencegah flu pada orang dewasa yang lebih tua daripada vaksin dosis standar.

Studi lain yang diterbitkan The Lancet Respiratory Medicine, menemukan bahwa penggunaan vaksin dosis tinggi mengurangi risiko rawat inap terkait masalah pernapasan di antara penghuni panti jompo.

Sumber :
Linkhttps://www.kompas.com/tren/read/2020/09/19/183000965/bagaimana-vaksin-flu-dapat-membantu-melawan-covid-19-?page=3.
Penulis : Mela Arnani
Editor : Sari Hardiyanto

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak