Ban
vulkanisir biasa digunakan pada kendaraan komersial. Keuntungan dari
menggunakan ban jenis ini, yaitu usianya yang panjang dan jika telapak bannya
sudah aus, bisa dilapis lagi dengan yang baru.
Pada
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015, dijelaskan bahwa
penggunaan ban vulkanisir pada bus AKAP sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal
(SPM) hanya boleh untuk ban belakang.
Namun
sebenarnya apakah kualitas dari ban vulkanisir sudah baik?
Apalagi jika
digunakan pada kendaraan komersial, keselamatan penumpang sangat diutamakan.
Sebenarnya
peletakkan ban vulkanisir di bus tidak masalah di bagian depan, selama proses
vulkanisirnya baik.
Tidak
masalah sebenarnya ban vulkanisir dipasang di depan atau belakang, asal tempat
vulkanisirnya yang baik.
Kalau kurang
baik kan bisa lepas telapak vulkanisirnya saat berjalan, itu yang jadi bahaya.
Melakukan
vulkanisir ban pada dasarnya sama dengan ban baru. Jika kualitasnya baik, untuk
grip ban tidak ada masalah.
Sebenarnya
layanan vulkanisir ban yang baik juga sudah disediakan oleh pabrikan ban,dan
tidak mungkin disebutkan disini satu persatu pabrik ban yang sesuai standard
tersebut.
Vulkanisir atau retreading pada dasarnya adalah menambahkan telapak
ban yang baru pada ban yang sudah gundul. Vulkanisir sangat disarankan
untuk kendaraan komersial seperti truk atau bus untuk menghemat
pengeluaran pemilik kendaraan.
Seperti diketahui harga ban truk atau bus bisa 4 kali lebih mahal dari pada ban mobil biasa.
Pada dasarnya setiap perusahaan yang bergerak dibidang Vulkanisir bisa melakukan vulkanisir asal beberapa syarat tercapai.
Memahami Vulkanisir Ban Yang pertama dan paling penting adalah kondisi casing ban yang harus bagus.
Persepsi orang banyak salah, dari dana 100 persen beli ban, sekitar 80
persen itu untuk biaya produksi dari casingnya, sementara telapaknya
20-30 persen. Artinya kebanyakan untuk casingnya. Selama casingnya bisa
dipakai dan benar-benar baik kondisinya, ban bisa divulkanisir.
Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari
ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
Teknik vulkanisir di luar negeri juga sudah direkomendasikan.
Banyak pesawat terbang, bannya bisa 6 kali divulkanisir. Untuk ban dan
bus maksimal 4 kali Vulkanisir.Yang dikembangkan memang rekomendasinya
untuk truk dan bus yang off the road.
Yang perlu diingat pula, ban direkomendasikan untuk vulkanisir hanya
khusus ban belakang saja. Ban depan atau ban setir disarankan jangan
divulkanisir demi alasan keamanan.
Tapi itu tergantung dari regulasi negara masing-masing ya. Ada negara
yang misalnya untuk bis anak sekolah tidak boleh ban di setir tapi untuk
ban belakang.
Agar ban bisa divulkanisir, disarankan beberapa tips untuk menjaga kondisi casing ban tetap baik.
- Pertama menjaga tekanan angin ban sesuai rekomendasi,
- Kedua cara driver mengemudi jangan ugal-ugalan dan tetap menjaga kecepatan tidak over speed,
- Ketiga, sebelum ban menipis dengan melihat tread wear, langsung ganti telapak ban alias di vulkanisir.
Rekomendasinya, sebelum 3 milimeter (keausannya) baru dilepas untuk
divulkanisir, jangan gundul banget bannya, karena kalau gundul akan
merusak struktur dalam casing.
Seperti yang kita ketahui bahwa Vulkanisir atau bahasa luarnya
RETREADING, adalah proses ulang terhadap ban itu sendiri yang sudah
gundul tentunya yang bertujuan untuk menambah umur ban yang telah
digunakan. Proses ini dilakukan dengan cara melapisi kembali ban yang
telah aus digunakan dengan
telapak baru (precured).
Seperti yang telah kita ketahui 70% nilai dari sebuah ban berada di
CASING dan hanya 30% berada di TREAD. Dan saat digunakan hanya bagian
yang 30% ini saja yang habis terpakai, sehingga seandainya pemilik kendaraan tidak melakukan Vulkanisir ,berarti perusahaan telah melakukan pemborosan sebesar 70% dari harga ban ersebut.
Kuncinya adalah merawat ban dengan mengikuti standard sehingga ban tersebut dapat diproses vulkanisir sampai dengan 4-5 kali.
Dengan melakukan vulkanisir ban, casing ban yang telah digunakan dapat
dipakai kembali hingga berulang kali sehingga menunda pembuangan sampah
ban ke lingkungan dan membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik .
Ban apa saja yang dapat di vulkanisir ?
Hampir semua ban karet yang diciptakan oleh manusia dapat di vulkanisir
kembali, seperti: ban mobil, ban truk, ban pesawat terbang, ban
forklift, dan ban dengan karet mati. (tidak memiliki ban dalam) Semua
ban tadi dapat divulkanisir dengan syarat bahwa ban tersebut masih
memiliki kondisi casing yang layak dan tidak habis masa pakainya .
jenis vulkanisir ada 2 macam :
Pada proses ini Casing ban yang telah dibersihkan ditempel dengan Karet
Compound (karet dalam bentuk setengah jadi, belum memiliki Pattern)
kemudian dimasukkan ke dalam mesin cetakan (Mold). Ban yang sudah
ditempel dengan Karet Compound tadi di Press ke Mold melalui tekanan
dari dalam ban dengan temperatur dan waktu tertentu hingga Karet
Compound tadi menjadi matang dan mengeras dan membentuk pattern yang
sesuai dengan pattern yang terdapat pada cetakannya (Mold).
2. Proses Vulkanisir Dingin atau Pre Cure
Pada proses ini Casing ban yang telah dibersihkan ditempel dengan Tread
Rubber (karet jadi, dan sudah memiliki pattern) dengan bantuan Cushion
Gum. Ban tersebut kemudian diisi dengan ban dalam dan dibungkus dengan
Envelope kemudian dimasukkan ke dalam Chamber pemanas.
Ban kemudian di Press dua arah yaitu dari dalam dengan bantuan Ban Dalam
dan dari luar dengan menggunakan Envelope dan juga dipanaskan dengan
Chamber. Akibat dari tekanan dan panas tersebut Cushion Gum yang berada
diantara Casing dan Tread Rubber mengalami vulkanisasi dan menyatukan
semua elemen tadi (casing, gum, tread) menjadi satu.
Proses vulkanisir
Secara umum proses Vulkanisir dibagi menjadi beberapa tahap:
adalah tahap pemeriksaan fisik ban, disini ban diperiksa keadaannya dari
lubang, sobek, retak, dan sebagainya. Apabila ban tersebut dinilai
layak maka ban tersebut akan maju ke tahap berikutnya.
atau dikenal dengan proses pemarutan bertujuan untuk menghilangkan tapak yang sudah aus
dan membuat permukaan ban agar rata dan simetris. Sehingga Casing
tersebut nantinya dapat ditempeli dengan Karet Compound atau Cushion Gum
dan Tread Rubber.
adalah pembersihan terhadap luka yang tidak dapat terjangkau
melalui proses Buffing. Disini benang yang keluar dari ban bekas buffing
dihilangkan, selain itu lobang dan kotoran yang tidak dapat dijangkau
oleh mesin Buffer dibersihkan
di tahap ini semua cacat pada Casing diperbaiki, lubang pada Casing
dibersihkan kemudian ditembel dengan Filling (Cushion Gum),
cekungan/kawah diratakan juga menggunakan Filling, sedangkan lubang dan
kawah dengan diameter besar ditembel dari dalam dengan Tyre Patch.
adalah proses pemberian cairan Cement ke seluruh permukaan ban, cairan
ini berfugsi sebagai lem untuk menempelkan Cushion Gum ke Casing.
Panas : Building adalah proses penempelan Karet Compound dengan Casing,
disini Casing ban yang telah diberi oleh cairan Cement ditempel langsung
dengan Karet Compound untuk dapat diproses
lebih lanjut.
Dingin: Building adalah proses penempelan Cushion Gum dan Tread Rubber
dengan Casing, disini Casing ban yang telah diberi oleh cairan Cement
dilapisi dengan Cushion gum terlebih dahulu, setelah itu baru ditempel
dengan Tread Rubber dengan bantuan mesin Builder.
adalah proses pembungkusan ban yang hendak divulkanisir dengan bungkus
khusus untuk memastikan agar Casing ban yang telah diprose/Building
dapat ditempel menjadi satu dengan baik.
adalah proses pemasangan ban dalam dan marset ke dalam Ban yang hendak
divulkanisir yang kemudian ditutup dengan pelek khusus. Tujuannya adalah
untuk dapat memasukkan tekanan angin ke dalam ban saat dimasak di dalam
cetakan (Mold) atau Chamber.
Panas :
Saat proses Curing, Ban yang sudah ditempel dengan Karet Compound tadi
di Press ke Mold melalui tekanan dari dalam ban dengan temperatur 140C
selama waktu tertentu hingga Karet Compound tadi menjadi matang dan
mengeras dan membentuk pattern yang sesuai dengan pattern yang terdapat
pada cetakannya (Mold).
Dingin:
Saat proses Curing, ban di Press dua arah yaitu dari dalam dengan
bantuan Ban Dalam dan dari luar dengan menggunakan Envelope dan juga
dipanaskan dengan temperatur 110C didalam Chamber selama 160 menit.
Akibat dari tekanan dan panas tersebut Cushion Gum yang berada diantara
Casing dan Tread Rubber mengalami vulkanisasi dan menyatukan semua
elemen tadi (casing, gum, tread) menjadi satu.
bertujuan untuk memastikan bahwa ban yang telah selesai diproses dapat
dipertanggung jawabkan dan memenuhi Industry Quality Standard sebelum
diserahkan kembali ke konsumen.
Demikian Memahami Vulkanisir Ban dan Salam Vulkanisir.
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak