Medan Sunggal Juara Umum MTQN Medan

Medan Sunggal Juara Umum MTQN Medan. Kecamatan Medan Sunggal keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN)  Ke-45 Tingkat Kota Medan Tahun 2012 yang berlangsung selama delapan hari di Jalan Amal Lingkungan III, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Senin(12/3). Keberhasilan ini diraih setelah qari dan qariahnya berhasil   memperoleh 93 poin. Sedangkan  juara kedua diraih Kecamatan Medan Polonia dengan 73 poin dan Kecamatan Medan sebagai  juara ketiga dengan perolehan  22 poin.


Sementara itu Kecamatan Medan Timur harus puas  menempati posisi keempat dengan 17 poin dan Kecamatan Medan Polonia  di tempat kelima dengan raihan 15 poin. Selanjutnya Kecamatan Medan Johor ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaran MTQN ke-46 Tingkat Kota Medan Tahun 2013.

Acara penutupan yang dihadiri sekitar 20 ribu pengunjung  ditutup langsung Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM.    Dalam sambutannya, Walikota berharap pelaksanaan MTQ ke-45 Tingkat Kota Medan ini dapat meninggalkan bekas dan pengaruh yang positif bagi pembinaan karakter masyarakat yang tercermin dari meningkatnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Al Quran.

Selain itu selalu mengedepankan keimanan dan ketaqwaan , serta keikhlasan baik dalam urusan duniawi maupun ukhrowi. “Al Quran merupakan anutan yang sangat damai, tidak menginginkan kekerasan dan selalu mengedepankan kerukunan, toleransi, kebersamaan dan kemitraan dalam bingkai ukhuwah Islamiyah,” kata Walikota.

Atas dasar nilai-nilai itulah, Walikota  ingin  dijadikan pedoman dalam kehidupan masyarakat di Kota Medan. Dengan demikian dapat menyuburkan  dan memantapkan  kerukunan hidup beragama, sekaligus meningkatkan  harmonisasi  sosial di tengah masyarakat kota ini yang multi etnis, budaya, suku dan agama.

Dengan kondisi  seperti  itulah diharapkan potensi yang dimiliki oleh seluruh elemen masyarakat dan warga Kota Medan secara bersama-sama dapat memberikan dukungan penuh dalam memacu pembangunan Kota Medan menuju kota metropolitan yang berdaya saing , nyaman, peduli dan sejahtera.

Selanjutnya, Walikota tak lupa mengucapkan terima kasih dan apresianya atas semua pihak yang telah memberikan  bantuan dan dukungan atas terselenggaranya pelaksanaan MTQN ke-45 Tingkat Kota Medan Tahun 2012. Kepada peserta yang telah berhasil meraih prestasi terbaik dalam MTQ tahun ini,  Walikota pun mengucapkan selamat. “Bagi yang belum berhasil supaya terus meningkatkan kemampuan agar pada MTQ mendatang dapat meraih prestasi yang lebih baik,” harapnya.

Adapun sejumlah pemenang MTQ N 45 Kota Medan, diantaranya adalah Cabang Mujawwad golongan anak-anak (putra) juara I, II dan III, Muhammad Yandri (M.Sunggal), Zainur Anwar (M.Labuhan), Abdur Rahim Harahap (Perjuangan). Golongan Putri, Ayu Ratika Putri (M.Marelan), Silvia Hartanti (M.Deli), Fathima Muthiah (Medan Kota).

Remaja Putra, juara I, II dan III M Andiko Ananta (Medan Sunggal), Muhammad Alfi Syahri (M. Perjuangan), dan Hadi Gunawan tanjung (M. Johor).

Golongan remaja Putri, Arsi Zahiri (Medan Perjuangan), Sri Wahyuningsih (M.Sunggal), Imeldawaty Harahap(M.Helvetia).

Golongan Dewasa Putra, juara I, II, dan III Ahmad Azhrai HSB (Helvetia), Nazaruddin(Timur), dan Zulhaili Daulay (M Sunggal). Dan Dewasa Putri Juara I, II dan III,Nurjannah (M Sunggal), Hj Misrawaty (M Baru), Ulvi Widya Sari (M Timur).Golongan Qiraat Saba’ Putra, Juara I, II dan III, H Darwin Hasibuan (M Helvetia),Zainuddin SpdI (M. Sunggal), H Sarwo Edhi Harahap (M Kota). Golongan Putri Nur Misbah Sinaga (M. Polonia), Nurbaiti (M Sunggal), Yulia Hemawaty (M.Helvetia).

Golongan Cacat Netra golongan Putra juara I, II dan III H Syafrizal Tanjung (M.Sunggal), Effendi Rambe (M Selayang), M Ilyas (M Helvetia). Golongan Putri,Khomsaniati Harahap (M Sunggal), Hj Sugianti (M Perjuangan), Hj Ernita (M. Baru). Golongan Hifzhil Quran golongan Hafizh 10 juz putra, Juara I, II dan III Tomi Saleh Pasaribu (M.Baru), M Hubbillah Nst (M. Polonia) dan  Azri Hasnah (M. Perjuangan).

Sementara itu untuk perlombaan  pawai ta’aruf, Kecamatan Medan Sunggal keluar sebagai juara pertama, disusul Medan Kota  dan  Medan Maimun. Untuk juara harapan I,I dan III diraih Medan Perjuangan, Medan Marelan dan Medan Denai. Sedangkasn untuk perlombaan stand, Kecamatan medan Sunggal kembali meraih sebagai juara pertama, diikuti Medan Belawan, Medan Petisah, Medan Barat, Medan Tembung dan Medan Amplas.

Walikota didampingi Wakil Walikota, Sekda, Ketua DPRD, Ketua MUI dan  Kepala kementrian Agama Kota Medan menyerahkan trofi bergilir kepada Kecamatan Medan Sunggal yang diterima langsung Fahri Matondang selaku Camat Medan Sunggal. Selain trofi bergilir, Walikota juga menyerahkan hadiah untuk pemenang pertama pawai ta’aruf dan perlombaan stand.

Acara penutupan ini turut dihadiri  Wakil Walikota Drs H Dzulmi Eldin Msi, Ketua DPRD Medan Drs H Amiruddin, Sekda Ir Syaiful Bahri, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Medan, Ketua MUI Kota Medan Prof DR M Hatta, Kepala Kementrian Agama Kota Medan Iwan Zulhami,  Staf Ahli, Asisten, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan, Camat dan Lurah se-Kota Medan, tokoh agama, tokoh masyarakat  serta undangan lainnya.
Sumber : http://www.pemkomedan.go.id/news_detail.php?id=12540

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak