Buruh Ingin 1 Mei Jadi Libur Nasional

Buruh Ingin 1 Mei Jadi Libur Nasional.  Menjelang hari buruh ’May Day’ pada tanggal 1 Mei men­datang, buruh Tangerang menginginkan agar setiap tanggal 1 Mei dapat dijadikan sebagai hari libur nasional. 

Ketua Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU) Kabupaten Tangerang Koswara mengatakan, keinginan buruh tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Koswara, pada tanggal itu seluruh buruh di seluruh dunia tengah berusaha memperjuangkan hak-haknya. 

Sebab hak buruh sebagai pekerja sampai saat ini masih dibelenggu oleh para pengusaha. “Tidak usah jauh-jauh ke luar negeri atau daerah, di Banten saja banyak pengusaha yang belum menjalankan revisi UMK/UMSK sesuai keputusan gubernur. Menurut saya, itu sama saja buruh belum lepas dari belenggu penjajahan dan 1 Mei tanggal yang tepat untuk peringati,” ujar Koswara yang juga menjabat Koordinator Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Tangerang, Senin (23/4).  
        
Keinginan buruh Tangerang didukung PDIP Kabupaten Tangerang. Partai besutan Megawati tersebut meminta pemerintah daerah agar mau merekomendasikan ke pemerintah pusat supaya tanggal 1 Mei dapat diperingati sebagai hari buruh se-dunia dan menjadi libur nasional. “Kita melihat fenomena setiap tanggal 1 Mei. Aksi unjuk rasa buruh dimana-mana. Untuk itu sangat tepat jika pemerintah menjadikan 1 Mei ini sebagai libur nasional,” ujar Muhlis, Sekretaris PDIP Kabupaten Tangerang, kemarin.

Menurut Muhlis, dengan ditetapkannya 1 Mei sebagai hari libur nasional, tentu ti­dak akan mengganggu kegiatan lain seperti per­ekonomian, aktivitas produksi, pem­bangunan, pelayanan publik, pelayanan jasa, dan lainnya. “PDIP berharap, Pemkab Tangerang mau merekomendasikan hal itu ke pusat,” imbuhnya.
Muhlis menjelaskan, aksi unjuk rasa buruh dapat dipastikan akan selalu ada setiap tanggal 1 Mei. Alasannya karena tanggal itu bertepatan dengan hari buruh se-dunia. “Contoh kecil tentang UMK, PHK, jaminan sosial tenaga kerja, upah, dan lainnya selalu merugikan para buruh. Padahal para buruh ini adalah komunitas terbesar di Indonesia, salah satunya berada di Tangerang,” beber Muhlis. (http://www.radarbanten.com/beta/daerah/1693-buruh-ingin-1-mei-jadi-libur-nasional-) 

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak