Jenis Ban Mobil Berdasarkan medan yang dilalui



Ban merupakan salah satu komponen yang krusial pada kendaraan, termasuk mobil,fungsi ban sebagai penahan beban kendaraan, peredam guncangan, penerus fungsi kemudi dan tenaga dari mesin secara keseluruhan menunjang mobilitas kendaraan. 

Bisa dikatakan ban adalah nyawa dari otomotif, yang menjadikannya komponen terpenting karena dari ratusan komponen pada suatu kendaraan, ban satu- satunya komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan.
 

 Berdasarkan medan yang dilalui, ban mobil terbagi atas beberapa jenis:

 1. Highway Terrain (HT)

  Ban jenis ini digunakan untuk kebutuhan berkendara di jalan raya atau jalan beraspal dengan karakter kembangan yang halus.
 

  2. All Terrain (AT)

 
  Ban jenis AT dirancang untuk digunakan di permukaan jalan beraspal (on road), maupun jalan tanah atau kasar (off road). Ban ini memiliki ciri khas kembangan lebih kasar dan agresif.

 

  3. Mud Terrain (MT)

 

Untuk ban MT, penggunaannya khusus kendaraan di jalanan kasar atau off road. Tapak ban jenis ini memiliki karakter khas karena berbentuk blok atau popular dengan istilah kembang tahu. Jika ban jenis ini digunakan di jalanan beraspal, akan menimbulkan bunyi dengung yang sangat kuat.
 
Pemilihan ban yang utama harus disesuai dengan tingkat kebutuhan dari masing-masing pemilik kendaraan. Bila memang kebutuhannya untuk off-road, bisa ke jenis MT, tapi kalau hanya untuk aktivitas harian yang lebih banyak di jalur aspal, baiknya ikuti saran dari pabrikan mobil.

1 Comments:

Thank you for the helpful info! I would not have discovered this myself!
At this time improvements in could also be seen in a point of contention.
Soft Trending

Reply

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak