Industri Vulkanisir Ban

Industri Vulkanisir Ban
Vulkanisir
Radialisasi, peningkatan mutu, kurangnya pemahaman serta konsolidasi adalah beberapa isu yang harus dihadapi oleh industri vulkanisir pada kurun 60 tahun yang telah lalu.

Namun, dengan kemajuan di bidang teknologi serta skala ekonomi, maka industri vulkanisir telah mencapai tingkat kualitas serta kecanggihan yang sebelumnya belum pernah ada dalam sejarah, dan dewasa ini pabrik-pabrik vulkanisir menjadi lebih besar dengan penggunaan mesin-mesin modern dibandingkan sebelumnya.

Vulkanisir,yang merupakan usaha dengan prospek baik di masa lalu,juga memiliki prospek yang cerah.di masa yang akan datang.

Pengguna ban truk baik ban ply ataupun radial saat ini merupakan investasi, dan satu-satunya jalan untuk mendapatkan laba adalah dengan melakukan vulkanisir.
Industri vulkanisir telah lama berperan dalam Industri di Indonesia. Sebagai faktor pengganti(substitute) dalam industri karet ban, peran jasa vulkanisir selalu mengalami keadaaan yang naik turun.

Studi kecil ini akan menggambarkan keadaan transporasi dan vulkanisir di sekitar Sumatera Utara sehingga dapat membuat kesimpulan kecil akan prospek dan harapan akan menipisnya cadangan karet dari tahun ke tahun.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, kinerja bisnis industri Vulkanisir Ban (VB) pada saat ini menunjukkan trend yang meningkat dalam upaya menunjang sektor Transportasi disamping melambungnya biaya operasional lainnya.

Prospek Vulkanisir Ban (VB) di Indonesia juga cukup optimis,peningkatan dari tahun ke tahun dalam jumlah kendaraan truk dan bis menunjukkan tren yang selalu berkembang.Kepemilikan bisnis transportasi ini pun masih terfokus dipulau Sumatera dan Jawa sebagai agen terbesar ekonomi nasional.

FAKTOR PENDORONG

Fakta menyatakan bahwa truk yang menggunakan karet vulkanisir dapat menghemat. Kita tinjau saja Di Amerika, penghematannya dapat mencapai $3 billion dollars pertahunnya untuk perusahaan jasa trasportasi truk khususnya.

Hampir semua operasional kendaraan, ban mewakili biaya ketiga terbesar setelah bahan bakar dan suku cadang.
    
Rendahnya biaya per kilometer dapat dicapai dengan manajemen operasi ban yang baik , termasuk menggunakan karet dan jasa vulkanisir yang berkualitas

Ban Vulkanisir merupakan pilihan utama dari pemilik transportasi, dimana lebih dari 80% ban baru akan divulkanisir. 

Vulkanisir tidak hanya merendahkan biaya, namun juga dapat diandalkan dan aman. 

Ban vulkanisir digunakan hampir di seluruh jasa transportasi seperti airline, container, kendaraan militer , truk besar, kecil, menengah, hingga bis tingkat.

Vulkanisir juga “ Ramah Lingkungan”. Ban pada dasarnya produk petro-chemical dan memerlukan 22 liter untuk memproduksi 1 unit ban truk yang baru ; berbanding ban vulkanisir yang hanya memerlukan 7 liter bahan bakar.

Alat-alat Vulkanisir Ban

Mesin Chamber masak dingin Vulkanisir Ban 

Inilah chamber yang digunakan untuk proses masak vulkanisir ban untuk sistem dingin,bukan untuk sistem hot top atau Hot Full. kapasitas chamber ini tergantung dari besarnya dan panjangnya mesin.Tergantung yang diinginkan Pembeli ,ada yang bisa masak 5 ban bahkan sampai 48 ban sekaligus.
    

Mesin Building/Pemasangan Karet

Untuk Masak Dingin Dan Panas Digunakan untuk pemasangan Precured pada proses dingin atau compound pada proses masak panas.

Mesin Buffing Masak Dingin/Masak Panas

Mesin ini untuk buffing atau pembuangan tapak bunga lama agar menjadi kasar untuk pemasangan karet baru berikutnya.


 Mesin Untuk Memasang Envolpe Masak Dingin 
Agar pemasangan envelope lebih mudah,maka gunakanlah alat ini. Dan proses produksi menjadi lancar.

 Tahapan Proses Vulkanisir Ban


http://4.bp.blogspot.com/-rBADUd06GFE/TdRdWZkhCnI/AAAAAAAAAKE/C1uV-AzwUGY/s1600/inpecting.bmp
 
1) Pemeriksaan 
Untuk menentukan apakah badan ban yang telah gundul bisa diterima untuk vulkanisir atau ditolak.

 
2) Buffing 
Melepaskan bunga ban yang telah aus dari casing ban.



 

3) Skiving 
Menyingkirkan benda yang tertanam untuk memastikan permukaan yang bersih dan padat yang sesuai untuk vulkanisir.

4) Cementing 
Menyemprotkan lapisan tipis cairan karet konsentrat pada badan ban yang direparasi.


5) Filling 
Mengisi bidang sesetan dengan karet gom.

   
6) Building - Pemasangan Bunga Ban 
Proses building adalah menempelkan precured terhadap cashing ban 


7) Enveloping 
Pembungkus khusus digunakan untuk membungkus ban dan memastikan badan ban, lem penempel serta kembang yang sudah divulkanisir ditempelkan menjadi satu dengan sangat baik.
 
 

8) Curing Vulkanisir, 
Adalah proses final saya katakan karena pada tahapan ini adalah jantung dari prosedure Vulkanisir Ban.tentunya denganm menggunakan suhu yang rendah agar menjaga keutuhan Casing ban itu sendiri dengan disesuaikan durasi proses masaknya.


 
   
 9) Pemeriksaan Akhir 
Semua ban yang telah divulkanisir akan diperiksa secara ketat untuk memastikan bahwa produk yang aman dan atraktif akan didaur ulang kepada pelanggan.
Setelah siap prosedure semuanya kini ban seperti yang baru .Sama halnya dengan ban baru, maka ban yang telah di vulkanisir ulang siap untuk meluncur di jalan.

0 Response to "Industri Vulkanisir Ban "

Poskan Komentar