Bismillahir Rahmanirrahiim.. Assalaamu’alaikum Warohmatullah….,
Dalam mengarungi bahtera rumah tangga yang mesti ada saja hempasan
ombak dan terpaan badai, sepasang suami istri selalu butuh nasihat agar
mereka selamat membawa bahtera mereka sampai ke dermaga kebahagiaan
/akhirat.
Keduanya butuh untuk selalu diingatkan dan hendaknya tak jemu-jemu
mendengarkan nasihat/peringatan walaupun sudah pernah mengetahui apa
yang dinasihatkan tersebut.
Uraian Umum:
Jika isterimu adalah seorang wanita Islam, muslimah yang taat kepada
Allah dan Rasulnya serta takut akan adzab Allah, Saya yakin Isterimu
pasti akan sangat mengerti dan paham dengan uraian dibawah ini:
Suami tidak perhatian, selingkuh, sakit hati dengan perkataan atau
perbuatan suami, penghasilan kurang, suasana rumah tidak menyenangkan
biasanya dijadikan alasan untuk melegalkan atau membenarkan tindakan
seorang istri meninggalkan suaminya dengan pergi menginap ke tempat
lain (teman, saudara, kantor, ortu dll) dengan harapan dapat
menyelesaikan masalah atau hanya memberi pelajaran kepada suami agar
tidak mengulangi perbuatannya lagi. Tidakan isteri meninggalkan suami
ini sering dianggap ringan atau sepele oleh sebagian wanita yang tidak
mengerti hukum islam tapi jika tindakan ini dilakukan terhadap seorang
pria muslim yang paham hukum agama akan sangat fatal dan berat
akibatnya karena agama Islam melarang dengan keras hal tersebut.
Isteri meninggalkan rumah
tidak akan menyelesaikan masalah justru akan memperberat masalah, suami
akan mempunyai kesan istri lari dari tanggung jawab kewajiban sebagai
isteri, membuat suami menjadi sakit hati sehingga menjadi ringan untuk
menceraikannya serta menambah fitnah bagi diri sendiri dan suaminya.
Apalagi jika isteri pergi meninggalkan rumah karena dimarahi suami
yang menasehatinya sungguh sangat berdosa karena perbuatan isteri ini
akan di laknat oleh Allah dan malaikatpun memarahinya (lihat Hadits
Riwayat Abu Dawud dibawah).
Setan selalu berusaha untuk membujuk dan mengajak manusia untuk berbuat
sesuatu yang tidak diridhoi Allah dan RasulNya. Setan bernama Dasim tugasnya
membujuk seorang isteri agar tidak taat kepada suami dan mempengaruhi
seorang isteri agar pergi meninggalkan rumah dengan berbagai alasan
untuk membenarkan perbuatan diatas meskipun sudah jelas bahwa perbuatan
tersebut dilarang oleh Quran dan Hadist. Alasan sakit hati karena
perbuatan / perkataan suami, yang kadang dijadikan alasan isteri untuk
membenarkan tindakan meninggalkan rumah dan suami. Seringkali ada Pihak
ketiga (PIL) yang kadang menjadikan seorang isteri semangat
meninggalkan suami meskipun tidak semuanya demikian.
Penjelasan:
Pada Intinya seorang isteri tidak boleh meninggalkan rumah tanpa izin
suaminya, jadi meskipun dinasehati dan kurang diperhatikan suami saat
isteri dalam keadaan sakit bukan berarti bisa melanggar aturan Allah .
Orang sakit kurang makan bukan berarti dia boleh mencuri makanan karena
mencuri adalah dosa apapun alasannya. Begitu juga sakit yang diberikan
oleh Allah kepada seorang isteri sebagai pemberi peringatan dari Allah
bukan berarti seorang istri boleh menyakiti hati suami dengan pergi
meninggalkan rumah dan meninggalkan suaminya.
Istri yang pergi dari rumah, meninggalkan suami menginap di tempat lain
dan meninggalkan suaminya dalam keadaan marah sedangkan suami tidak
ridho apapun alasannya, bagi wanita yang mengerti hukuman Allah sangat
berat pasti akan sangat menyesal dan tidak akan pernah berani satu
kalipun melakukannya karena jika seorang Isteri pergi meninggalkan
rumah dan suaminya artinya :
1. Isteri tersebut bukan seorang wanita yang baik .
Isteri meninggalkan suami atau pergi tanpa izin suami bukanlah termasuk
golongan wanita yang baik karena isteri yang baik akan menghormati
pemimpinnya (suaminya). Pemimpin rumah tangga dalam Islam adalah suami
bukan Isteri karena Suami mempunyai kedudukan setingkat lebih tinggi
dari isterinya. dan yang paling penting adalah suami telah memberi
makan maupun tempat tinggal bagi isterinya jadi sudah sewajarnya jika
isteri berkewajiban untuk taat pada suaminya selama suami menyuruh
dalam kebaikan (bukan kemaksiatan) Firman Allah dalam surat An Nisa’
ayat 34 dan Al Baqoroh ayat 228:
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh
karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian
yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan
sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah
yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada,
oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu
khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka.
Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan
untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. An-Nisa 34)
Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf. Akan tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada isterinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana “ Surat Al Baqarah ayat 228
Seorang isteri yang pergi meninggalkan rumah tanpa izin suami dengan
alasan apapun dan dalam kepergiannya tidak bermaksiatpun tetap saja
termasuk wanita tidak baik (pembangkang) apalagi jika dia pergi dengan
berpakaian yang tidak sopan seperti wanita pada jaman Jahiliyah
Dan Surat Al Ahzab ayat 33 yaitu :
Menetaplah di rumah kalian ( para wanita ), dan jangan
berdandan sebagaimana dandanan wanita-wanita jahiliyah. Dirikanlah
shalat, tunaikanlah zakat, dan patuhilah ( wahai para wanita) Allah dan
rasul-Nya.
Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalaam : “Barangsiapa yg taat
kepadaku maka ia telah taat kepada ALLAH, dan barangsiapa yg tidak taat
kepadaku maka berarti tidak taat kepada ALLAH. Barangsiapa yg taat
kepada Pimpinan (Islami) maka berarti ia telah taat kepadaku, dan
barangsiapa yg tidak taat kepada pimpinan (islami) maka berarti ia
telah tidak taat kepadaku.”HR Bukhari, kitab al-Jihad, bab Yuqatilu min Wara’il Imam, juz-IV, hal.61
Jika seorang suami karena suatu hal (Penghasilan kurang, PHK,
Kecelakaan dll) suami menjadi kurang / tidak dapat memberikan
kewajibannya terhadap isteri bukan berarti isteri boleh meninggalkan
rumah, karena memang tidak ada hukum Islam yang membolehkan seorang
Isteri meninggalkan rumah tanpa izin karena faktor tersebut, karena
jika suami tidak dapat melakukan kewajibannya maka gugatan cerai pada
suami adalah jalan terbaik bukan malah pergi meninggalkan rumah atau
suaminya
2. Isteri meninggalkan rumah tanpa izin suami akan dilaknat oleh Allah dan dimarahi oleh para Malaikat.
Sabda Rasullullah Shalallahu ‘alaihi wasalaam :
”Hak suami terhadap isterinya adalah isteri tidak menghalangi
permintaan suaminya sekalipun semasa berada di atas punggung unta ,
tidak berpuasa walaupun sehari kecuali dengan izinnya, kecuali puasa
wajib. Jika dia tetap berbuat demikian, dia berdosa dan tidak
diterima puasanya. Dia tidak boleh memberi, maka pahalanya terhadap
suaminya dan dosanya untuk dirinya sendiri. Dia tidak boleh keluar dari rumahnya kecuali dengan izin suaminya. Jika dia berbuat demikian, maka Allah akan melaknatnya dan para malaikat memarahinya kembali , sekalipun suaminya itu adalah orang yang alim.” (Hadits riwayat Abu Daud Ath-Thayalisi daripada Abdullah Umar)
3. Isteri meninggalkan suami sama saja dengan menjerumuskan dirinya
sendiri ke neraka karena suami berperan apakah isterinya layak masuk
surga atau neraka.
Isteri pergi meninggalkan suami artinya dia tidak taat kepada
suaminya padahal jika seorang isteri tahu bahwa taat pada suami bisa
mengantar dia ke surga pastilah dia akan menyesal melakukan hal itu
sesuai dengan hadist Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wassalaam :
Dari Husain bin Muhshain dari bibinya berkata: “Saya datang
menemui Rasulullah Shallallahu’alaihi wasalaam. Beliau lalu bertanya:
“Apakah kamu mempunyai suami?” Saya menjawab: “Ya”. Rasulullah bertanya
kembali: “Apa yang kamu lakukan terhadapnya?” Saya menjawab: “Saya
tidak begitu mempedulikannya, kecuali untuk hal-hal yang memang saya
membutuhkannya”. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasalaam bersabda
kembali: “Bagaimana kamu dapat berbuat seperti itu, sementara suami kamu
itu adalah yang menentukan kamu masuk ke surga atau ke neraka” (HR. Imam Nasai, Hakim, Ahmad dengan Hadits Hasan).
4. Memusuhi suami sama saja dengan memusuhi Allah.
Seorang isteri yang meninggalkan suami dan memusuhi suaminya padahal
suami baik pada isterinya. Sangatlah tidak mungkin masuk surga karena
Bagaimana mungkin seorang isteri berharap masuk surga jika Allah
memusuhinya. Bahkan jika sampai suami terluka hati / fisiknya maka
Allah dan Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wasallaam akan memisahkan
diri dari isteri tersebut. Hal ini dijelaskan dalam Hadist Rasullullah Shallallahu’alaihi wasallaam :
“Tidaklah istri menyakiti suami di dunia kecuali ia bicara pada
suami dengan mata yang berbinar, janganlah sakiti dia (suami), agar
Allah tidak memusuhimu, jika suamimu terluka maka dia akan segera
memisahkanmu kepada Kami (Allah dan Rasul)”. HR. Tirmidzi dari Muadz bin Jabal.
5. Isteri meninggalkan suami tidak ada nafkah baginya dan layak mendapat azab.
Seorang Ulama dan pemikir Islam yang sangat terkenal akan kecerdasannya
dan sangat dikagumi oleh para ulama pada waktu itu, penghafal Quran
dan Ribuan Hadits, ahli Tafsir dan Fiqh dari Harran, Turki yaitu Ibnu Taimiyah sampai berkata: “Jika isteri keluar rumah suami tanpa seijinnya maka tidak ada hak nafkah dan pakaian”. Tidak
dihalalkan bagi isteri untuk keluar dari rumah suaminya kecuali dengan
ijinnya (suami),Dan apabila ia keluar dari rumah suaminya tanpa
seijinnya maka ia telah berbuat nusyuz (durhaka) bermaksiat kepada Allah
dan Rasul-Nya dan ia layak mendapat adzab.”
Ibnu Taimiyah (1263-1328) adalah orang yang keras pendiriannya dan
teguh berpijak pada garis-garis yang telah ditentukan Allah, mengikuti
segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Ia pernah
berkata: ”Jika dibenakku sedang berfikir suatu masalah, sedangkan hal
itu merupakan masalah yang muskil bagiku, maka aku akan beristighfar
seribu kali atau lebih atau kurang. Sampai dadaku menjadi lapang dan
masalah itu terpecahkan. Hal itu aku lakukan baik di pasar, di masjid
atau di madrasah. Semuanya tidak menghalangiku untuk berdzikir dan
beristighfar hingga terpenuhi cita-citaku.”
6. Taat kepada suami pahalanya seperti Jihad di jalan Allah
Jika seorang isteri taat kepada suaminya serta tidak pergi meninggalkan
suami maka pahalanya sama dengan jihad di jalan Allah. Perhatikan
hadist berikut: Al- Bazzar dan At Thabrani meriwayatkan bahwa seorang wanita pernah datang kepada Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wassalaam berkata : “
Aku adalah utusan para wanita kepada engkau untuk menanyakan : Jihad
ini telah diwajibkan Allah kepada kaum lelaki, Jika menang mereka diberi
pahala dan jika terbunuh mereka tetap diberi rezeki oleh Rabb mereka,
tetapi kami kaum wanita yang membantu mereka , pahala apa yang kami
dapatkan? Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallaam menjawab :” Sampaikan
kepada wanita yang engkau jumpai bahwa taat kepada suami dan mengakui haknya itu adalah sama dengan pahala jihad di jalan Allah, tetapi sedikit sekali di antara kamu yang melakukanya.
Jadi akan sangat tidak mungkin bagi seorang isteri yang mengaku
mengerti hukum agama Islam tapi pergi meninggalkan tanggung jawab
sebagai isteri meninggalkan suaminya dari rumah.
Oleh karena itulah sangatlah penting untuk memilih istri yang mengerti
akan hukum agama dan memilih isteri itu bukan karena kecantikan atau
hartanya tapi dipilih karena agamanya agar selamat tidak terjerumus
kedalam panasnya Api neraka. Sabda Rasullullah Shallallahu’alaihi
wasallaam :“Wanita itu dinikahi karena: hartanya, kecantikannya, keturunannya dan agamanya. maka pilihlah agamanya agar kamu selamat” Hadist Shahih Bukhari.
“Dunia adalah kesenangan dan sebaik-baik kesenangan di dunia adalah isteri yang baik (sholehah) ” Hadits Shahih Muslim.
Lebih mulia seorang wanita memberi nasehat atau berbicara dari hati ke
hati dengan suami bukan kepada orang lain jika terjadi ketidakadilan
pada dirinya daripada langsung pergi meninggalkan suaminya . Seorang
isteri yang benci terhadap suaminya dan memang berniat meninggalkan
suami supaya di cerai dan kemudian berharap memperoleh pasangan
pengganti atau sudah ada pengganti yang lebih baik menurut dirinya,
jelas sekali wanita itu digoda setan agar wanita ini melihat lelaki
lain lebih menarik dari suaminya sehingga timbul rasa bosan, cekcok dll
dan akhirnya berbuntut pada perceraian.
Allah SWT telah mengingatkan kita agar tidak membenci atau menyukai sesuatu padahal kita tidak tahu rahasia dibalik itu, dalam Al Baqoroh ayat 216 : “Boleh
jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh
jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah
mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”
Saya lanjutkan, Usaha setan bisa dikatakan sukses besar bila berhasil
menjadikan wanita itu cerai dan berpredikat janda karena wanita ini
akan lebih mudah digoda sebab tidak ada yang menjaganya (suami) .
Wanita ini akan merasa bebas tidak ada ikatan, lebih nyaman karena
tidak ada yang mengontrol (suami), selanjutnya jika tidak kuat imannya
(kebanyakan tidak kuat) akan timbul banyak fitnah dan dosa bagi wanita
itu di kemudian hari. Godaan setan akan lebih kuat pada saat janda
karena faktor alami kebutuhan batin selain itu akan banyak lelaki yang
merayu yang memanfaatkan kondisi janda sehingga menyeret wanita itu
dalam lembah dosa yang tiada berkesudahan sampai wanita itu sadar jika
suatu saat sakit atau sudah berumur tidak ada yang menemani sampai
meninggal. Pada umumnya Wanita yang menjanda karena tergoda pria lain akan lebih mudah tergoda nafsunya apalagi jika dicerai pada umur 40 tahun kebawah.
Pernikahan adalah hal yang suci melibatkan keluarga, handai taulan dan
tetangga jadi tidak sepantasnyalah jika seorang isteri meninggalkan
suaminya untuk alasan emosi pribadi dengan meninggalkan perasaan
kebahagiaan keluarganya sendiri atau keluarga pasangannya.
Atas kehendak Allah, rezeki yang lebih bisa diberikan pada isteri bukan
pada suami, jadi janganlah menjadi tinggi hati jika suatu saat rezki
isteri melebihi suami, merasa lebih bermanfaat dari suami, merasa bisa
hidup sendiri dan dapat mengatasi sendiri segala hal, tidak mau diatur
sehingga tidak patuh kepada suami. Inilah tanda-tanda kehancuran suatu
kapal pernikahan karena ada 2 nahkoda yang mengendalikan kapal dengan
arah berlawanan. Kapal Pernikahan akan bisa selamat sampai tujuan
(surga dunia akhirat) jika hanya punya satu arah yang disepakati dan
diusahakan bersama. Bagaimanapun juga tujuan hidup akan lebih mudah
dicapai jika ada keharmonisan sejati yang hanya dapatdicapai dalam
suatu keluarga yang lengkap ada suami.
Harta yang dibanggakan dan dikumpulkan bisa hilang dalam sekejab
(kebakaran, tsunami dll) tapi mempunyai suami atau isteri yang sholeh
adalah harta tidak ternilai yang tidak akan hilang kecuali mati. Oleh
karena itulah peran isteri terhadap suami sangat besar dalam mengarungi
samudera kehidupan agar tujuan akhir bahagia dunia akhirat dapat
segera tercapai sehingga Allah pun akan memberi pahala yang besar untuk
isteri yang taat dan patuh kepada suaminya.
Banyak Hadits yang menjelaskan pahala seorang Istri yang taat pada suaminya :
”Jika seorang isteri itu telah menunaikan solat lima waktu dan
berpuasa pada bulan ramadhan dan menjaga kemaluannya daripada yang
haram serta taat kepada suaminya, maka dipersilakanlah masuk ke syurga dari pintu mana sahaja kamu suka.” (Hadist Riwayat Ahmad dan Thabrani)
”Sesungguhnya setiap isteri yang meninggal dunia yang diridhoi oleh suaminya, maka dia akan masuk syurga.” (Hadits riwayat Tirmizi dan Ibnu Majah)
Jika isteri memang tidak taat kepada suaminya, setelah dinasehati
secara halus, berpisah ranjang dan dinasihati secara keras tidak
berhasil maka renungkanlah :
Surat An Nur ayat 3 yaitu :
“ Orang laki-laki pezina, yang dinikahinya ialah perempuan pezina
pula atau perempuan musyrik. Perempuan pezina jodohnya ialah laki-laki
pezina pula atau laki-laki musyrik , dan diharamkan yang demikian itu
atas orang yang beriman”.
Pikirkanlah kembali apakah wanita ini cocok dijadikan pasangan / isteri
bagi pria beriman, dan dapat membawa kebaikan bagi diri sendiri dan
keluarga, ikhlaskan saja wanita ini jika ingin berpisah mungkin
jodohnya adalah sesuai dengan apa yang di firmankan Allah diatas.
Nasehatilah isterimu dengan sabar dan penuh
cinta kasih, minta maaflah kepada isteri jika menyakiti hati isteri,
bagaimanapun juga mutiara yang kotor jika digosok tiap hari akan
menjadi berkilauan. Hasilnya mutiara ini bisa benar-benar menjadi
perhiasan dan surga dunia bagimu.
Ingatlah isterimu bukanlah Siti Khadijah
yang baik, taat dan penuh cinta kasih pada suaminya, Istrimu adalah
wanita jaman sekarang yang butuh bimbingan untuk menjadi wanita yang
solehah.
————————————————————————
NASIHAT ULAMA UNTUK SUAMI DAN ISTERI
(ditulis oleh: Al-Ustadzah Ummu Ishaq Al-Atsariyyah)
Al-Imam Al-Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahulah,
seorang ‘alim rabbani, dalam kitabnya yang sangat bernilai Adabuz Zifaf
fis Sunnatil Muthahharah tidak lupa memberikan nasihat kepada pasangan
suami istri di pengujung kitabnya tersebut. Sebuah nasihat yang sangat
patut kita simak karena bersandar dengan kitabullah dan Sunnah Rasul
Shallallahu ‘alaihi wasallam…1
Pertama: Hendaknya sepasang suami istri taat kepada Allah Azza wajall
dan saling menasihati untuk taat, mengikuti hukum-hukum yang termaktub
dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Keduanya jangan mengedepankan selain
hukum-hukum Al-Qur’an dan As-Sunnah karena taklid/membebek atau
mengikuti kebiasaan yang ada di tengah manusia, atau karena mengikuti
satu mazhab tertentu. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:
“Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang beriman dan tidak pula bagi
wanita yang beriman, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu
ketetapan, mereka memiliki pilihan yang lain tentang urusan mereka.
Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguh ia telah
sesat dengan kesesatan yang nyata.” (Al-Ahzab: 36)
Kedua: Masing-masing menunaikan kewajiban-kewajiban dan hak-hak
terhadap yang lain sesuai yang Allah k tetapkan atas mereka. Maka,
janganlah misalnya si istri menuntut persamaan dengan lelaki/suaminya
dalam segala haknya. Sebaliknya, janganlah si lelaki/suami merasa
tinggi/bersikap melampaui batas karena apa yang Allah k utamakan
kepadanya lebih dari istrinya dalam hal kepemimpinan, sehingga si suami
menzalimi istrinya dan memukulnya tanpa ada sebab yang dibolehkan.
Allah Subhanahu wata’ala berfirman:
“Dan para istri memiliki hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut
cara yang ma’ruf. Akan tetapi para suami memiliki satu tingkatan
kelebihan daripada istrinya.” (Al-Baqarah: 228)
“Kaum lelaki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah
telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atau sebagian yang lain
(wanita). Dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari
harta mereka. Sebab itu maka wanita yang shalihah adalah yang taat
kepada Allah lagi menjaga diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena
Allah telah memelihara mereka. Wanita-wanita yang kalian khawatirkan
nusyuz2nya maka nasihatilah mereka dan tinggalkan mereka di tempat
tidur mereka dan pukullah mereka. Kemudian bila mereka menaati kalian,
janganlah kalian mencari-cari jalan untuk menyusahkan mereka3.
Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (An-Nisa’: 34)
Mu’awiyah bin Haidah radhiallahu ‘anhu pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallaam:
يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا حَقُّ زَوْجَةِ أَحَدِنَا عَلَيْهِ؟
“Wahai Rasulullah, apakah hak istri salah seorang dari kami terhadap suaminya?”
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallaam menjawab:
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallaam menjawab:
أَنْ تُطْعِمَهَا إِذَا طَعِمْتَ، وَتَكْسُوَهَا إِذَا اكْتَسَيْتَ، وَلاَ تُقَبِّحِ الْوَجْهَ، وَلاَ تَضْرِبْ، [وَلاَ تَهْجُرْ إِلاَّ فِي الْبَيْتِ] كَيْفَ وَقَدْ أَفْضَى بَعْضُكُمْ إِلَى بَعْضٍ، إِلاَّ بِمَا حَلَّ عَلَيْهِنَّ
“Engkau beri makan istrimu apabila engkau makan dan engkau beri pakaian bila engkau berpakaian. Janganlah engkau menjelekkan wajahnya4, jangan memukul, [dan jangan memboikotnya (mendiamkannya) kecuali di dalam rumah5]. Bagaimana hal itu kalian lakukan, sementara sebagian kalian telah bergaul dengan sebagian yang lain6, terkecuali dengan apa yang dihalalkan atas mereka.”7
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallaam bersabda:
الْمُقْسِطُوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُوْرٍ عَلَى يَمِيْنِ الرَّحْمَنِ –كِلْتَا يَدَيْهِ يَمِيْنٌ- الَّذِيْنَ يَعْدِلُوْنَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيْهِمْ وََمَا وَلُوْا
“Orang-orang yang adil pada hari kiamat nanti mereka berada di atas mimbar-mimbar dari cahaya di atas tangan kanan Ar-Rahman –dan kedua tangan-Nya kanan–, yaitu mereka yang berlaku adil dalam hukum mereka, kepada keluarga mereka dan pada apa yang mereka urusi.”8
Apabila keduanya mengetahui hal ini dan mengamalkannya, niscaya Allah k
akan menghidupkan mereka dengan kehidupan yang baik dan selama
keduanya hidup bersama. Mereka akan berada dalam ketenangan dan
kebahagiaan. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:
“Siapa yang melakukan amal shalih dari kalangan laki-laki ataupun
perempuan dalam keadaan ia beriman, maka Kami akan menghidupkannya
dengan kehidupan yang baik dan Kami akan balas mereka dengan pahala
yang lebih baik daripada apa yang dulunya mereka amalkan.” (An-Nahl:
97)
Ketiga: Bagi istri secara khusus, hendaknya ia menaati suaminya dalam
apa yang diperintahkan kepadanya sebatas kemampuannya. Karena hal ini
termasuk perkara yang dengannya Allah k melebihkan kaum lelaki di atas
kaum wanita sebagaimana Allah k nyatakan dalam dua ayat yang telah
disebutkan di atas:
“Kaum lelaki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita.”
“Dan kaum lelaki memiliki kedudukan satu derajat di atas kaum wanita.” (Al-Baqarah: 228)
Sungguh banyak hadits shahih yang datang memperkuat makna ini dan menjelaskan dengan gamblang apa yang akan diperoleh wanita dari kebaikan ataupun kejelekan bila ia menaati suaminya atau mendurhakainya.
“Dan kaum lelaki memiliki kedudukan satu derajat di atas kaum wanita.” (Al-Baqarah: 228)
Sungguh banyak hadits shahih yang datang memperkuat makna ini dan menjelaskan dengan gamblang apa yang akan diperoleh wanita dari kebaikan ataupun kejelekan bila ia menaati suaminya atau mendurhakainya.
Di sini kita akan sebutkan sebagian hadits-hadits tersebut, semoga
dapat menjadi peringatan bagi para wanita di zaman kita ini, karena
sungguh Allah Subhanahu wata’ala berfirman:
“Dan tetaplah memberi peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.” (Adz-Dzariyat: 55)
Hadits pertama:
Hadits pertama:
لاَ يِحِلُّ لِامْرَأَةٍ أَنْ تَصُوْمَ -وَفِي رِوَايَةٍ: لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ- وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ [غَيْرَ رَمَضَانَ] وَلاَ تَأْذَنْ فِي بَيْتِهِ إِلاَّ بِإِذْنِهِ
“Tidak halal seorang istri puasa (dalam satu riwayat: Janganlah seorang istri puasa) sementara suaminya ada di tempat9 kecuali dengan izin suaminya (terkecuali puasa Ramadhan) dan istri tidak boleh mengizinkan seseorang masuk ke rumah suaminya terkecuali dengan izin suaminya.”10
Hadits kedua:
إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتََهُ إِلَى فِِِرَاشِهِ فَلَمْ تَأْتِهِ، فَبَاتَ غَضْبَانَ عَلَيْهَا لَعَنَتْهَا الْمَلَائِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ – وَ فِي رِوَايَةٍ: أَوْ حَتَّى تَرْجِعَ- (وَفِي أُخْرَى: حَتَّى يَرْضَى عَنْهَا)
“Jika seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya11 namun si istri tidak mendatangi suaminya hingga suaminya bermalam dalam keadaan marah kepadanya, niscaya para malaikat akan melaknatnya sampai ia berada di pagi hari.”
“Dalam satu riwayat: atau sampai si istri kembali. Dalam riwayat lain: sampai suaminya ridha terhadapnya.”12
Hadits ketiga:
Hadits ketiga:
وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لاَ تُؤَدِّي الْمَرْأَةُ حَقَّ رَبِّهَا حَتَّى تُؤَدِّيَ حَقَّ زَوْجِهَا، ولَوْ سَأَلَهَا نَفْسَهَا وَهِيَ عَلىَ قَتَبٍ لَمْ تَمْنَعْهُ [نَفْسَهَا]
“Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seorang istri dapat menunaikan hak Rabbnya hingga ia menunaikan hak suaminya. Seandainya suaminya meminta dirinya (mengajaknya jima’) sementara ia sedang berada di atas qatab13 maka ia tidak boleh mencegah suaminya dari dirinya.”14
Hadits keempat:
لاَ تُؤْذِي امْرَأَةٌ زَوْجَهَا فِي الدُّنْيَا إِلاَّ قَالَتْ زَوْجَتُهَا مِنَ الْحُوْرِ الْعَيْنِ: لاَ تُؤْذِيْهِ قَاتَلَكِ اللهُ، فَإِنَّمَا هُوَ عِنْدَكِ دَخِيْلٌ يُوْشِكُ أَنْ يُفَارِقَكِ إِلَيْنَا
"Tidaklah seorang istri menyakiti suaminya di dunia melainkan berkata istrinya dari bidadari surga, ‘Janganlah engkau sakiti dia, semoga Allah memerangimu, dia di sisimu hanyalah dakhil15. Hampir-hampir ia berpisah denganmu menuju kepada kami’.”16
Hadits kelima:
Dari Hushain bin Mihshan z, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku
bibiku, ia berkata: Aku pernah datang ke tempat Rasulullah
Shallallahu’alaihi wassallam karena satu keperluan. Ketika itu
Rasulullah Shallallahu’alaihi wassallam bertanya:
أَيْ هَذِهِ، أَذَاتُ بَعْلٍ؟ قُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ: كَيْفَ أَنْتِ لَهُ؟ قَالَتْ: مَا آلُوْهُ إِلاَّ مَا عَجِزْتُ عَنْهُ. قَالَ:[فَانْظُرِيْ] أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ، فَإنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ وَنارُكِ
“Wahai wanita, apakah engkau punya suami?” Aku menjawab, “Iya.” “Bagaimana yang engkau perbuat terhadap suamimu?” tanya Rasulullah lagi. Ia menjawab: “Saya tidak pernah mengurangi haknya17 kecuali dalam perkara yang saya tidak mampu.” Rasulullah bersabda: “Lihatlah di mana keberadaanmu dalam pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.”18
Hadits keenam:
إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَحَصَّنَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا، دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَتْ
“Apabila seorang istri mengerjakan shalat lima waktunya, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya maka ia akan masuk surga dari pintu surga mana saja yang ia inginkan.”19
Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.
1 Catatan kaki yang ada dalam tulisan ini juga dari kitab Adabuz Zifaf, cet. ke-3 dari Al-Maktab Al-Islami.
2 Nusyuz para istri adalah keluarnya mereka dari ketaatan. Ibnu Katsir t
berkata, “Nusyuz bermakna irtifa’ (tinggi). Istri yang berbuat nusyuz
adalah istri yang mengangkat/meninggikan dirinya di atas suaminya,
meninggalkan ketaatan kepada perintah suaminya, berpaling darinya.”
3 Maksudnya, apabila seorang istri menaati suaminya dalam seluruh
perkara yang diinginkan suaminya dari dirinya sebatas yang dibolehkan
Allah l, setelah itu tidak ada jalan bagi si suami untuk mencela dan
menyakitinya. Si suami tidak boleh memukul dan menghajrnya. Firman Allah
k:
“Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”, merupakan ancaman
kepada para suami bila melakukan kezaliman terhadap para istri tanpa
ada sebab. Karena sungguh Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar
merupakan penolong mereka (para istri), Dia akan memberi balasan kepada
orang yang menzalimi dan berbuat melampaui batas terhadap mereka.
Demikian disebutkan dalam Tafsir Ibni Katsir.
4 Maksudnya, jangan engkau mengatakan, “Semoga Allah l menjelekkan wajahmu.”
Ucapan Nabi n:
وَلاَ تَضْرِبْ
“Jangan engkau memukul”, maksudnya memukul wajah. Pukulan hanyalah
dilakukan bila memang harus diberikan dan ditujukan pada selain wajah.
5 Maksudnya, janganlah engkau memboikotnya kecuali di tempat tidur.
Bukan dengan engkau meninggalkannya dengan pindah ke tempat lain, atau
memindahkannya dari rumahmu ke rumah yang lain. Demikian diterangkan
dalam Syarhus Sunnah, (3/26/1).
6 Yakni kalian telah melakukan hubungan badan.
Ucapan Nabi n :
إِلاَّ بِمَا حَلَّ عَلَيْهِنَّ
“Terkecuali dengan apa yang dihalalkan atas mereka”, yaitu berupa
pukulan dan hajr disebabkan nusyuznya mereka, sebagaimana hal ini jelas
disebutkan dalam ayat yang telah lewat.
7 HR. Abu Dawud (1/334), Al-Hakim
(2/187-188), Ahmad (5/3 dan 5). Tambahan yang ada dalam kurung [ ]
adalah dari riwayat Ahmad dengan sanad yang hasan. Al-Hakim berkata,
“Shahih.” Adz-Dzahabi menyepakati Al-Hakim dalam penshahihannya.
Al-Baghawi juga meriwayatkannya dalam Syarhus Sunnah.
8 HR. Muslim (6/7), Al-Husain Al-Marwazi dalam Zawaid Az-Zuhud karya
Ibnul Mubarak (120/2) dari Al-Kawakib karya Ibnu Urwah Al-Hambali,
berjilid, (no. 575), Ibnu Mandah dalam At-Tauhid (94/1) dan beliau
berkata,”Hadits shahih.”
9 Maksudnya, suaminya ada berdiam di negerinya, tidak safar. An-Nawawi t
berkata dalam Syarhu Muslim (7/115) di bawah riwayat yang kedua,
“Larangan ini menunjukkan keharaman (tidak sekadar makruh). Demikian
orang-orang dalam mazhab kami menyebutkannya secara jelas.”
Aku (Al-Albani) katakan, “Ini merupakan pendapat jumhur sebagaimana
dalam Fathul Bari dan riwayat yang pertama lebih memperkuatnya.”
Kemudian An-Nawawi berkata, “Adapun sebab/alasan pelarangan tersebut,
karena suami memiliki hak untuk istimta’ dengan si istri sepanjang
hari. Haknya ini wajib untuk segera ditunaikan dan tidak boleh luput
penunaiannya karena si istri sedang melakukan ibadah sunnah ataupun
ibadah yang wajib namun dapat ditunda.”
Aku (Al-Albani) katakan, “Apabila wajib bagi istri menaati suaminya
dalam memenuhi kebutuhan syahwatnya, tentunya lebih utama lagi
pewajiban bagi istri untuk taat kepada suami dalam perkara yang lebih
penting lagi yang diperintahkan suaminya kepadanya berupa tarbiyah
(mendidik) anak-anak keduanya, memperbaiki keluarga keduanya, dan
hak-hak serta kewajiban-kewajiban semisalnya. Al-Hafizh berkata dalam
Fathul Bari, “Hadits ini menunjukkan lebih ditekankan kepada istri untuk
memenuhi hak suami daripada mengerjakan kebajikan yang hukumnya
sunnah. Karena hak suami itu wajib, sementara menunaikan kewajiban
lebih didahulukan daripada menunaikan perkara yang sunnah.”
10 HR. Al-Bukhari (4/242-243) dengan riwayat yang pertama, dan Muslim
(3/91) dengan riwayat yang kedua, Abu Dawud (1/385), An-Nasa’i dalam
Al-Kubra (63/2), tambahan yang ada dalam kurung [ ] adalah dari riwayat
keduanya. Sanad hadits ini shahih di atas syarat Syaikhan.
Diriwayatkan pula oleh Ahmad (2/316, 444, 464, 476, 500), Ath-Thahawi
dalam Al-Musykil (2/425), Abusy Syaikh dalam Ahadits Abiz Zubair (no.
126) dari banyak jalan dari Abu Hurairah z. Dan Ahmad memiliki satu
riwayat yang semakna dengan tambahan yang ada.
11 Tempat tidur (firasy) di sini adalah kinayah (kiasan) dari jima’. Yang menguatkan hal ini adalah sabda Rasulullah n:
الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ
“Anak itu untuk firasy.”
Maksudnya, anak yang dilahirkan adalah milik orang yang melakukan jima’
di tempat tidur tersebut (si pemilik tempat tidur tersebut).
Penyebutan sesuatu yang memalukan dengan kiasan, banyak didapatkan
dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Demikian dikatakan Abu Hamzah sebagaimana
dalam Fathul Bari.
12 HR. Al-Bukhari (4/241), Muslim (4/157), riwayat lain yang disebutkan
di atas merupakan riwayat Muslim, Abu Dawud (1/334), Ad-Darimi (2/149
dan 150), Ahmad (2/255, 348, 346, 349, 368, 380, 519, 538). Riwayat
yang kedua merupakan riwayat Ahmad, demikian pula Ad-Darimi.
13 Qatab adalah rahl (pelana). Dalam Al-Lisan disebutkan:(الْقِتْبُ)
dan(الْقَتَبُ) adalah ikaf unta. Dalam Ash-Shihhah disebutkan maknanya
adalah pelana kecil seukuran punuk unta. Dalam An-Nihayah: Qatab bagi
unta sama dengan ikaf pada selain unta.
Makna hadits ini adalah hasungan bagi para istri untuk menaati suami
mereka, dan sungguh tidak ada kelapangan bagi mereka untuk menolak
ajakan suami mereka walau dalam keadaan yang demikian (di atas pelana).
Bagaimana bila pada keadaan selainnya?
14 Hadits shahih, riwayat Ibnu Majah (1/570), Ahmad (4/381), dari
Abdullah ibnu Abi Aufa z, Ibnu Hibban dalam Shahihnya dan Al-Hakim
sebagaimana dalam At-Targhib (3/76), ia menyebutkan syahid hadits ini
dari Zaid ibn Arqam z, dan Al-Hakim berkata (3/77), “Diriwayatkan
Ath-Thabarani dengan sanad yang jayyid.”
Aku (Al-Albani) telah mentakhrij hadits ini dalam Ash-Shahihah (no. 173).
15 Dalam An-Nihayah: dakhil adalah tamu dan orang yang sekadar singgah/mampir.
16 HR. At-Tirmidzi (2/208), Ibnu Majah (1/621), Al-Haitsam bin Kulaib
dalam Musnad-nya (5/167/1), Abul Hasan Ath-Thusi dalam Mukhtashar-nya
(1/119/2), Abul Abbas Al-Asham dalam Majlisin minal Amali (3/1), Abu
Abdillah Al-Qaththan dalam haditsnya dari Al-Hasan ibn Arafah (145/1),
semuanya dari Ismail bin Iyasy dari Buhair ibn Sa’d Al-Kalla’i, dari
Khalid ibn Ma’dan, dari Katsir ibn Murrah Al-Hadhrami, dari Mu’adz ibn
Jabal z secara marfu’. Ath-Thusi berkata, “Hadits ini gharib hasan.
Kami tidak mengetahuinya kecuali dari sisi ini, dan riwayat Ismail bin
Iyasy dari orang-orang Syam (Syamiyin) baik.”
Aku (Al-Albani) katakan, “Maksudnya hadits ini termasuk riwayat Ismail dari orang-orang Syam.”
17 Yakni aku tidak mengurangi-ngurangi dalam menaatinya dan berkhidmat kepadanya.
18 HR Ibnu Abi Syaibah (7/47/1), Ibnu Sa’d (8/459), An-Nasa’i dalam
Isyratun Nisa, Ahmad (4/341), Ath-Thabrani dalam Al-Ausath (170/1) dari
Zawaidnya, Al-Hakim (2/189), Al-Baihaqi (7/291), Al-Wahidi dalam
Al-Wasith (1/161/2), Ibnu Asakir (16/31/1), sanadnya shahih sebagaimana
kata Al-Hakim dan disepakati Adz-Dzahabi. Berkata Al-Mundziri (3/74),
“Diriwayatkan hadits ini oleh Ahmad dan An-Nasa’i dengan dua sanadnya
yang jayyid.”
19 Hadits hasan atau shahih, hadits ini punya banyak jalan.
Diriwayatkan Ath-Thabrani dalam Al-Ausath (169/2 –dari tartibnya),
demikian pula Ibnu Hibban dalam Shahihnya dari hadits Abu Hurairah z
sebagaimana dalam At-Targhib (3/73), Ahmad (no. 1661) dari Abdurrahman
bin Auf , Abu Nu’aim (6/308), dan Al-Jurjani (291) dari Anas bin Malik.
2 Comments
IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!
ReplyIBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!
Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
Replybenar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
dan alhamdulillah saya dapat Rp.330 juta dan semua ini
berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL
karena cuma beliaulah yang memberikan angka
ghoibnya yang di jamin 100% tembus awal saya
bergabung hanya memasang 70 ribu karna
saya gak terlalu percaya ternyatah benar-benar
tembus dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
angkanya karna 4X berturut-turut saya menang
buat anda yang butuh angka 2d 3d 4d dijamin tembus
hubungi di nomor hp: (~0852~1049~3757~) MBAH SANGKIL
saya jamin beliau akan membantu kesusahan
anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih..
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak