Orang Tua Biarkan Gadget Jadi 'Pengasuh' Anak


Seperti dikutip dalam Daily Mail, Kamis, 27 Juni 2013, dari 2.403 orang tua AS yang disurvei, 27 persen mengatakan bahwa anak-anak mereka bermain gadget setiap hari, 22 persen mengatakan setiap minggu, dan 19 persen mengatakan "kadang-kadang". Sementara itu, 18 persen mengatakan bahwa mereka jarang membiarkan anak mereka bermain dengan gadget dan 15 persen mengatakan bahwa mereka tidak pernah membiarkan hal itu terjadi.

Orang tua membiarkan anak mereka bermain gadget dengan berbagai alasan. Sebanyak 45 persen melakukannya karena ingin "istirahat dari kegiatan mengasuh" dan 23 persen beralasan ingin memiliki waktu berkualitas bagi dirinya. Sementara itu, 13 persen orang tua memberikan gadget dengan alasan "supaya anak mereka tenang". Ini terutama dilakukan pada saat bepergian. Ketika anak-anak mulai jenuh di perjalanan atau merengek, orang tua akan menjadikan gadget sebagai "obat penenang" mereka.

“Membiarkan gadget sebagai pengasuh dan obat penenang akan menggeser norma dalam keluarga,” ujar Mark Pearson, Ketua CouponCodes4u. com, penyelenggara survei ini. “Memang, ini melatih anak untuk tidak gagap teknologi dan juga merangsang otak mereka. Namun, berinteraksi langsung pada anak dengan menjadi pengasuh dan obat penenang tetap merupakan cara asuh yang terbaik.” Tidak ada yang bisa menggantikan interaksi manusia, terutama pada anak.