Olahraga atasi nyeri sendi dan otot

Tips : Olahraga atasi nyeri sendi dan otot
Siapa bilang Anda harus istirahat berolahraga saat terbangun dengan leher kaku atau otot yang sakit? Justru dengan latihan ringan dapat membantu menangani sakit dan memulihkan otot lebih cepat. Caranya dengan melakukan salah satu dari beberapa jenis olahraga berikut, seperti yang dikutip dari Health Me Up:

1. Yoga
Yoga merupakan cara efektif untuk melawan rasa nyeri pada tubuh. Pernapasan dalam yang dikombinasikan dengan gerakan asana tertentu membantu menangani nyeri otot. Namun beberapa dokter melarang melakukan beberapa gerakan asana yoga yang melibatkan gerakan fisik yang kuat karena dapat memperparah rasa sakit. Untuk itu mintalah bantuan instruktur yoga yang berpengalaman.

2. Jalan Kaki
Jalan kaki merupakan bentuk paling sederhana dari latihan yang dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Berjalan dapat dilakukan di segala kondisi dan hanya ada beberapa kondisi kesehatan yang melarang Anda untuk berjalan.

3. Pilates
Pilates merupakan latihan yang sangat baik dilakukan bagi Anda yang menderita nyeri punggung bagian bawah karena dapat membantu melatih kekuatan tubuh. Ahli kebugaran juga merekomendasikan Pilates untuk menderita fibromyalgia. Menurut Archives of Physical Medicine and Rehabilitation, Pilates adalah salah satu bentuk latihan peregangan terbaik apabila dilakukan di bawah pengawasan ahli.

4. Berenang
Berenang direkomendasikan sebagai latihan yang tepat bagi penderita osteoarthritis, yaitu orang yang memiliki masalah musculoskeletal atau penyakit sendi lainnya. Berenang atau kegiatan air lainnya merupakan aktifitas tahan gravitasi dan membantu mengobati sendi dengan lebih baik.

5. Perenggangan
Latihan perenggangan sederhana dapat dilakukan dimana saja. Latihan perenggangan membantu menggerakkan bagian-bagian tubuh Anda dan melawan rasa sakit dalam tubuh. Anda dapat menyembuhkan sakit otot dengan latihan peregangan sederhana selama 15 menit.

6. Tai Chi
Latihan Tai Chi dapat dilakukan baik oleh anak-anak dan dewasa. Berasal dari China, Tai Chi mirip dengan Yoga karena mendorong integrasi pikiran, tubuh dan jiwa. Menurut New England Journal of Medicine Study, Tai Chi sebaiknya dilakukan dua kali dalam seminggu untuk membantu menyingkirkan nyeri tubuh, kelelahan, dan otot kaku.

7. Latihan Beban Ringan
Latihan beban ringan pada umumnya membantu mencegah cedera seperti keseleo dan otot tegang. Latihan beban ringan membantu proses penyembuhan dengan memperkuat otot-otot sendi di sekitar area cedera dengan cara mengambil beban daro sendi yang terluka. Hanya dengan melakukan push up sederhana atau sit up di rumah Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada rasa sakit.

(dat18/wolipop)